5 Alasan Pelaku UMKM Cocok Pakai OPPO A16 untuk Bisnis Online

Jakarta, Gizmologi – Pemerintah terus melakukan upaya melakukan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi melalui berbagai program. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang saat ini berjumlah sekitar 64,2 menjadi salah satu sektor yang paling terpukul di tengah pandemi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut UMKM telah beraktivitas kembali. Beberapa di antaranya juga telah beradaptasi secara daring ke bidang lokapasar sebagai strategi pemulihan pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Tercatat 84 persen UMKM berhasil kembali beraktivitas,” kata Menkominfo Johnny G. Plate (8/10/2021). Dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah secara khusus mengalokasikan anggaran Rp162,40 triliun untuk menolong sektor UMKM.

Tak hanya pemerintah, sektor swasta dari perusahaan besar sampai startup pun saat ini bahu membahu turut mendukung bangkitnya UMKM. Salah satunya adalah OPPO Indonesia yang menyatakan berkomitmen mendukung para pelaku UMKM dalam melakukan inovasi dan berkarya melalui pemanfaatan teknologi dan perangkat mobile.

“OPPO selalu ingin memberikan dukungan bagi para pelaku bisnis, khususnya UMKM yang terkena imbas pandemi agar bisa bangkit, sehingga bisa menginspirasi pelaku ekonomi lainnya untuk kreatif, adaptif, dan inovatif dalam memanfaatkan perangkat smartphone dalam berbisnis di era digital,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, saat ditemui di ajang Entrepreneur Workshop with OPPO A-Series di Bogor (8/10).

Salah satu produk yang direkomendasikan untuk pelaku UMKM adalah OPPO A16. Berbagai fitur yang ditawarkan bisa mendukung aktivitas bisnis pelaku UMKM. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini ya.

1 Harga Tak Bikin ‘Boncos’

Harga Tak Bikin ‘Boncos’

Pelaku UMKM tengah berusaha untuk bangkit setelah pandemi, sehingga membutuhkan perangkat mumpuni yang mendukung aktivitas usahanya, namun jangan sampai membebani uang kas. Oleh karena itu, smartphone terjangkau seperti OPPO A16 menjadi pilihan paling realistis.

rangkat ini sudah dapat dibeli baik secara daring dan luring di seluruh Indonesia dengan harga yang tak bikin kantong jebol. OPPO A16 dijual dengan harga Rp1.999.000 untuk varian 3/32 GB dan Rp2.499.000 untuk varian 4/64 GB.

Dengan harga tersebut, pengguan bisa mendapatkan OPPO A16 yang menyajikan kinerja mulus. OPPO jago dalam meracik komposisi hardware dan software di perangkatnya. Membuka aplikasi terasa cukup cepat dan ringan. Optimalisasi yang dilakukan oleh OPPO lewat ColorOS 11 (berbasis Android 11) di OPPO A16 terbukti cukup sukses menghadirkan ponsel dengan performa gesit dan minim lag.

2 Konektivitas Mendukung Bisnis Online

Konektivitas Mendukung Bisnis Online

Pemerintah mendorong agar pelaku UMKM berpindah ke pasar online lewat berbagai platform jual beli yang tersedia. Ruang digital yang bisa diakses oleh setiap orang di banyak tempat, memungkinkan UMKM bertahan di masa sulit seperti saat ini.

OPPO A16 memang belum mendukung teknologi seluler generasi terkini yaitu 5G. Meski demikian, ini bukanlah sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Mengingat saat ini area jangkauan 5G masih sangat terbatas di Jakarta sekalipun, terlebih di kota-kota lain.

Nah, perangkat ini telah mendukung teknologi 4G LTE-A (2CA) yang secara teknis mampu menyajikan kecepatan download 300 dan upload 75 Mbps. Sudah lebih dari cukup untuk mendukung kegiatan bisnis online. Dilengkapi pula dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band. Serta bisa berfungsi sebagai WiFi hotspot untuk berbagi koneksi dengan perangkat lain milik karyawan UMKM.

Dengan modal konektivitas tersebut, pelaku UMKM bisa memasarkan produknya di berbagai platform marketplace serta mempromosikannya di media sosial. Seperti dilakukan oleh Inn and Props yang sangat getol mempromosikan usaha tanaman hiasnya di media sosial Instagram dan TikTok untuk menjangkau konsumennya.

3 Kamera Mumpuni

Kamera Mumpuni

Berbekal OPPO A16, para pelaku UMKM bisa menghasilkan beragam foto produk yang berkualitas, lengkap dengan mengandalkan filter dan fitur fotografi modern.  OPPO mengajak Meyani Kristina Ningrum, seorang fotografer yang tinggal di Batam untuk berbagi mengenai tips mengenai fotografi untuk UMKM. Menurutnya,  peran foto saat ini sangat penting khususnya bagi pelaku usaha UMKM.

“Informasi secara visual dalam bentuk foto akan membantu para pelaku UMKM bisa mempromosikan produk melalui media sosial dengan lebih mudah dan cepat. Dengan memanfaatkan media sosial, produk-produk dari para pelaku UMKM akan lebih luas jangkauan promosinya sekaligus menghemat waktu,” ujarnya.

Kamera utama 13 MP di OPPO A16 sudah cukup oke untuk digunakan memotret maupun merekam video. Sementara kamera depan 8 MP-nya ideal untuk kebutuhan seperti menghadiri kelas di Zoom.

4 Layar Lebar

Layar Lebar

Ponsel cerdas ini juga nyaman untuk mempromosikan produk melalui media sosial, atau sebagai perangkat administrator untuk membalas pesanan dari konsumen. OPPO A16 dibekali layar 6,5 inci HD+ yang tentunya sudah tergolong lega untuk menampilkan berbagai konten.

Menariknya, layar OPPO A16 sudah didukung teknologi Eye Care yang memberikan kenyamanan saat melihat layar. Fitur ini dapat beradaptasi dengan lingkungan pencahayaan di sekitar dan mengingat preferensi kecerahan penggunanya. Ketika kondisi agak gelap, layar dengan Eye Care Display dapat meredup hingga 2 nits. Hasilnya mata tidak cepat lelah meski berlama-lama menatap layar.

5 Baterai Besar dan Tahan Lama

Baterai Besar dan Tahan Lama

Selain bisa diandalkan untuk menghasilkan foto produk yang menarik bagi UMKM, Oppo A16 juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh. Berbekal kapasitas baterai yang besar ini, pelaku UMKM dengan leluasa menggunakan smartphone ini untuk foto produk, promosi di sosial media dan e-commerce, serta memproses segala transaksi jual beli, tanpa perlu takut kehabisan daya baterai dengan cepat.

Didukung sistem yang dirancang hemat daya, baterai OPPO A16 tidak akan cepat terkuras saat dipakai bisnis online seharian. Tak hanya itu, baterai dibekali pula dengan teknologi AI Optimized Night Charge, yang membuat proses charging tetap aman saat ditinggal tidur dari malam hingga pagi hari. Pagi hari bangun tidur, perangkat sudah terisi penuh dan siap digunakan untuk berbisnis online.

Tinggalkan komen