WhatsApp, Facebook dan Instagram Tumbang Serentak

Jakarta, Gizmologi – Jagat media sosial bergemuruh, Senin (4/10) malam. Pasalnya layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger kompak down alias tumbang secara berjamaah.

Masalah ini sontak membuat keyword WhatsApp, hingga tagar #Instagram dan #FacebookDown jadi trending topic di Twitter. Terpantau ada lebih dari 1,3 juta cuitan yang menyinggung soal gangguan layanan media sosial milik Mark Zuckerberg itu.

Menurut situs Downdetector.com, masalah ini terjadi hampir di sejumlah negara. Bahkan saat berita ini di naik, ada lebih ribuan laporan komplain yang disampaikan para pengguna, sejak pukul 22.45 waktu setempat.

Kendala koneksi ke server jadi paling banyak dikeluhkan pengguna WhatsApp. Selain itu mereka mengaku tidak bisa menerima pesan.

Sementara itu, banyak pula pengguna Instagram yang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa memperbarui news feed. Bahkan beberapa yang lainnya mengaku tidak bisa log-in.

Penjelasan Facebook

Layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook down berbarengan. Perusahaan miliki Mark Zuckerberg sudah memberikan pernyataan singkat terkait masalah tersebut.

“Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis akun Facebook.

Lewat akun Twitter, Facebook mengakui beberapa penggunanya mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk-produknya. Saat ini mereka coba melakukan investigasi mencari penyebab masalah.

Tinggalkan komen