Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini 5 Skill Kerja Era Digital yang Perlu Dikuasai Agar Kamu Siap Masuk Kerja

Pesatnya dunia internet sekarang tak terhindarkan juga mempengaruhi dunia kerja. Ada lima skill kerja era digital yang perlu kalian tahu biar yang terutama lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK siap jadi karyawan handal dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Skill kerja era digital ini diperkenalkan oleh karyawan Telkomsel yang tergabung dalam dalam program Employee Volunteer Program atau EVP dalam kunjungan mereka ke sejumlah siswa SMK Purnama di Kebayoran, Jakarta Selatan, minggu ini. Dalam kegiatan yang bertajuk “Telkomsel Mengajar” ini, para pegawai Telkomsel berbagi lima skill tersebut, yakni:

1. Communication Skill

Keahlian ini perlu kalian kuasai tanpa harus ikut kuliah komunikasi intensif secara teoritis di bangku universitas. Skill kerja era digital ini makin dibutuhkan sebab ini yang akan membuat kalian bisa jago menjual, bukan hanya menawarkan barang tetapi juga ide dan gagasan ke atasan. Biar communication skill kalian terasah, salah satu cara yang bisa kalian coba adalah dengan banyak mengikuti workshop marketing dan banyak ikut komunitas pengusaha muda, yang bisa online atau pun offline.

2. Information Technology Skill

Skill kerja era digital nomor ke-2 ini juga bisa dipelajari secara otodidak. Bersyukur sekali di era internet semakin canggih dan terjangkau ini, ada banyak aplikasi bermanfaat untuk belajar dan praktek. Grup buat mengasah ilmu IT pun ada banyak, yang tak hanya melalui website tetapi juga melakukan promosi melalui media sosial. Tinggal gabung dan serap ilmunya!

Baca jugaIndonesiaNEXT Hadirkan Program Sertifikasi untuk Tingkatkan Keahlian Milenial

Foto: Unsplash/Štefan Štefančík

3. Digital Photography dan Videography

Nah ini skill kerja era digital yang makin hari makin penting. Munculnya media sosial, terutama Instagram, kian membuat keahlian fotografi dan videografi dibutuhkan. Entah bagi kalian yang habis lulus SMK mau langsung buka usaha e-commerce sendiri atau bergabung di perusahaan tertentu, yang pasti jago memainkan kamera untuk motret dan video akan banyak memberikan kalian nilai tambah.

Sementara pintar motret dan bikin video bisa buat produk atau jasa kalian sendiri makin disukai orang, atasan pun senang jika mempunyai karyawan yang kreatif dan mempunyai nilai lebih yakni bisa memotret secara apik dan bikin video promosi menarik produk perusahaan.

4. E-CV

Apa itu E-CV? Katakanlah ini CV 2.0 dimana yang kalian buat sudah bukan lagi dalam bentuk Microsoft Word, PDF dan sebagainya. Melainkan kalian bisa menuangkan ide kreatif menggarisbawahi CV kalian ke dalam bentuk grafis atau bahkan video atraktif. Dengan demikian CV kalian akan terlihat beda dan secara langsung sudah menggambarkan kepribadian kalian yang suka mencoba hal-hal baru dan bukan orang yang statis. Skill kerja era digital ini pasti akan semakin diperlukan mengingat semakin berkembangnya era semakin dibutuhkan pula kreativitas seseorang. Tapi ingat ya CV zaman now kalian jangan terlalu berlebihan dan tetap sesuaikan dengan skill yang ingin kalian tonjolkan.

5. Job Interview

Inti dari skill kerja era digital terakhir ini masih sama yakni menghadapi pertanyaan dari calon atasan dan menjawabnya. Bedanya di era digital seperti sekarang kalian bisa ‘menjual’ keahlian tambahan, yang mungkin secara teori tidak kalian pelajari tetapi akan membantu kerja kalian nantinya. Contohnya, seperti di atas, yakni keahlian fotografi dan videografi. Jika kalian sudah punya toko online sendiri di media sosial itu juga bisa jadi bahan positif kalian di depan calon atasan.

Nah itulah lima skill kerja era digital yang sederhana, kekinian dan bisa kalian coba langsung. Nggak perlu nunggu lulus baru bisa praktek. Buat kalian yang lulusan SMU atau universitas pun, tips dari karyawan Telkomsel di atas bisa kalian pelajari sendiri. Selamat bereksperimen!