Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 10 Ultra Usung Kamera 120x Zoom & Fast Charging 120W

0 3.667

Menjelang ulang tahun Xiaomi yang ke-10, telah beredar rumor bahwa pabrikan elektronik yang berpusat di Beijing ini akan memperkenalkan dua buah smartphone baru edisi khusus. Satu termasuk dalam sub-brand Redmi, sementara satunya lagi masuk dalam seri premium yaitu Mi series. Kemarin (11/8), Xiaomi akhirnya mengumumkan kehadiran Mi 10 Ultra secara global.

Ya, Xiaomi kali ini memutuskan untuk memberi embel-embel nama “Ultra”, bisa dibilang gunakan pendekatan yang sama seperti pabrikan elektronik asal Korea Selatan. Namun wajar saja, mengingat mereka sudah merilis Mi 10 Pro beberapa bulan lalu, dan Mi 10 Ultra membawa peningkatan spesifikasi yang lebih jauh lagi. Bahkan ungguli chart DxOMark saat ini.

Smartphone ini sendiri diperkenalkan langsung oleh penemu dan CEO Xiaomi, Lei Jun dalam penyampaiannya di Xiaomi Science and Technology Park, Beijing. Xiaomi mengunggulkan tiga fitur utama pada Mi 10 Ultra, yaitu kamera, layar hingga teknologi pengisian dayanya.

Baca juga: Daftar Smartphone Xiaomi Resmi Indonesia yang Mendapat Pembaruan MIUI 12

Keunggulan Xiaomi Mi 10 Ultra

Mi 10 Ultra Transparent Edition

Desainnya sendiri memang menyerupai Mi 10 series, kecuali modul kamera belakangnya. Sementara di sisi depan, rumor penggunaan kamera under-display ditepis dengan kehadiran kamera punch-hole 20MP di atas kirinya. Hadir dengan dimensi layar 6,67 inci curve OLED display, layar tersebut dapat menyala terang hingga 1120 nits, serta mendukung kedalaman warna 10 bit.

Responsivitas layarnya juga ditingkatkan, kini mendukung refresh rate 120Hz dengan 240Hz touch sampling rate. Xiaomi juga tekankan akurasi layarnya dengan skor JNCD <0,63 dan Delta-E <1. Untuk pastikan fitur auto-brightness berjalan akurat, disematkan dua sensor ambient light di bagian depan dan belakang bodi.

Yang spesial tentunya adalah setup empat kamera belakangnya. Dari urutan paling bawah, terdapat sensor kamera 20MP f/2.2 ultra-wide dengan PDAF. Di atasnya terdapat sensor utama yang dibuat khusus untuk Mi 10 Ultra, miliki resolusi 48MP yang mendukung pixel-binning, hasilkan foto 12Mp berkualitas tinggi. Sensor tersebut didukung dengan OIS, EIS, 8P lens serta teknologi dual native ISO. Perekaman videonya sudah mendukung 8K dengan HDR10.

Sementara dua sensor lainnya berjenis telefoto, yaitu 12MP portrait dengan 2x optical zoom, serta satu sensor Sony IMX586. Sensor terakhir ini dirancang dalam konfigurasi periskop, dilengkapi dengan OIS+EIS, dan mampu berikan pembesaran zoom sampai 120x.

Ketika zoom melebihi 15x, akan ada jendela preview dalam viewfinder untuk memperlihatkan posisi frame, seperti kamera profesional. Kombinasi empat sensor canggih ini mampu mengantarkan Mi 10 Ultra untuk meraih skor tertinggi di DxOMark saat ini, meraih skor 130 poin.

Chipset yang digunakan masih Snapdragon 865 tanpa Plus, dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 16GB dan penyimpanan UFS 3.1 hingga 512GB. Dengan teknologi pendingin khusus, smartphone ini sanggup melampaui skor 660 ribu poin pada AnTuTu benchmark.

Gunakan teknologi graphene li-ion, kapasitas baterai Mi 10 Ultra adalah 4,500 mAh. Mengisi daya smartphone ini hingga penuh hanya membutuhkan waktu 40 menit… secara wireless. Ya, Mi 10 Ultra sudah mendukung 50W wireless charging. Sementara jika menggunakan kabel dengan arus 120W, isi daya penuh selesai dalam 23 menit. Bahkan 5 menit saja sudah bisa mencapai 41%.

Harga Xiaomi Mi 10 Ultra

Mi 10 Ultra

Smartphone ini bakal hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Obsidian Black, Mercury Silver serta Transparent Edition dengan bagian back cover dibuat seolah menampilkan isi dalamnya. Mi 10 Ultra bakal mulai dijual di Beijing pada 16 Agustus mendatang, dan dapat dipesan sejak tanggal 10.

Hadir dalam empat varian memori, versi termurah dengan 8GB.128GB dijual seharga RMB5,299 atau sekitar Rp11 jutaan. Sementara yang termahal, 16GB/512GB dibanderol RMB6,999 (Rp14 jutaan). Apakah Gizmo friends menantikan kehadirannya secara resmi di Indonesia?


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID