Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jawara Baru Smartphone Rp1 Jutaan, Xiaomi Redmi 9 Meluncur di Indonesia

0 13.305

Lewat sebuah acara peluncuran daring bertajuk #GengJawara, Xiaomi Indonesia secara resmi membawa seri Redmi terbaru. Produk tersebut adalah Xiaomi Redmi 9. Smartphone ini bawa banyak peningkatan dari generasi sebelumnya, seperti chipset yang jauh lebih bertenaga dan jumlah kamera utama yang kini sudah quad camera. Semua dengan harga yang masih terjangkau, alias masih pada rentang harga Rp1 jutaan.

Selama peluncuran, Xiaomi Indonesia gunakan kata “lebih” berkali-kali saat menjelaskan spesifikasi dari Redmi 9. Wajar saja, peningkatan yang dihadirkan hampir menyeluruh. Secara dimensi, Redmi 9 punya dimensi yang sedikit lebih besar, punya desain lingkaran moden di belakang, bertekstur supaya tidak licin serta tahan percikan air.

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia mengatakan saat acara perilisan jika Redmi 9 hadir membawa spesifikasi dan fitur menarik di harga terbaik di kelasnya. “Dilengkapi dengan quad camera dengan harga kisaran di bawah Rp2 juta, membuat Redmi 9 menjadi pilihan jelas bagi pengguna yang menginginkan pengalaman premium dengan harga ponsel terjangkau,” tambahnya.

Peningkatan yang Dibawa Xiaomi Redmi 9

Varian warna Redmi 9

Di Indonesia, Redmi 9 bakal hadir dalam tiga varian warna menarik; Sunset Purple, Carbon Grey dan Ocean Green. Layar 6,53 inci pada Redmi 9 punya resolusi lebih tinggi di full HD+, dan sudah terlapis Corning Gorilla Glass. Fitur lain seperti konektivitas tentu tetap hadir secara lengkap, seperti audio jack 3,5mm, IR blaster dan wireless FM radio.

Kalau generasi sebelumnya menggunakan chipset dari Snapdragon, Redmi 9 kini berganti ke MediaTek, gunakan chipset seri gaming yaitu Helio G80 octa-core dengan clockspeed hingga 2GHz serta fabrikasi 12nm. Varian tertingginya dilengkapi RAM 4GB LPDDR4X serta memori penyimpanan 64GB. Jika dirasa kurang, masih ada slot kartu microSD dedicated yang bisa menampung sampai 512GB.

Sementara kapasitas baterainya tak jauh berbeda dari Redmi 8. Redmi 9 kini punya baterai 5,020 mAh, tetap mendukung fast charging 18 watt melalui port USB-C. Keunggulan ini masih jarang ditemukan pada smartphone di kelasnya, yang umumnya masih gunakan port micro-USB dengan pengecasan 10 watt saja.

Redmi 8 sebelumnya hadir dengan dua kamera utama, yaitu kamera wide serta depth-sensor. Di Redmi 9, Xiaomi berikan dua kamera tambahan yang menjadikan pengalaman ambil foto semakin fleksibel. Sehingga kini terdapat empat kamera di sisi belakang; 13MP f/2.2 wide, 8MP f/2.2 ultra-wide, 5MP f/2.4 macro dan 2MP f/2.4 depth sensor.

Sementara kamera depannya punya resolusi 8MP f/2.0. Baik kamera depan maupun belakang sanggup merekam video hingga 1080p 30fps. Selain lebih banyaknya jumlah kamera, Redmi 9 juga membawa fitur-fitur yang sebelumnya ada di seri lebih mahal, seperti mode video kaleidoskop.

Harga Xiaomi Redmi 9 di Indonesia

Varian warna Redmi 9

Dengan banyaknya peningkatan, apakah harga Redmi 9 bakal lebih mahal? Nyatanya tidak juga. Xiaomi Indonesia membawa dua varian Redmi 9 ke Indonesia, yaitu memori 3GB+32GB dan 4GB+64GB. Masing-masing dibanderol seharga Rp1,749 juta & Rp1,949 juta. Harga perkenalan, ya, sementara harga luring lebih mahal Rp50 ribu. Bisa dibilang, hanya sedikit lebih mahal dari Redmi 8, tak sampai melebihi Rp2 juta.

Penjualan perdana Redmi 9 bakal dimulai besok, 15 Juli 2020 pukul 13:00 WIB. Xiaomi akan menjualnya di situs resmi mi.com, e-commerce Shopee serta Authorized Mi Store. Nantinya smartphone ini juga bakal tersedia di partner toko luring Xiaomi, yaitu Erafone.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID