Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Memaksimalkan Hasil Foto Lewat Kamera Samsung Galaxy M31

0 11.673

Ketika sedang dilanda bosan seharian di rumah, sosial media menjadi salah satu alternatif hiburan yang sering kita akses melalui smartphone. Saat ini, platform seperti Instagram dan TikTok merupakan yang paling favorit, baik untuk kreator konten foto, video, maupun sebagai penonton yang sekadar butuh inspirasi atau hiburan.

Saat melihat akun tertentu dengan postingan yang menarik, pasti kamu juga tergerak untuk menghasilkan kualitas konten yang sama, dong? Aplikasi pada smartphone kini sudah mampu membantu edit foto agar lebih terlihat menarik untuk diunggah di media sosial. Plus, kamera smartphone yang kini semakin fleksibel untuk digunakan dalam berbagai kondisi.

Salah satunya adalah Samsung Galaxy M31, yang punya kamera depan beresolusi tinggi, 32MP plus Quad Camera 64MP di sisi belakangnya. Dengan beragam sensor kamera, kamu bisa hasilkan foto berkualitas dengan sudut pandang yang berbeda, membantu kamu asah kreatifitas meski hanya mengandalkan sudut maupun obyek di sekitar rumah.

Baca juga: Review Samsung Galaxy M31: Smartphone Baterai Jumbo Serba Bisa

Berikut tips dan trik untuk memaksimalkan hasil foto dan video menggunakan kamera Samsung Galaxy M31:

1. Hasilkan Konten Menarik Lewat Kamera Depan 32MP

Buat kamu yang hobi foto selfie, kamera depan 32MP pada Samsung Galaxy M31 sanggup berikan detil foto yang tinggi. Sudut pandangnya yang lebar memudahkan kamu untuk menunjukkan latar tertentu. Kamu juga bisa manfaatkan fitur Live Focus untuk hasilkan foto potret a-la kamera profesional, serta mode malam yang bisa hasilkan foto terang meski pencahayaan kurang. Ditambah kamu bisa menggunakan AR filter untuk visual yang lebih kreatif.

beauty mode galaxy m31
Manfaatkan fitur beauty untuk kamera depan, foto tetap terlihat natural.

2. Asah Beragam Sudut Pandang Menarik dengan Quad Camera 64MP

Kamera utama Samsung Galaxy M31 punya resolusi yang tak kalah tinggi, yaitu 64MP. Secara default, foto yang dihasilkan beresolusi 16MP, menggabungkan empat piksel individu menjadi satu super piksel, bertujuan agar detil foto lebih baik, lebih terang serta minim noise. Dibandingkan generasi sebelumnya, smartphone ini punya aperture lebih besar di f/1.8, mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Ingin mengambil foto obyek di sudut rumah yang sempit? Kamu bisa manfaatkan kamera ultra wide-angle 8MP f/2.2 yang punya sudut lebar hingga 123 derajat. Tak perlu menjaga jarak atau mundur terlalu jauh, obyek akan tertangkap semua dalam satu frame. Kamera makro 5MP pada smartphone ini juga bisa dimanfaatkan untuk foto obyek kecil dengan jarak paling dekat sampai 3cm.

hasil foto ultra wide angle galaxy m31
Kamera ultra wide-angle Samsung Galaxy M31 mampu menangkap sudut pandang luas.

Yang terakhir ada kamera 5MP untuk ambil foto dengan efek blur lewat mode Live Focus. Serta masih banyak lagi mode foto yang disediakan, seperti panorama, mode profesional dengan pengaturan ISO manual, sampai mode makanan khusus buat kamu yang hobi memasak atau menikmati berbagai macam makanan.

 

3. Rekam Video Stabil Maupun Gerakan Super Lambat

Kalau kamu punya hobi nge-vlog, atau sekadar ingin menunjukkan hasil kreatifitasmu dengan koleksi action figure yang kamu miliki, maka kamera belakang Samsung Galaxy M31 cocok untuk mengabadikan hal tersebut. Dengan fitur stabilisasi video, hasil perekaman akan terlihat sangat mulus seperti menggunakan alat bantu gimbal. Fitur ini tersedia untuk perekaman hingga resolusi full HD.

super slowmo galaxy m31
Fitur Super Slow Motion Video menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy M31.

Samsung juga memberikan fitur Super Slow Motion 240 fps pada smartphone ini. Lewat fitur ini, kamu bisa rekam video adegan action figure-mu yang sedang beraksi dengan lebih dramatis. Atau berkreasi dengan obyek lain yang ada di rumah, seperti menjatuhkan koin ke air, meniup rontokan bunga yang ada di taman, gelembung air dan banyak lagi.

super slowmo galaxy m31
Hasil video dapat langsung di-edit serta ditambahkan efek suara menarik.

4. Edit Foto Secara Langsung Lewat Editor Foto Bawaan

Usai ambil foto, kamu bisa mempercantik hasil foto tangkapan kamera Samsung Galaxy M31 langsung lewat galeri bawaan. Pilih foto yang ingin kamu edit, lalu tekan tombol pensil di bawah foto. Ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan dari editor foto bawaan ini, tak hanya sekadar menambahkan filter saja.

Posisi obyek dirasa kurang pas? Kamu bisa lakukan proses cropping, mirror, sampai ubah sudut foto layaknya aplikasi edit foto profesional. Ingin menambahkan teks pada foto? Bisa, dengan berbagai pilihan warna dan bentuk huruf serupa Instagram Stories. Kamu juga dapat memilih berbagai preset stiker yang ada, maupun menambahkan stiker emoji custom yang dibuat serupa dengan wajah penggunanya.

editor foto galaxy m31
Editor foto Samsung Galaxy M31 punya fitur lengkap.

Dengan kamera beresolusi tinggi serta empat kamera belakang yang dimiliki Samsung Galaxy M31, kamu bisa hasilkan konten foto maupun video berkualitas yang layak banget untuk mendapatkan jumlah likes lebih banyak di media sosial.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia