Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Daftar Smartphone Xiaomi Resmi Indonesia yang Mendapat Pembaruan MIUI 12

0 2.203

Ketika memperkenalkan sang jawara baru smartphone Rp1 jutaan, Redmi 9 serta Poco F2 Pro, pada kesempatan yang sama Xiaomi Indonesia juga meresmikan MIUI 12. Sistem antarmuka terbaru untuk smartphone Xiaomi tersebut tentu bakal datang secara resmi ke beberapa seri yang sudah hadir resmi di Indonesia, dalam waktu yang tidak lama lagi.

Xiaomi Indonesia menyebutkan jika MIUI 12 bakal membawa pengalaman menggunakan OS bintang lima ke penggunanya, menghadirkan banyak optimasi serta peningkatan dalam tampilan antarmuka yang lebih segar dan animasi inovatif. Hal tersebut ditujukan agar pengguna dapat menikmati pengalaman menggunakan sistem operasi yang lehih hidup dan nyata.

Baca juga: Jawara Baru Smartphone Rp1 Jutaan, Xiaomi Redmi 9 Meluncur di Indonesia

MIUI 12 Bawa Peningkatan Visual Mulai dari Tampilan Awal

MIUI 12

Xiaomi membawa dua teknologi baru yaitu Mi Render Engine serta Mi Physics Engine, masing-masing dapat memberikan pengalaman antarmuka yang sangat halus, serta hasilkan gerakan ikon elegan dan mensimulasikan kurva 3D terinspirasi dari gerakan dan respon di kehidupan nyata. Visual yang realistis di MIUI 12 memungkinkan pengguna untuk membuat tampilan layar lebih informatif serta komprehensif. Di sisi lain, membuatnya lebih unik serta personal.

Ketika sudah menggunakan MIUI 12 nantinya, perubahan visual akan langsung terlihat pada halaman paling depan. MIUI 12 memiliki fitur Super Wallpaper, terdiri dari ragam tampilan beragam planet seperti Mars dan Bumi yang ikonik. Dikombinasikan dengan always-on display (di perangkat yang mendukung), proses transisi dari lock screen ke home screen akan terjadi secara imersif.

Peningkatan fitur lainnya adalah opsi multitasking dengan floating windows, cast ke perangkat sekunder seperti layar kedua, serta mode Ultra Battery Saver untuk menghemat penggunaan baterai tanpa mengganggu panggilan, pesan masuk dan konektivitas jaringan. Xiaomi juga tentunya membawa opsi App Drawer ke dalam MIUI 12, sebuah fitur utama yang awalnya diperkenalkan dari launcher Xiaomi untuk POCO, yang diterima dengan baik oleh pengguna global.

Adanya app drawer memungkinkan pengguna MIUI 12 untuk punya home screen yang lebih clean, tanpa dipenuhi ikon aplikasi yang sudah terpasang. Aplikasi akan terpisah di dalam app drawer, dan secara otomatis dikelompokkan sesuai kategori tertentu. Dan yang tak ketinggalan, Dark Mode yang juga bisa diaplikasikan pada aplikasi pihak ketiga. Juga bisa menghemat daya, terutama di perangkat yang gunakan panel AMOLED seperti Mi Note 10 atau Mi 10.

Ketersediaan MIUI 12 Untuk Smartphone Xiaomi Resmi Indonesia

Saat memperkenalkan MIUI 12, Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia cukup yakin jika pengguna smartphone Xiaomi akan jatuh hati dengan MIUI 12, karena menghadirkan pengalaman penggunaan OS bintang lima dengan serangkaian optimasi bottom-up, peningkatan desain dan animasi yang hidup pada tampilan antarmukanya.

Setelah mengetahui beberapa fitur unggulan MIUI 12 di atas, pasti Gizmo friends sudah penasaran dengan tanggal serta perangkat Xiaomi apa saja yang bakal mendapatkan pembaruan ini. Nggak lama lagi kok, MIUI 12 bakal mulai tersedia di beberapa perangkat mulai Agustus 2020.

Untuk jenis perangkatnya sendiri cukup banyak, yaitu Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi 8A Pro, Redmi Note 7, Redmi 7, Redmi 7A,  Redmi Note 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi Note 5 Pro, Redmi Note 5, Redmi S2, Mi 10, Mi Note 10, Mi Note 10 Pro, Mi 8 Lite, dan POCOPHONE F1.

Bagi Gizmo friends yang memiliki smartphone Xiaomi bergaransi resmi dan termasuk dalam list tipe di atas, bisa melakukan pengecekan pembaruan secara berkala mulai Agustus mendatang. Tentunya diluncurkan secara bertahap, jadi ditunggu sampai beberapa minggu kemudian ya.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID