Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Redmi G, Laptop Gaming Layar 144Hz Harga Rp11 Jutaan

0 9.422

Tidak hanya smartphone gaming, pasar laptop gaming juga meningkat beberapa tahun belakangan ini. Pasalnya perangkat tersebut memiliki kemampuan yang cukup multifungsi. Tidak hanya sekadar untuk hiburan, laptop gaming dapat digunakan untuk para pemain gim profesional, broadcaster ataupun kreator konten, dengan performanya yang tinggi.

Salah satu pabrikan yang kini terjun dalam bisnis laptop gaming adalah Redmi, sub-brand milik Xiaomi. Pertama kali dirilis di China, Redmi G adalah seri laptop gaming yang, tentunya, diproduksi dengan harga yang sangat atraktif. Meski begitu, desainnya tidak kalah menarik dengan seri lainnya, miliki sudut-sudut tegas dengan ornamen tertentu di bagian cover-nya. Bagaimana dengan spesifikasinya?

Baca juga: Redmi K30 Ultra, Flagship 5G Murah dengan MediaTek Dimensity 1000+

Keunggulan Laptop Gaming Redmi G

Redmi G

Dari sekilas spesifikasinya, Xiaomi nampak tidak memberikan penghematan yang berarti pada Redmi G, meski harganya relatif murah. Layar yang dimilikinya punya dimensi cukup besar di 16,1 inci, namun bezelnya dibuat tipis sehingga bodinya akan terasa lebih kecil. Dengan begitu, peletakan webcam harus dipindahkan ke bawah layar.

Panelnya bisa dibilang cukup spesial, punya resolusi full HD dengan cakupan warna akurat 100% sRGB. Tidak hanya itu, Redmi G juga sudah mendukung refresh rate mencapai 144Hz, alias setara dengan layar smartphone gaming terbaik yang ada saat ini.

Redmi G hadir dalam tiga varian prosesor yang bisa dipilih, mulai dari yang terendah dengan Intel Core i5-10200H, i5-10300H dan Core i7-10750H. Varian pertama hadir dengan GPU NVIDIA GTX 1650, sementara dua lainnya dengan GTX 1650 Ti. Seluruh model hadir dengan RAM 16GB DDR4 dual-channel serta SSD 512GB PCIe NVMe x4.

Dimensi touchpad-nya dibuat besar, lengkap dengan backlit keyboard di atasnya. Bobot laptop ini sekitar 2,5kg, cukup berat mengingat material plastik yang digunakannya. Xiaomi juga tidak merancang perangkat ini sebagai yang tahan lama untuk masa pakai baterainya, hanya sekitar 5,5 jam dari baterai 55Wh yang dibawanya.

Untuk proses pendinginan maksimal agar tidak terjadi throttling, Xiaomi mempersenjatai Redmi G dengan dua kipas individu pada bagian bawah keyboard, yang dapat mengeluarkan angin masing-masing dari dua sisi. Sepasang kipas tersebut dipasangkan dengan tiga heatpipe atau penyalur panas, diklaim dapat mereduksi suhu hingga 81%.

Konektivitas Lengkap, Redmi G Dibanderol Mulai Rp11 Jutaan

Xiaomi Redmi G

Redmi G juga dilengkapi dengan dua speaker 2W yang sudah mendukung efek suara DTS:X Ultra 3D Sound. Port dan konektivitasnya juga cukup lengkap, mulai dari ethernet, 3 USB-A (2.0 & 2×3.0), USB-C, HDMI 2.0, Mini DP dan audio combo jack. WiFi 6 serta Bluetooth 5.0 disiapkan agar dapat tersambung ke jaringan nirkabel serta earphone nirkabel lebih lancar.

Usai pre-order, Redmi G mulai tersedia di China pada tanggal 17 Agustus 2020 ini. Untuk harga yang dipatok, dimulai dari varian termurah; CNY5,299 (Rp11 jutaan), CNY 6,299 (Rp13 jutaan) & CNY6,999 (Rp14,8 jutaan) untuk varian Intel Core-i7. Hingga saat ini, masih belum ada informasi mengenai ketersediaannya di luar China.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID