Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Lenovo Thinkpad X395: Laptop Bisnis Klasik Elegan Nan Tangguh

ThinkPad sudah dikenal sejak lama sebagai merek legendaris untuk laptop bisnis. Ini pula yang membuat Lenovo tertarik mengakuisisinya dari IBM pada 2005 silam. Pabrikan komputer asal China ini meneruskannya sebagai laptop flagship yang powerful dan reliable. Salah satu yang terbaru adalah Lenovo ThinkPad X395.

Laptop ini diperkenalkan sejak pertengahan 2019, namun baru sekarang kami sempat mengulasnya. Untungnya, siklus hidup laptop memang panjang. Berbeda dengan smartphone yang bahkan lima bulan saja sudah ada seri baru penerusnya. Sehingga produk yang kami ulas inipun masih relevan untuk saat ini.

Membawa trah ThinkPad, laptop ini pun membawa warisan dari seri terdahulu. Desain yang telah bertahan selama kurang lebih 15 tahun sampai kini. Durasi waktu yang menjadikan desain tersebut “timeless”.

Bagaimana Lenovo dapat membuat desain Thinkpad dapat bertahan sedemikian lama. Mungkin ulasan kami kali ini dapat memberikan sedikit gambaran tentang betapa matangnya produk seri Thinkpad. Yuk, simak review Lenovo ThinkPad X395 berikut ini!

Desain

desain lenovo thinkpad x395Lenovo Thinkpad X395 tetap dibangun di atas dasar desain yang sama dengan pendahulunya. Mulai dari logo diagonal di bagian cover laptop, sampai titik merah di atas huruf “i”. Termasuk lekukan tegas pada beberapa bagian laptop. Bisa jadi membosankan bagi kamu yang progresif dalam gaya.

Pertama kami lihat keyboard-nya. Kami menganggap keyboard milik Thinkpad merupakan salah satu – jika bukan yang pertama – desain terbaik. Tiap tutsnya dibuat nyaman dan memudahkan penggunaan. Tidak lupa ciri khas trackpoint pada bagian tengah antara huruf G, B, H. Trackpoint berfungsi untuk menjalankan kursor maupun scroll pada laptop tanpa perlu memindahkan jemari ke bagian trackpad.

Lalu di bawahnya ada trackpad dan tiga clickpad. Dibandingkan laptop lain yang umum menggunakan dua clickpad. Keberadaan pad tambahan di bagian tengah memiliki fungsi tersendiri. Pad tengah tersebut dapat digunakan untuk scroll dokumen atau web pages. Serta memperbesar item pada layar laptop. Intinya sih untuk memudahkan penggunanya.

Palm rest atau dudukan tangan milik Thinkpad X395 juga termasuk lebar. Membuat lengan tak cepat lelah saat dipakai mengetik. Pada palm rest bagian kiri, terselip sebuah kotak kecil berfungsi untuk fingerscan. Yup, fitur keamanan tersebut sudah tersemat di laptop handal ini.

Ada sentuhan modern dalam lekukan casing dan peletakan fitur portnya. Termasuk ventilasi pembuangan yang tak terlalu tampak lagi. Memang secara umum ciri Thinkpad masih dan akan terus ada. Karena visualisasi tersebut sudah demikian melekat.

Oh, ya. Secara keseluruhan Lenovo Thinkpad memiliki dimensi 311.9 x 217.2 x 16.9 milimeter dipadu layar berukuran 13.3 inci. dipadu dengan bobot sekitar 1.28 kilogram. Relatif ringan untuk sebuah laptop berukuran nyaris 14 inci.

Display

Lenovo Thinkpad X395 spekBagian layar laptop high-end semacam ini tentu saja sudah sangat mumpuni. Memiliki luas 13.3 terasa pas untuk menyajikan visual kerja. Bezel yang melapisi sekitar layar relatif masih tebal. Terutama pada sisi atas layar yang juga tersemat kamera depan.

Kamera depan laptop sudah sangat layak dipakai untuk video conference maupun video call. Cocok pas sekarang lagi work from home. Bagaimana tidak. Dengan kemampuan lensa pada resolusi 720p membuat wajahmu jadi bisa terlihat cerah. Ditambah fitur keamanan Thinkshutter, untuk menutup lensa ketika sedang tidak digunakan untuk menjaga privasi.

Meski memiliki rentang berbeda untuk fitur layarnya, namun rata-rata sudah memanfaatkan teknologi IPS (In Plane Switch) Full High Definition, pada resolusi 1920 x 1080, 300-400 nit. Teknologi IPS memungkinkan layar meredam pantulan cahaya. Sehingga pengguna tidak akan merasa risih ketika melihat layar.
Urusan display visual laptop ini memanfaatkan kartu grafis dari AMD Radeon Vega. Dengan frame rate yang cukup baik dipakai untuk streaming maupun gaming.

Keamanan

Lenovo ThinkPad X395Namanya saja laptop kerja. Maka dibutuhkan sebuah fitur keamanan lengkap untuk melindungi kumpulan data penting di dalamnya. Maka tidak heran apabila Lenovo membekali Thinkpad X395 dengan fitur keamanan melimpah.

Beberapa fitur keamanan dalam laptop ini dibuat berlapis dan tersebar. Kensington lock slot jelas dapat ditemukan di laptop ini. Merupakan fitur standar untuk menghindari pencurian laptopmu. Terutama bila laptop sering ditinggal di kantor. Tentu dibutuhkan kunci tambahan apabila ingin menerapkan fitur ini.

Beralih ke model keamanan digital. Seperti keamanan pada fingerprint reader, di mana kamu dapat menerapkan opsi match-on-chip sehingga tidak sembarang jari dapat dipakai mengakses ke menu. Tentu saja yang dibutuhkan sidik jarimu atau si pemilik utama.

Proses autentikasi juga dapat dilakukan lewat aplikasi FIDO (Fast Identity Online) yang membutuhkan jaringan data yang terhubung dengan pusat keamanan. Serta TPM (Trusted Platform Module), sebuah enkripsi data pengamanan yang biasa diaplikasikan pada laptop kerja atau bisnis seperti halnya Thinkpad X395.
Kelengkapan keamanan semacam itu, tentu lebih membuat tenang pengguna dalam beraktivitas sehari-hari. Tak ketinggalan pula dengan durabilitas laptop yang sudah memiliki standar militer. Lengkap sudah.

Port & Konektivitas

Sebuah laptop kerja seperti Thinkpad X395 tentu memiliki perangkat konektivitas jaringan memadai. Dari urusan port sampai pilihan jaringan yang dapat diaplikasikan sudah komplit didapatkan dalam laptop ini.
Diawali dari interface pada casing. Kamu akan mendapati urutan USB 3.1 (gen 1 & gen 2). Ditambah lagi dengan USB type C (gen 2) sejumlah dua port yang dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai serta konektivitas perangkat lain.

Port lain untuk kebutuhan memori eksternal didapat dari keberadaan MicroSD card reader serta smart card reader. Apa itu smart card reader? Bila kamu belum tahu. Port ini diperuntukkan bagi kartu yang memiliki chip memori di dalamnya. Biasanya didapati pada kartu identitas atau keanggotaan tertentu.

Melanjutkan kebutuhan konektivitas pada Thinkpad X395. Ada native Ethernet serta HDMI 2.0 port juga. Tak ketinggalan keberadaan headphone/ mic combo, untuk terhubung dengan peragnkat audio speaker lain. Dan itu baru port serta konektivitas yang tampak.

Selanjutnya ada beberapa fitur konektivitas yang tertanam. Bluetooth 5.0 dan WLAN Intel 9260 Wireless-AC 2x2AX menjadi dua fitur pokok yang didapat. Yang lain adalah fitur WWAN (wireless wide area network) atau jaringan area luas nirkabel. Fitur ini memiliki perbedaan dalam hal pemanfaatan jaringan LTE, yang lebih luas, dengan WLAN.

Teknologi jaringan WWAN membuat laptop seolah berfungsi seperti sebuah ponsel. Mampu menerima sinyal yang lebih luas – biasanya dalam lingkup perkotaan – meskipun tidak ada area hotspot lokal. Namun kamu perlu melakukan konfigurasi pengaturan fitur ini di awal pengaktifan laptop. Atau bersama dengan ahlinya.

Performa Lenovo ThinkPad X395

Lenovo mengklaim bahwa Thinkpad X395, seperti semua laptop Thinkpad lain, telah melalui ujian yang cukup berat. Ujian yang dimaksud yakni 12 standar ujia kelas militer alias military grade. Membuat laptop ini memilki daya tahan terhadap kotoran, elevasi dan gravitas, serta tumpahan air di sekitarmu. Ingat, hanya tumpahan atau tetesan, jadi jangan sampai direndam air juga sih ya.

Casing dan cover sedemikian mantap. Didukung pula dengan jeroan mumpuni. Thinkpad X395 sudah didukung dengan 2nd Gen AMD Ryzen Pro APU. Pada unit yang kamu uji pakai, dibekali Ryzen 7 Pro 3700U. Prosesor bertipe U (Utility) identik dengan kemampuan multiguna. Sehingga tak heran apabila selain kebutuhan kerja dan bisnis, laptop ini juga sudah mampu menangani kerja grafis untuk gaming.

Prosesor kerja AMD tersebut berbasis 4 inti dengan 8 thread dan 10 inti GPU. Base clock-nya ada di angka 2.3 GHz dengan kinerja maksimal mencapai 4.0 GHz. Dengan temperature maksimal bertahan di angka 95 derajat. Laptop ini akan menyedot konsumsi di kisaran 15 – 25 watt bergantung pada penggunaan.

Hal tersebut didapatkan dari keberadaan kartu grafis Vega. Dengan AMD FreeSync™, tersedia pada layar FHD, tidak ada lagi putus-putus, serta tingkat bingkai (frame rate) dinamis dioptimalkan – kamu dapat lebih menikmati video dan permainan.

Terakhir adalah kemampuan baterai yang menjadi inti dari segala kerja di laptop. ThinkPad X395 dilengkapi dengan baterai menawarkan daya tahan baterai hingga 14.5 jam*. Dan jika kapasitas baterai sudah sedikit, teknologi Rapid Charge memberikan 80% kapasitas hanya dalam waktu sejam. Jadi dengan singgah 60 menit, Anda dapat secara mudah mendapatkan kapasitas baterai untuk digunakan hingga lebih dari 11.5 jam.

Kesimpulan

Tidak dimungkiri bahwa Lenovo Thinkpad X395 merupakan seri ujung tombak dari Lenovo. Dikhususkan untuk kerja dan bisnis, laptop ini hadir dengan ragam fitur untuk mendukung aktivitas tersebut. Harganya memang dapat dikatakan cukup tinggi terutama bila memilih isian terbaik.

Sepertinya memang tidak ada cela dari laptop ini. Bila desainnya dianggap kuno, tapi bagi kami justru itulah salah satu kekuatan seri Thinkpad. Membuatnya klasik dan elegan. Di akhir kata, laptop ini adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan produktivitas kamu.


Beli laptop Lenovo di official store:

SHOPEE.co.id LAZADA.co.id

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X395

Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lengkap

General

  • Device Type
    Laptop
  • Model / Series
    Lenovo ThinkPad X395
  • Released
    31 Oktober, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 13.150.000

Platform

  • Processor
    AMD Ryzen 7 Pro Mobile 3700U
  • VGA (Graphic Card)
    AMD Radeon Vega Gfx
  • RAM (Memory)
    16`GB
  • Storage
    512GB NVMe M.2 SSD
  • Operating System
    Windows 10

Body

  • Dimensions
    311,9 x 217,2 x 16,9mm
  • Display
    13,3 inci FHD IPS (1920x1080)
  • Battery
    Up to 14.5 hours* 48Wh
    Rapid Charge technology available with 65W AC

Connectivity

  • Webcam
    HD 720p with ThinkShutter privacy cover Optional: Hybrid Infrared (IR) with ThinkShutter
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0
  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    WWAN: Optional: Integrated Global Mobile Broadband LTE-A WLAN: Intel® 9260 Wireless-AC 2 x 2 AX LAN: Available via dongle only
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • I/O Interface
    2 x USB 3.1 (1 supports charging)
    USB-C
    HDMI
    4-in-1 SD card reader
    Headphone / mic combo
    DC jack

Other

  • Audio
    Dolby Audio™ Premium Dual far-field noise cancelling microphones
  • Features
    Keamanan:
    Fast Identity Online (FIDO) authentication capabilities
    dTPM 2.0
    Optional: Match-on-Chip touch fingerprint reader
    ThinkShutter, webcam privacy cover
    Smart card reader
    Kensington lock slot
85%
Powerful!

Review Lenovo ThinkPad X395

Dikhususkan untuk kerja dan bisnis, laptop ini hadir dengan ragam fitur untuk mendukung aktivitas tersebut. Harganya memang dapat dikatakan cukup tinggi terutama bila memilih isian terbaik.

Beli
Official Store Lenovo di Shopee
  • Design
  • Display
  • Perfomance
  • Features
  • Battery

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.