alexa

Apple Podcast Tambahkan Koleksi Khusus yang Direkomendasikan Anak-Anak

Dalam perkembangan siniar atau podcast, banyak genre yang ditawarkan. Tak hanya sebagai ajang obrolan satu sama lain atau mencurah isi hati. Banyak sekali platform untuk mendengarkan podcas. Paling populer tentu saja Spotify, yang diikuti dengan Apple Podcast, Google Podcast, dan lainnya.

Saat ini, pemanfaatan podcast dapat lebih luas dari fungsi utamanya. Jenis media ini dapat digunakan untuk pembelajaran ke anak-anak. Podcast tipe narasi sangat cocok untuk anak-anak dalam mendengarkan cerita dongeng. Di tengah masa pandemi ini, anak-anak butuh hiburan dalam masa pembelajaran di rumah.

Baca juga: Tips Memulai Bikin Konten Podcast yang Menarik untuk Pemula

Menurut survei dari Daily Social, mayoritas pendengar podcast di Indonesia merupakan kelompok usia 20-29 tahun. Dengan kondisi ini ternyata dapat menjadi titik awal pengembangan podcast dengan konten khusus bagi anak-anak. Badan Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), menyebutkan saat ini saja sudah ada ratusan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menerapkan pembelajaran berbasis podcast.

Apple Podcast Bekerja Sama dengan Common Sense Media

Podcast
ilustrasi podcast (Music Ally)

Tak hanya pemerintah, pihak swasta juga akan menyediakan podcast khusus anak-anak. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs, Apple akan membantu keluarga menemukan podcast yang dapat mereka nikmati bersama dengan rekomendasi untuk anak-anak. Dikutip dari Engadget, Apple telah bermitra dengan Common Sense Media untuk menawarkan koleksi acara yang dikuratori dan ramah anak di Apple Podcast di wilayah Amerika Serikat.

Pada saat ini, empat koleksi yang akan tersedia di Apple Podcast. Untuk batch awal beberapa podcast akan diproduksi untuk anak-anak, misteri dan drama, acara yang digerakkan oleh cerita, dan pilihan favorit sepanjang masa Common Sense.

Membantu Orang Tua Membimbing Anak-Anak

Podcast
Saat ini orang tua dapat membimbing anak-anaknya melalui podcast (Parent Map)

Tidak seperti perusahaan lain, seperti Spotify dan Amazon, Apple tidak memasukkan konten silo yang ditujukan untuk anak-anak ke dalam aplikasi atau layanan khusus. Setidaknya untuk saat ini, rekomendasi podcast muncul di carousel utama pada beranda Apple Podcast di bawah banner digital pilihan Media Sense Umum. Anda akan menemukannya di tab Jelajah secara lebih permanen.

Baca juga: Mengenal Fireside, Platform Podcast Generasi Baru Kombinasi Anchor dan Clubhouse

Apple dan Common Sense akan memperbarui koleksi setiap bulan dengan tema yang terkait dengan momen budaya dan sejarah penting, seperti Bulan Sejarah Wanita dan Kembali ke Sekolah. Ada juga rekomendasi kelompok usia untuk podcast. Common Sense menawarkan ulasan tentang film, TV, buku, aplikasi, game, dan, tentu saja, podcast yang berpusat pada seberapa sesuai mereka untuk berbagai tingkat usia.

Lembaga nonprofit ini sudah bekerja dengan Apple tentang koleksi film dan acara TV yang cocok untuk keluarga di app Apple TV. Rekomendasi podcast, bagaimana pun harus membantu memberi keluarga dan anak-anak pilihan lain untuk hiburan yang tidak didasarkan pada menonton layar sementara mereka sebagian besar tetap berada di dalam ruangan di tengah pandemi.

Tinggalkan komen