Duh! Windows 11 Bikin Performa PC AMD Ryzen Jadi Lemot

Jakarta, Gizmologi – Microsoft telah menggulirkan sistem operasi Windows 11. Namun sayangnya, penerus Windows 10 itu masih menyimpan sejumlah bug, salah satunya menurunkan performa pada PC atau laptop yang menggunakan prosesor besutan AMD.

Dilansir The Verge, di beberapa kasus Windows 11 justru menurunkan performa prosesor AMD. Hal itu disebabkan adanya bug pada L3 cache yang meningkatkan latensinya menjadi tiga kali lebih lama dibanding biasanya.

Efeknya, menurut AMD bug ini menurunkan performa prosesor hingga 3-5%. Bahkan terjadi penurunan fps mencapai 10-15% pada judul-judul game kompetitif Esport.

Permasalahan lainnya berkaitan dengan sistem ‘preferred core’ yang tak berjalan dengan baik, ketika menjalankan aplikasi tertentu atau saat prosesor memberikan clock speed paling kencang yang cocok untuk penggunaan berat.

Bug ini berdampak pada performa aplikasi yang hanya menggunakan beberapa thread untuk beroperasi, meski tak jelas seberapa besar dampaknya. Menurut AMD dampak dari bug ini paling terasa di prosesornya yang punya delapan core atau lebih dan punya TDP di atas 65W.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Install, Ada Windows 11 Berisi Malware

Prosesor AMD yang Terdampak

AMD Ryzen Pro 5000

Disebutkan Prosesor AMD yang kemungkinan terdampak salah satu atau kedua masalah di atas mencakup seri Ryzen 2000, 3000, 4000, hingga 5000 Series. Selain itu, CPU AMD Epyc untuk komputer data center, serta sejumlah CPU seri Athlon terbaru juga turut terdampak, sebagaimana dirangkum dari Tom’s Hardware.

Kini, AMD dan Microsoft sedang bekerja sama untuk memecahkan masalah ini. Termasuk menggulirkan pembaruan dan solusi bagi PC atau laptop berprosesor AMD yang mengalami penurunan kinerja di Windows 11. Pembaruannya diperkirakan akan dirilis pada akhir Oktober ini.

Untuk diketahui, pada 5 Oktober 2021, Microsoft merilis sistem operasi Windows 11 ke sejumlah pengguna. Jika kamu pengguna Windows 10, dapat upgrade ke Windows 11 secara gratis.

Windows 11 menampilkan desain baru yang ramping dengan warna pastel, sudut membulat, suara startup baru. Dalam Windows 11 akan menemukan banyak fitur desktop baru, seperti widget yang dapat memberikan informasi sekilas, dan pembuatan desktop virtual yang lebih mudah.

Tinggalkan komen