Review Game Pokémon UNITE: Punya Potensi Jadi MOBA Terbaik

Platform game smartphone akhirnya kedatangan judul baru, Pokémon UNITE, yang dirilis pada 21 September 2021. TiMi Studio, anak perusahaan dari Tencent Games, bekerja sama dengan The Pokémon Company menjadi pengembang untuk game ini.

Sampai artikel ini ditulis akhir Oktober 2021, game ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android di seluruh dunia. Dengan lebih dari 500ribu akun yang memberikan reviews. Sebelum dirilis untuk perangkat smarpthone, Pokémon UNITE telah lebih dahulu hadir untuk Nintendo Switch.

Mengusung konsep Multiplayer Online Battle Arena atau MOBA seperti halnya Mobile Legends maupun Marvel Super War, Pokémon UNITE diklaim lebih mudah dimainkan untuk seluruh kalangan. Berbeda dengan game sebelumnya Pokémon GO yang memiliki konsep mencari monster seperti seorang trainer, dan lebih terasa spesifik ditujukan untuk fans berat seri Pokémon saja.

Konsep MOBA memang terlihat lebih pas diaplikasikan pada game Pokémon untuk platform smartphone seperti ini. Gamer lebih mudah mendapatkan dan mengkesplorasi deretan Pokémon untuk segera dimainkan dalam sebuah arena pertarungan. Deretan karakter populer seperti Pikachu, Bulbasaur, hingga Charizard bahkan langsung dapat dimainkan di awal permainan. Total ada 25 Pokémon mengisi daftar roster dalam game ini.

Pokémon sendiri memang memiliki deretan karakter menarik dengan banyak fans yang terbangun puluhan tahun dari game terdahulu, serial televisi, ataupun film layar lebar. Bekal tersebut dapat mendorong banyak fans atau gamer untuk turut memainkan game ini. Namun dalam konsep game MOBA, bukan hanya soal daftar karakter saja yang dapat menarik perhatian. Ada juga pertimbangan items, ranking, matchmaking, maupun monetization sampai game tersebut dapat dinikmati secara utuh.

Sejauh mana Pokémon UNITE mampu memenuhi ekspektasi banyak gamer mobile? Itu yang coba kami tuliskan dalam ulasan singkat kali ini. Meski belum terlalu lama memainkannya, sehingga ranking maupun items yang kami dapat belum maksimal, tapi kami sudah memiliki mengantongi beberapa hal menarik dari bermain Pokémon UNITE. Dan inilah dia review game ala Gizmologi!

User Interface/ Experiences

Pokémon UNITE

Sajian user interface pada Pokémon UNITE terasa begitu user friendly. Gamer dapat mengatur berbagai hal melalui menu pengaturan yang sederhana dalam penyajian serta mudah dieksekusi. Mulai dari pengaturan sistem, kontrol, info, audio, hingga privasi akun sudah tersaji secara ringkas.

Bagi yang baru mencoba memainkan game berkonsep MOBA, mungkin masih perlu sedikit adaptasi terutama untuk mengenali penggunaan simbol pada menu antarmuka. Tapi itu tidak akan lama. Dan jika mau langsung bermain pun, gamer dapat dengan mudah mengakses tombol “Unite Battle” yang terpampang jelas di layar smartphone.

Pada bagian tengah beranda, kita dapat melihat karakter yang dibuat berdiri beserta satu Pokémon favorit. Kami sih melihatnya cukup keren ya, apalagi kalau yang jadi favorit adalah Pokémon berukuran besar seperti Charizard maupun Bulbasaur. Sayangnya, pose karakter tidak dapat diputar 360 derajat agar dapat dilihat dari berbagai sisi.

Daftar teman serta status online mereka dapat kita lihat pada sisi karakter. Sementara informasi jumlah coin dan gems terdapat di pojok atas. Kita dapat langsung mengakses menu transaksi jika hendak membeli gems melalui tanda ‘+’ di samping info tersebut.

Pada halaman Lobby, kita dapat segera melihat deretan teman satu tim yang akan bermain. Pilihan untuk mode permainan seperti Ranked, Standard, dan Quick Play juga dapat dengan mudah dipilih. Terdapat tiga ranking Beginner, Great, dan Expert untuk menandakan pengalaman bermainmu. Biasanya semakin tinggi ranking, maka semakin banyak juga skills dan items yang dimiliki.

Secara keseluruhan apa yang tersaji pada user interface game ini mudah dipahami dan dieksekusi langsung.

Baca juga: Review Unholy Adventure 3: Cerita Menarik Berbalut Visual Surealis

Visual Graphics

Screenshot 2021 10 19 18 55 37 35 e4a2857e7ed60b38c00338875a31da84

TiMi Studio menggunakan game engine Unity untuk mengembangkan Pokémon UNITE. Engine tersebut masih sangat mumpuni untuk sebuah game dengan visualisasi kartun tiga dimensi seperti ini. Sajian warna tidak perlu dibuat natural. Cukup dipenuhi dengan kombinasi warna menarik pada karakter Pokémon, arena, maupun jurus yang dikeluarkan saat bermain. Itu sudah cukup memanjakan mata.

Gamer pun dapat mengatur kualitas grafis dalam menu pengaturan, pada empat tingkatan berbeda ykani Low, Medium, High, dan Highest. Begitu juga pengaturan frame rate pada tingkat Low, Medium, dan High. Sistem game juga akan memberi tahu rekomendasi yang tepat digunakan sesuai dengan spesifikasi smartphone yang digunakan.

Pengaturan grafis yang tepat akan membuat alur bermain jadi lebih baik. Kami sendiri sempat menjajal untuk meningkatkan frame rate hingga ‘high’, meski direkomendasikan pada tingkatan ‘low’. Hasilnya, kami mendapati frame rate di kisaran 44 frame per detik. Dan permainan masih tetap berlangsung smooth tanpa gangguan apapun.

Tampilan visual grafis paling terasa ketika Pokémon yang kami mengeluarkan jurus ultimate atau disebut Unite Moves. Efek yang muncul dapat terlihat bisa tampak keren, terutama pada Pokémon dengan jurus agresif. Biasanya Pokémon dengan jenis attacker atau all-arounder.

Gameplay Pokémon UNITE

Pokémon UNITE

Sudah disebutkan bahwa Pokémon UNITE menggunakan konsep permainan MOBA, 5 lawan 5. Setiap tim dapat mengatur strateginya berdasarkan jenis Pokémon yang digunakan. Ada lima tipe Pokémon, seperti MOBA pada umumnya, yakni All-Arounder, Speedster, Attacker, Defender, dan Supporter. Tiap jenis tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dalam MOBA, tiap tim biasanya punya target untuk menghancurkan tower pertahanan lawan. Akan tetapi di sini, tower tersebut diganti dengan istilah goal zones. Dalam zona tersebut ada sebuah cincin bernilai 100 poin. Cara mengurangi nilai dan membuat cincin hilang, gamer harus memasukan Pokéball sebanyak mungkin ke dalamnya. Begitu terus sampai 5 cicin lawan hilang dari arena agar dapat memenangkan pertandingan. Jika jumlah cicin imbang, maka siapa yang memasukan poin dari Pokéball maka jadi pemenang.

Dengan aturan permainan seperti itu, membuat Pokémon UNITE terasa lebih ramah bagi gamer di usia anak. Sebab sajian aksi tidak melulu soal menghancurkan lawan. Dan percaya atau tidak, bagi kami yang jarang bermain MOBA, melihat aksi tersebut terasa menyenangkan. Saat mencetak skor selalu mendorong kami untuk kembali mengulangnya, lagi dan lagi.

Sayangnya sajian permainan Pokémon UNITE masih ada yang mengganjal. Terutama untuk alur komunikasi dan matchmaking-nya. Komunikasi dalam game ini agak sulit dilakukan secara spesifik, kecuali memanfaatkan perintah dan informasi default pada layar. Tidak ada komunikasi suara dalam game, maka penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Dischord menjadi sangat disarankan.

Kemudian soal matchmaking. Hal ini menjadi isu bahkan sudah dituliskan paara gamer pada kolom review game di Play Store. Proses matchmaking belum berlangsung dengan baik, sehingga kami sempat menemukan lawan yang sangat imba, membuat pertandingan jadi berat sebelah dan mudah dikalahkan. Begitu juga sebaliknya. Tapi menurut kami hal seperti ini akan segera diperbaiki pada update mendatang.

TiMi Studio dan The Pokémon Company juga sudah mempersiapkan game ini agar dapat dimainkan lintas platform alias cross-play. Gamer yang membuat akun dari perangkat berbeda, dapat bermain bersama selama mereka online dan masuk di tim yang sama.

Control

Pokémon UNITE

Tidak ada yang perlu dikeluhkan dari kontrol Pokémon UNITE. Secara umum kami merasakan game ini sangat mudah dipelajari dan dimainkan, termasuk soal kontrol dalam permainan. Gamer cukup menjalankan Pokémon menggunakan tombol navigasi pada satu sisi layar. Dan pada sisi lainnya diisi dengan tombol serangan, baik itu serangan basic maupun jurus per jurus dari si Pokémon.

Developer turut menyediakan menu pengaturan kontrol. Gamer dapat mengatur sesuai selera dan gaya bermainnya sendiri. Mau dibuat full manual atau otomatis, tergantung pada kebutuh bermain tiap gamer. Termasuk pengaturan gerak kamera pada tingkat sensitivitas berbeda, mulai dari Low hingga High. Intinya semua kebutuhan kontrol pada game disajikan secara apik.

Seperti salah satu tagline dalam game promo game, “Easy to Learn, Challenging to Master!” Pokémon UNITE memberi kemudahan kepada para gamer untuk dapat segera memainkan game ini dengan seru tanpa perlu direpotkan penguasaan gerak njelimet terlebih dahulu.

Monetization 

Pokémon UNITE

Tidak ada yang sepenuhnya gratis meski kita memainkan game yang diunduh gratis. TiMi Studio sudah mempersiapkan micro transaction dalam menu Pokémon UNITE. Mulai dari items, outfit, hingga karakter Pokémon dapat ditebus dengan mudah selama kita memiliki uang.

Tampilan toko dalam Pokémon UNITE disajikan dalam tampilan atraktif. Kita dapat menemukan tiga mode berbeda sebelum melakukan jual beli. Bila hendak mencari Pokémon untuk bermain maka masuk ke Unite Battle Committee. Sementara untuk pakaian dan tampilan dari event tertentu ada AEOS Emporium. Terakhir ada Zirco Trading yang memberi opsi skins agar tampilan Pokémon milik kita tampil lebih menarik.

Tapi semuanya bermuara pada pembelian gems pada awalnya. Dengan rentang harga mulai Rp 16.000,- hingga Rp 1.599.000,-, kita dapat memperoleh jumlah gems tertentu. Untuk selanjutnya dipakai membeli ‘kebutuhan’ kita saat bermain. Apakah berarti kita dapat ‘pay-to-win’? Tentu saja. Hanya menurut kami proses tersebut jadi kurang menarik dan tidak greget. Selain alasan penghematan juga, sih. Hehe.

Game Pokémon UNITE sebagai sebuah franchise dari dunia Pokémon, menurut kami, memiliki potensi untuk jadi game MOBA besar yang populer. Bahkan bisa jadi pesaing utama untuk MOBA yang lebih dulu eksis. Deretan Pokémon lucu jelas modal utama. Apabila gameplay dan detail lainnya ditingkatkan, bukan tidak mungkin kepopuleran itu makin cepat didapat.

Seperti saat kami mengunduh pertama kali game ini, rating yang didapat ada di bintang 3.8. Namun terakhir kami melihat rating berbarengan dengan menulis artikel ini, rating tersebut sudah melonjak di angka 4.1. Meski isunya dianggap jelek oleh gamer di Eropa dan Amerika, nyatanya pasar game besar di Asia Tenggara menerima game ini dengan cukup baik.

*Pokémon UNITE dimainkan dengan smartphone Realme 6 Pro.

Spesifikasi Game Pokémon UNITE

Publisher: The Pokémon Company & Tencet Games
Developer: TiMi Studio
Platform: Android, iOS, Nintedo Switch
Download: Google Play Store
Genre: MOBA; PvP
Harga: Free/In-Game Purchases
80%
Potensial!

Review Pokémon UNITE

Game Pokémon UNITE sebagai sebuah franchise dari dunia Pokémon, menurut kami, memiliki potensi untuk jadi game MOBA besar yang populer. Bahkan bisa jadi pesaing utama untuk MOBA yang lebih dulu eksis.

  • User Interface
  • Graphics
  • Gameplay
  • Control
  • Monetization
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.