Tips Memulai Jadi Kreator Konten Video Pendek Bermodal OPPO A16

Tren digital terutama video pendek telah membuka peluang bagi semua orang untuk menjadi seorang kreator di media sosial dengan hanya bermodalkan sebuah smartphone. Penghasilan yang cukup menggiurkan juga membuat banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi konten kreator. Tawaran penghasilan ini didapatkan dari berbagai macam sumber seperti insentif dari aplikasi yang digunakan hingga kolaborasi dengan sebuah brand atau endorsement.

Tak harus smartphone high-end yang mahal, kita bisa memulai membuat konten dengan smartphone seperti OPPO A16 yang harganya terjangkau hanya Rp2 jutaan. Untuk mendukung penggunanya membuat konten, OPPO A16 dibekali tiga kamera belakang. Di mana sensor utamanya beresolusi 13MP dan mampu tangkap gambar berkualitas. Ada sensor utama 13MP f/2.2 yang mendukung PDAF, ditemani dengan dua sensor 2MP untuk foto jarak dekat (makro) dan efek potret (depth sensor).

Baca juga: Review OPPO A16: Desain Tetap Stylish, Baterai Makin Awet

Sebelum memulai, seorang kreator konten juga perlu menentukan platform mana yang cocok dengan konten yang ingin dibuat. Beberapa platform media sosial berbasis video pendek yang sedang hits di Indonesia adalah TikTok, SnackVideo, Instagram Reels, YouTube Shorts, dan Likee.

Buat kamu yang baru memulai, berikut beberapa tips dan trik untuk membuat video menarik dan tepat sasaran:

1. Tentukan topik atau tema video pendek sesuai minat dan bakat

Sebelum memulai, kamu perlu membuat rencana mengenai topik yang bakal kamu buat sebagai konten video. Nggak perlu susah-susah, manfaatkan aja hal-hal yang ada di sekitar. Terutama selama masa pandemi berlangsung, lebih banyak konten yang dibuat dari rumah. Tentukan satu tema video sesuai dengan minat dan bakat yang menurut kamu menarik untuk dibuat. Konten video pendek seperti parodi, tarian, curhat, tips, sampai hobi dapat menjadi konten yang menarik perhatian.

2. Manfaatkan Kamera Smartphone Sebaik Mungkin

Untuk kualitas yang lebih baik, kamu bisa mencoba untuk ambil foto maupun video lewat aplikasi kamera bawaan, baru kemudian dimasukkan ke aplikasi video pendek seperti TikTok dan SnackVideo untuk dipilih sebagai bagian dari konten. Meski harganya terjangkau, kamera utama 13MP f/2.2 di OPPO A16 yang mendukung PDAF sanggup rekam hingga resolusi tinggi Full HD 30fps, alias udah cukup banget buat konten TikTok. Terlebih ada fitur Inertial Zoom yang memungkinkan untuk mengatur kecepatan dengan menekan llayar untuk zoom in/out secara smooth.

3. Perhatikan 5 detik pertama

Pembukaan pada sebuah konten adalah hal penting agar orang bertahan untuk mengkonsumsi keseluruhan konten. Pada konten video baik yang pendek maupun durasi panjang, lima detik pertama merupakan waktu krusial. Karena bisa menentukan seseorang akan melanjutkan menonton atau melewati konten begitu saja. Maka dari itu, cobalah tunjukan pesan penting, kostum dan/atau properti unik lebih awal untuk menarik perhatian penonton lebih lama.
4. Rutin mengunggah konten

Secara rutin buat dan unggah video dengan topik yang berkaitan atau senada agar konten yang dihasilkan bisa tetap konsisten. Dengan demikian, kesempatan kamu bisa ditemukan oleh audiens yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu semakin besar.

5. Edit Video Pakai Aplikasi 

soloop video editor 5

Untuk pengeditan ini kamu dapat menggunakan aplikasi SOLOOP yang dapat menyunting video dengan langkah-langkah yang sederhana dan cepat. Aplikasi
Soloop juga dilengkapi berbagai macam template yang bisa digunakan untuk pengeditan video yang disebut sebagai Smart Template. Template ini sudah berisi teks,
musik, transisi, dan filter, yang cukup menarik dan tentunya kekinian. Selain itu, juga bisa menambah musik latar, efek transisi video dan lainnya secara manual.

5. Ikut meramaikan tren yang sedang berlangsung

Ada banyak video viral yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk mulai membuat sebuah konten. Berbagai musik atau lagu yang tersedia bisa menjadi modal awal kamu untuk berkarya, apalagi jika musik atau lagu tersebut sedang ramai digunakan oleh kreator lain.

Kamu juga dapat mengalihsuara atau men-dubbing video yang sudah tersedia dan mengikuti konsep yang sudah ada. Ini menjadi salah satu cara mudah dan cepat bagi untuk segera membuat dan mengunggah video. Namun jangan menjiplak konten dari kreator lain tanpa memberi kredit, usahakan untuk hanya mengambil inspirasi dan tetap membuat konten yang orisinil.

5. Ikuti tantangan atau challenge yang sedang banyak beredar 

Di TikTok, SnackVideo, dan Likee, ada banyak tantangan yang bisa diikuti dan dijadikan konten video ala kamu sendiri. Kamu bisa mencoba salah satu tantangan viral, merekam videonya, dan mulai rutin share video challenge. Mengikuti tren tantangan seperti ini merupakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat video pendek bagi kreator konten yang baru memulai.

6. Menambahkan hashtag dan musik latar

Sesuaikan dengan musik latar pilihanmu agar kesempatan video ditemukan oleh audiens yang sesuai semakin besar. Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan hashtag atau tagar pada deskripsi atau caption, karena ini adalah cara ampuh agar video kamu dapat masuk di laman explore, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang sedang mencari konten serupa. Pastikan untuk menggunakan tagar yang relevan dengan video yang kamu unggah, agar konten kamu dapat menyasar audiens yang kamu harapkan.Desain OPPO A16

7. Rajin berinteraksi dengan kreator lainnya

Tinggalkan komentar, like, dan bagikan video kreator lain yang kamu nikmati ke media sosial lain yang kamu miliki. Jangan lupa untuk menandai nama kreator tersebut sebagai bentuk apresiasi kamu. Dengan demikian, kehadiran kamu akan diperhatikan oleh banyak orang sehingga membantu menaikkan interaksi dan cakupan audiens.

8. Bagikan video kamu ke berbagai platform media sosial

Agar semakin meningkatkan popularitas kamu sebagai konten kreator, jangan lupa untuk membagikan video-video yang kamu buat ke berbagai media sosial yang kamu miliki. Dengan membagikan video kamu di berbagai media sosial, kamu akan semakin dikenal dan semakin banyak yang mengunjungi bahkan mengikuti kamu di akun TikTok, SnackVideo, dan lainnya.

Seorang konten kreator memerlukan konsistensi dalam memproduksi video pendek, mengunggah, berinteraksi serta memilih platform media sosial yang tepat untuk membagikan karya. Dengan rutin melakukan aktivitas tersebut, perlahan namun pasti, konten kreator akan menemukan audiens setianya yang relevan.

 

 

Tinggalkan komen