Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Zenius Gelar Grand Try Out Untuk Pelajar, Beri Kesempatan Raih Beasiswa

0 264

Menjadi sarana populer untuk belajar para siswa, platform pendidikan berbasis teknologi kian dinikmati belakangan ini. Zenius, sebagai salah satu platform pendidikan berbasis teknologi, mencoba hadirkan Zenius Grand Try Out (GTO) untuk menguji kemampuan para siswa di Indonesia.

Terutama dalam masa pandemi, di mana para orang tua lebih enggan agar anak atau siswanya berinteraksi di luar rumah demi mengurangi risiko terpapar virus. Maka platform digital seperti Zenius yang bakal lebih banyak dipilih. Memasuki pertengahan tahun 2021, Zenius Grand Try Out hadir dalam momen yang pas. Terbuka untuk seluruh siswa kelas 12 dan gap year.

Diadakan secara daring dan gratis, try out tersebut bakal menggunakan sistem penilaian item response theory (IRT), sebuah sistem yang sudah digunakan sejak UTBK tahun lalu. Nantinya, siswa yang mengikuti Zenius Grand Try Out berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa pendidikan untuk 50 orang dengan nilai terbaik. Plus hadiah lain seperti voucher belanja sampai paket belajar.

Baca juga: Zenius dan Telkomsel Umumkan 96 Pelajar Peraih Beasiswa Pendidikan

Penilaian Zenius Grand Try Out Mengikuti Sistem UTBK

Zenius Grand Try Out

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (10/3), Rohan Monga selaku Chief Executive Officer Zenius mengatakan bila sistem IRT bakal menjadi tantangan tersendiri untuk peserta UTBK. Karena memberikan bobot yang berbeda untuk tiap soal, di mana bobot soal akan lebih rendah bila banyak siswa dapat menjawab dan berlaku sebaliknya.

“Zenius melihat try out sebagai ajang penting bagi siswa untuk mengukur kemampuannya, dan menentukan target program studi nanti. Antusiasme siswa dapat terlihat dari jumlah peserta try out di tahun 2020 lalu, yang mencapai 65 ribu peserta,” tambah Rohan.

Atas alasan tersebut, Zenius Grand Try Out diadakan dengan memberikan simulasi UTBK, dibuat mendekati aslinya serta menyiapkan berbagai hadiah dan beasiswa untuk memotivasi para siswa. Dalam pelaksanaannya, siswa bisa mengikuti try out Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik, untuk kategori Saintek dan Sosial-Humaniora.

Gratis Untuk Seluruh Siswa di Indonesia

Zenius Grand Try Out

Sepanjang periode, bakal ditampilkan leaderboard untuk tampilkan penilaian dalam tiap sesi try out. “Bagi siswa yang berkeinginan untuk terus tingkatkan kemampuannya, Zenius Grand Try Out juga dilengkapi dengan kelas pembahasan soal secara live dan tautan ke video konsep, untuk bahan evaluasi dan pembelajaran lebih lanjut,” tambah Rohan.

Seluruh fitur atau layanan yang telah disebutkan di atas disediakan secara gratis oleh Zenius, demi membuka akses sebesar-besarnya bagi sebanyak mungkin siswa di Indonesia, agar bisa mendapatkan materi pendidikan berkualitas. Pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak tanggal 15 Februari lalu, lewat situs resmi Zenius maupun banner di dalam aplikasi smartphone-nya.

Siswa bisa mengikuti seluruh sesi try out yang bakal diadakan di 20 – 27 Maret mendatang, serta 1 – 8 April 2021. Pemenang dari Zenius Grand Try Out bakal diumumkan setelah periode UTBK selesai, yaitu di bulan Mei.

Tinggalkan komen