Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Rekomendasi 5 Kamera untuk Bikin Vlog yang Kece!

Tak bisa dipungkiri gadget yang tepat mendukung eksistensi seorang vlogger (video blogger). Hanya saja kata tepat di sini bisa berarti banyak hal sebab memilih kamera terbaik lebih dari sekadar membeli kamera dengan spesifikasi tertentu. Nah, dalam tulisan kali ini akan ada lima rekomendasi kamera vlog yang layak dipertimbangkan.

Bagi vlogger pemula, yang kamu butuhkan adalah kamera yang menjadi satu dengan smartphone, tablet atau laptop kalian. Tetapi jika kamu ingin dunia menangkap kehadiranmu di ranah vlogging dan meraih pemirsa lebih luas maka perlu usaha ekstra plus alat yang tepat.

Lalu jika kamu ingin membagi semacam pengalaman hidupmu maka kamera yang dibutuhkan yang berukuran kecil agar bisa ditenteng kemana saja. Atau untuk kenyamanan vlogging dimana saja, kamera mirrorless bisa cadas dalam meningkatkan mutu kamera DSLR ke dalam ukuran lebih kecil. Bagi konten vlogging beraroma superhero tentunya dibutuhkan kamera action spesialis.

Hmm.. ada banyak ya gaya vlogging berikut kamera yang harus menyesuaikan diri dengannya.

Apa pun jenis kamera yang dibutuhkan, vlogger mesti membutuhkan satu yang bisa menghadirkan video bermutu oke, lebih bagus jika sudah Full HD (1080p) atau 4K Ultra High Definition.

Dua-duanya ini sudah mendukung format yang ada di YouTube. Fitur Wi-Fi yang satu paket dengan kamera akan jadi bonus besar sementara adanya fitur layar monitor LCD yang bisa dimiringkan atau bersambung penuh akan sangat membantu.

Berikut ini ada lima rekomendasi kamera vlog versi Tech Radar. Yuk disimak Gizmo lovers!

1. Canon PowerShot G7 X Mark II
Canon PowerShot G7 X Mark II. Foto dari Canon UK

Rekomendasi kamera vlogging yang pertama adalah Canon PowerShot G7 X Mark II. Lebih kecil dan lebih enteng dibandingkan dengan banyak bodi kamera jenis DSLR lainnya bahkan tanpa sebuah lensa yang dipasang, kamera jenis ini masuk ke dalam jajaran kelas atas PowerShot Canon. Meski dibuat nyaman dan padat, G7 X Mark II mempunyai lensa zooming cepat f/1.8-2.8 dengan cakupan efektif nan kuat 24-100mm guna mengumpani sensor 1,0 inci yang relatif besar untuk kamera padat seperti ini.

Selain menghadirkan mutu tangkapan yang bagus, G7 X Mark II juga memberikan fitur bagus bagi vlogging. Ada fasilitas membalik ke atas pada layar sentuhnya yang bisa dimiringkan agar gampang mengambil gambar diri sendiri saat berbicara ke kamera.

Stabilisasi lima porosnya juga bagus untuk mengatasi goyangan kamera ketika mengambil gambar film. Kamera ini dijual seharga US$509,99 di Amazon Marketplace atau sekitar Rp7,3 jutaan.

2. Canon EOS 77D
Canon EOS 77D. Foto dari Canon UK

Rekomendasi kamera vlogging kedua adalah Canon EOS 77D seharga US$649 di Amazon atau sekitar Rp9,3 jutaan. Autofocus Dual Pixel CMOS pada EOS 77D ini menyelesaikan masalah buruknya auto fokus pada Live View dan ketika mengambil gambar film pada umumnya kamera DSLR. Autofocus ini memungkinkan autofocus yang jauh lebih cepat dan lebih efektif saat menangkap gambar film, terutama melacak subyek yang bergerak.

Layar sentuhnya bakal membuat pengguna cukup menunjuk bagian mana dari scene yang ingin difokuskan. EOS 77D ini menghadirkan stabilitasi pergeseran gambar sensor lima poros. Kamera ini masih mengandalkan in-lens, stabilitasi optic untuk penangkapan fragmen gambar tetapi fitur “Digital IS” sangat efektif saat mengambil film.

3. Fujifilm X-A5
Related Posts
1 daripada 47
Fujifilm A-A5. Foto oleh thegadgetflow.com

Fujifilm X-A5 menjadi rekomendasi kamera vlogging ketiga seharga US$599 atau sekitar Rp8,6 jutaan jika membeli melalui Focus Camera. Kamera ini sangat padat, bodi sstem kamera mirrorless ini hanya sedalam 40mm dan tetap sangat langsing ketika dipaskan dengan alat lensa pilihan 15-45mm yang mempunyai fasilitas daya zoom dan desain yang bisa diperbaiki. Lensa ini ideal untuk menangkap video.

Sangat bagus menempatkan si pengguna ke dalam frame, layar LCD Fujifilm X-A5 ini bisa dilipat ke atas melalui sudut 180 derajat, yang secara otomatis bisa mengaktifkan auto fokus deteksi mata selama prosesnya. Layarnya juga sudah bisa disentuh untuk memudahkan menunjuk subyek mana yang ingin menjadi fokusnya.

Fitur video lanjutan mencakup ‘film berkecepatan tinggi’ dengan playback slow-motion dan tangkapan 4K UHD.

4. GoPro Hero7
GoPro Hero6 Black. Foto oleh cnet.com

Dengan merogoh kocek US$399 atau sekitar Rp5,7 jutaan via Amazon, kalian bisa mendapatkan rekomendasi kamera vlogging ke-4 ini, yakni GoPro Hero6 Black.

Dengan kemampuan Hero6 Black yang bisa membuat si pengguna memilih sudut penglihatan ekuivalen dengan 14mm, 21mm dan 28mm pada kamera full-frame, bisa dibilang kamera ini jadi spesialis sudut tangkapan. Sayangnya, resolusi tangkapan gambar fragmen masih cukup rendah, yakni 12MP. Produk ini sangat cocok untuk menangkap video dan menawarkan video 4K dengan 60 frame per second.

Baca juga: KODAK Luncurkan Kamera PIXPRO AZ901 dengan Zoom Optikal Hingga 90X

Dengan Hero6 Black ini, vlogger bisa berani membuat konten sebab ia tahan air dengan 10mm/33ft, berdaya baterai awet dibanding edisi sebelumnya dan memungkinkan kendali suara hands-free. Ada pula layar sentuh pada sisi sampingnya.

5. Nikon D5600
Nikon D5600. Foto oleh amateurphotographer.co.uk

Nah, rekomendasi kamera vlogging yang ke-5 adalah Nikon D5600 seharga $609,95 atau sekitar Rp8,7 jutaan jika membeli di Newegg.

Kecil dan ringan untuk ukuran kamera DSLR, D56000 mudah dibawa untuk bepergian jauh mengendarai motor, terutama berkat lensa kotak VR 18-55mm yang bisa diperbaiki. Dengan mesin autofocus ‘Pulse’, lensa ini memberikan keuntungan berupa transisi fokus yang sunyi dan mulus saat mengambil film. Tetapi produk ini kekurangan fitur untuk mendeteksi fase autofocus melalui sensor gambar sehingga kurang bagus untuk melacak subyek.

Layar LCD yang bisa disambung ukuran 3,2 inci pada DSLR 5600 ini terlihat bagus pada sudut mana pun dan bisa sangat membantu jika ingin mengambil gambar diri sendiri atau mengambil gambar apa pun dari sisi yang sulit.

Nah, manakah yang akan kalian pilih, Gizmo lovers dari ke-5 tadi?

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: