Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Oase QCY-T7: TWS Murah Fitur Meriah

0 2.057

Kehadiran True Wireless Stereo (TWS) atau earbud nirkabel atau terkadang disebut sebagai earbud pintar semakin diterima publik. Simpel, efisien dan trendi menjadi beberapa alasan produk teknologi audio nirkabel tersebut terus berkembang meninggalkan produk konvensional. Dan merek Oase menjadi salah satu merek yang konsisten melahirkan produk TWS menarik, salah satunya lewat OASE QCY T7.

Oase sendiri memang lekat sebagai salah satu produk aksesoris official untuk Oppo. Hal tersebut memperlihatkan bahwa mereka memang berkompeten menyajikan produk yang bagus. Ditunjang faktor lain seperti rentang harga Oase yang relatif terjangkau untuk pengguna di kelas entry-level. Serta banyaknya variasi produk yang ditawarkan.

Lalu, adakah fitur menarik lain dari earbud pintar Oase QCY T7 yang dapat diandalkan? Kehandalan apa saja yang dicari, tentu tergantung pada kebutuhan tiap pengguna TWS. Terlepas dari relativisme itu. Pada kesempatan kali ini, kami coba mengulas TWS bertampilan apik ini untuk kamu. Tidak lain untuk membantumu menemukan TWS yang tepat sesuai kebutuhan!

Desain

Oase QCY T7 desainTWS smart earbuds QCY-T7 memiliki desain yang lazim digunakan pada banyak produk serupa saat ini. Dengan komponen part untuk charging dibuat memanjang ke bawah. Kami sendiri lebih suka model seperti ini, sebab TWS jadi lebih mudah digenggam saat lepas pasang. Ditambahan balutan warna putih membuat tampilan TWS ini jadi semaking elegan, dong.

Nama smart earbuds yang diusung QCY-T7 juga bukan tanpa alasan. Bila diperhatikan pada desain sederhana pada TWS ini, disematkan beberapa fitur dan komponen teknologi seperti LED indikator, lubang noise cancellation di bagian atas earmuff, lubang mikrofon di bagian bawah, serta panel sentuh di tiap earbuds. Semuanya diletakkan pada tempat yang tepat tanpa merusak estetika desain.

Sementara itu, charging case QCY-T7 justru terlihat biasa saja. Berbentuk elips memanjang dengan mekanis buka tutup ke tempat penyimpanan TWS. Dilengkapi tombol dan lampu indikator untuk mengecek kondisi daya pada baterai di dalamnya.

Teknologi pada Oase QCY-T7

Konsep TWS hadir beriringan dengan berkembangnya teknologi nirkabel dalam dunia gadget. Semakin hari, keberadaan kabel sebagai media penghubung dianggap tidak efisien. Pada akhirnya hal tersebut menjadi tren dan simbol kekinian dari sebuah produk elektronik. Dan satu fitur teknologi yang paling mengambil peran ialah Bluetooth.

Peran Bluetooth pada sebuah produk TWS sangatlah besar. Demi tercapainya kondisi ideal menghubungkan dua perangkat yang berbeda. Seperti TWS dengan smartphone atau TWS dengan PC dan laptop. Itu disadari oleh Oase yang menjejalkan teknologi Bluetooth 5.1 pada QCY-T7 ini.

Bluetooth 5.1 merupakan versi ter-update dari teknologi Bluetooth saat ini. Lewat chip yang ditanamkan di dalam QCY-T7, membuat konektivitas menjadi lebih stabil. Memberikan kemampuan streaming nirkabel berkualitas tinggi dangan latensi yang rendah. Dan itulah yang diinginkan pengguna TWS, koneksi yang stabil.

Meski tentu saja konektivitas Bluetooth tersebut berbatas pada jarak dan ruang. Pada saat kami lakukan pengujian memakai TWS ini sambil berjalan-jalan, sementara smartphone kami tinggalkan di meja. Ada jarak toleransi radius sekitar 5 meter agar kualitas koneksi tetap stabil. Faktor ruang yang dipenuhi tembok dan barang-barang lain juga dapat berpengaruh pada hubungan kedua perangkat.

Sementara untuk urusan suara yang dihasilkan, QCY-T7 memiliki driver penghasil suaranya sendiri. Menggunakan modul driver untuk suara berdiameter 13 milimeter, tentu cukup untuk memberi hasil suara mumpuni di telinga. Ditambah desain lubang output yang memisahkan antara treble dan bass. Sehingga sensasi dentuman suara bass mendapat porsinya sendiri.

Pengaturan suara pada TWS ini juga dapat dilakukan lewat aplikasi penyerta. Ada enam variasi pengaturan mulai dari Default, Pop, Bass, Rock, Soft, dan Classic. Kamu pun dapat membuat pengaturan fungsi secara personal untuk menghasilkan output yang diinginkan. Prosesnya pun mudah, dengan menggeser titik-titik pada tabel suara dalam aplikasi.

Mengatur tingkat desibel yang sesuai selera pengguna.

Kedua komponen teknologi utama yang termuat di dalam TWS QCY-T7 tersebut, bekerja dengan cukup baik dan memuaskan. Ada sedikit kendala ketika melakukan proses pairing dengan perangkat lain. Terutama ketika kondisi TWS dalam keadaan mati atau berpindah perangkat (dari smartphone ke laptop), membuat aktivitas pairing tidak berlangsung lancar. Selebihnya sih aman saja.

Fitur Oase QCY T7

Panel sentuh yang tersemat di dalam masing-masing earbud merupakan highlight dari fitur QCY-T7. Panel tersebut memiliki peran utama dalam menjalankan berbagai fungsi lain dari TWS ini. Dimulai dari menyalakan perangkat lewat sentuhan tertahan 5 detik sampai indikator menyala biru. Kemudian mematikannya dengan sentuhan 2 detik sampai indikator menyala merah.

Fungsi lain setelah perangkat menyala dan terhubung, juga tidak kalah keren. Kamu dapat melakukan proses Play/Pause Music, pada berbagai aplikasi termasuk saat mendengar dari video Youtube lewat dua sentuhan ringan. Kemudian Skip Track Forward juga bisa dilakukan lewat sentuhan sekali di earbuds manapun.

Masih berlanjut ke fungsi Voice Assistant yang bisa diaktifkan setelah menyentuh panel sebanyak tiga kali. Menjawab dan mengakhiri panggilan, jika ada panggilan tentu saja, dengan menyentuh dua kali. Serta menolak panggilan masuk dengan menahan sentuhan pada panel selama dua detik.

Ragam fungsi yang didapat dari keberadaan panel sentuh QCY-T7 termasuk sangat apik dan menarik. Sebab menghilangkan tombol fisik yang perlu sedikit tenaga untuk mengaktifkkan fungsi tertentu, dan terkadang mengganggu kenyamanan.

Kemudian ada fitur mode berbagi dengan yang lain. Menjadikan tiap earbuds dapat dipakai oleh dua orang berbeda. Sinkronisasi dilakukan untuk mengubah fungsi tiap earbuds agar menjadi master dan memberi informasi audio yang serupa. Mode ini sangat berguna ketika kita hendak berbagi suara dengan orang lain, saat menelpon atau mendengarkan podcast.

Dan tentu saja, ada noise cancellation. Melalui penggunaan teknologi ENC (Electronic Noise Cancellation), yang dibuat untuk memberi kualitas suara optimal. Kamu dapat menikmati suara pada TWS tanpa terganggu dengan kebisingan di luar. Dan hal ini cukup membantu kita fokus pada suara yang dihasilkan, terutama saat menyimak informasi penting saat webinar.

Baterai

Oase QCY T7 hargaSelain kemampuan konektivitas yang stabil lewat Bluetooth. Faktor penting lain dari sebuah TWS terdapat pada daya tahan baterainya. QCY-T7 berusaha memenuhi kebutuhan tersebut lewat baterai berkapasitas 380 mAh pada charging case. Dengan durasi maksimal mencapai sekitar 17,5 jam lamanya. Dan mampu memberi kesempatan hingga 4 kali pengisian daya bagi earbuds.

Memiliki kapasitas sedemikian besar memberi kesempatan menikmati tayangan 8 buah film dan sekitar 262 trek audio. Sementara itu, mengacu pada fitur yang diberikan pada charging case, kapasitas baterai pada tiap earbuds sekitar seperempat dari keseluruhan daya.

Dilengkapi port pengisian USB Type C, membuat proses pengisian daya pada charging case lebih efisien. Apalagi charging case dapat diisi daya, meski TWS sedang kita gunakan. Jadi pengisian bisa berlangsung terpisah tanpa perlu menyatukan TWS dan charging case mengisinya bersamaan.

Aplikasi QCY

Oase juga memberikan kesempatan pada pengguna untuk mengoptimalkan fungsi TWS mereka dengan meng-install aplikasi tambahan ke dalam smartphone. Bisa didapatkan lewat PlayStore, aplikasi ini memuat fungsi pengaturan audio dan juga informasi tipe produk QCY lain.

Ada dua fungsi utama yang dapat dinikmati dari aplikasi QCY. Pertama, soal pengaturan audio yang sudah disebutkan sebelumnya. Kedua, kemampuan mencari letak perangkat TWS yang tertinggal lewat bantuan GPS. Selama perangkat TWS menyala, kordinat yang diberikan oleh aplikasi terlihat presisi.

QCY-T7
Pencarian perangkat menggunakan GPS smartphone.
QCY-T&
Sayang konten pada Aplikasi QCY masih berbahasa China.

Namun selebihnya, aplikasi QCY terlihat biasa saja. UI dan UX yang ditawarkan terlihat malas dan kurang mengakomodir kebutuhan pengguna. Apalagi saat berkunjung ke situsnya, untuk melihat jajaran produk lain. Bahasa dan huruf yang digunakan masih menggunakan tradisional dan bukan alfabet latin.

Begitu juga saat kami mengunjungi website resmi QCY yang tampak tidak terurus dan masih memberikan lini produk lama. Tentu hal ini perlu menjadi perhatian Oase bila ingin bersaing dengan merek lain untuk memberikan literasi terbaik kepada calon pembeli dan pengguna setia.

Kesimpulan

Oase QCY-T7 dibanderol dengan sekitar harga Rp 399.000. Murah meriah, dengan fitur menarik yang cukup lengkap dan keren. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, meski secara umum apa yang ditawarkan selaras dengan harga yang diberikan. Bagi kamu yang hendak mencoba menggunakan TWS dan beralih dari earphone konvensional, maka kami merasa produk ini cukup layak untuk dicoba.

Spesifikasi Oase QCY T7

OASE QCY T7Product Name: T7
Pairing name: QCY-T7
Bluetooth version: 5.1 (profiles HFP/HSP/A2DP/AVRCP)
Compatibility: Android 5.1 or above/ iOS 11 or above
Waterproof: IPX4
Operation range: 10m (open space with no obstacle)
Talk time: 3 hour Music time: 3.5 hour
Battery capacity (carry case): 380mAh
Top-ups by carry case: 4 top-ups for both earbuds
Charging port: Type-C
Oase QCY T7
7.4 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (1 vote)
Design7
Audio Quality7.5
Features7.5
Battery7.5
Pros
- Kualitas Audio Cukup Baik
- Kapasitas Baterai Mumpuni
- Panel Sentuh Multiguna
Cons
- Konektivitas Kadang Kurang Smooth
- Aplikasi QCY Seadanya
- Kalau dipakai lama, telinga agak sakit karena tidak pakai busa
Summary
Murah meriah, dengan fitur menarik yang cukup lengkap dan keren. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, meski secara umum apa yang ditawarkan selaras dengan harga yang diberikan.
Review Pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User Avatar User Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Tinggalkan Balasan