alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iHeartRadio Berencana Bikin Podcast Berteknologi Audio 3D

Platform iHeartMedia memiliki cara tersendiri agar podcast menjadi jauh lebih nyata. Menyusul keberhasilan Podcast 13 Days of Halloween tahun lalu. perusahaan berbasis radio internet ini berencana untuk memproduksi lebih banyak pertunjukan audio 3D.

Dikutip dari The Verge, mendengarkan pertunjukan dalam bentuk audio 3D, dapat membawa kita berada di tempat kejadian dan mendengar hal-hal persis seperti yang kita lakukan di kehidupan nyata. Platform berbasis audio ini, telah membangun tiga studio yang dilengkapi secara khusus agar dapat melakukan perekaman audio 3D.

Media ini bukan satu-satunya jaringan yang memanfaatkan teknologi audio 3D. Jaringan indie Paragon Collective juga telah menggunakan teknologi ini untuk beberapa acara narasinya, termasuk The Oyster dan Darkest Night.

Tahapan Produksi Podcast Audio 3D

podcast
ilustrasi tahapan produksi (foto BukaReview/pxhere.com)

Bekerja sama dengan Blumhouse Television serta produser Aaron Mahnke, untuk membangun sebuah serial acara, dibutuhkan 13 Hari produksi lamanya. Proyek ini akan mempekerjakan tim yang terdiri dari 12 produser yang terlatih dalam menangkap audio binaural.

Audio binaural bisa menjadi lebih populer dari sebelumnya karena beberapa alasan. Pertama, ini lebih mendalam, bagus untuk membuat orang mendengarkan dan tetap menonton podcast.

Ini juga kompatibel dengan headphone, artinya pendengar tidak memerlukan peralatan atau perangkat lunak khusus untuk menikmatinya.  Kedua, dapat menjadi faktor pembeda dengan podcast naratif yang telah berkembang dengan banyak jaringan.

iHeartRadio akan merilis bonus episode 3D dari beberapa acara sepanjang tahun, termasuk The Ron Burgundy Podcast. Rencananya akan terdapat 10 s/d 12 series podcast untuk diproduksi menggunakan teknologi audio 3D pada 2021.

Disamping itu, mereka akan mengadakan acara radio binaural langsung di seluruh jaringan stasiun iHeartRadio. Nantinya untuk menikmati siaran radio, pendengar disarankan untuk memakai headphone untuk efek yang penuh.

Menambah Kualitas

Menurut Presiden iHeartPodcast Network, Conal Byrne, mengungkapkan seharusnya adanya pengerjaan beberapa podcast versi audio 3D yang dapat menambah kualitas lebih baik dibanding biasanya. “Jadi saat kami melihat seluruh daftar acara yang kami adakan dari A-hingga-Z, di tahun 2021, sebagian besar, ada versi audio 3D yang mungkin lebih baik daripada yang biasanya [kami] lakukan,”jawab Bryne.

Diharapkan dengan penggunaan audio 3D pada podcast, dapat membawa pengalaman mendengarkan tiap episode menjadi nyata. Tidak hanya popularitas podcast meningkat, tetapi semakin diminati terutama perusahaan yang akan beriklan.

Membuat Iklan dengan Cara Baru

Byrne menambahkan, dengan format ini selain dapat menjadi alat untuk mendongeng, tetapi juga sebagai cara baru bagi sponsor untuk mengirim pesan. Dengan begitu perusahaan dapat membedakan dirinya dari semua perusahaan yang mencari mitra merek.

Menurut ia dengan adanya format audio 3D dapat membuat jenis baru iklan. “Saya tidak akan menyarankan akan menemukan kembali iklan podcast tetapi ini pasti bisa dapat menjadi dorongan yang lebih jauh ke arah yang lebih mendalam, jadi kami akan menawarkan itu,” tegas Byrne.

Diharapkan dengan penggunaan audio 3D pada podcast, dapat membawa pengalaman mendengarkan tiap episode menjadi nyata. Sehingga popularitas podcast tidak ditinggalkan begitu saja, tetapi semakin diminati terutama perusahaan yang akan beriklan.

Tinggalkan komen