Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Realme 2 Pro: Kombinasi Kinerja Powerful dengan Desain Stylish

Tanggal 9 Oktober 2018 menjadi hari bersejarah bagi Realme. Hari ini, mereka meresmikan kehadirannya di pasar Indonesia dengan membawa dua produk andalannya sekaligus, yaitu Realme 2 dan Realme 2 Pro. Sebelumnya, sub-brand dari OPPO ini telah membuktikan ketangguhannya di pasar India dengan penjualan yang laris manis.

Apakah mereka akan mengulang kesuksesan serupa di Indonesia? Tentu saja terlalu dini untuk menjawabnya. Karena ini juga baru hari pertama. Namun jika melihat keagresifan mereka yang sebelum peluncuran ini saja sudah gencar berpromosi, bukan tidak mungkin hal serupa akan terjadi.

Indonesia menjadi negara di Asia Tenggara pertama yang menjadi target pertumbuhan penjualan smartphone Realme. Mereka percaya diri bisa menjadi “game changer” di pasar Indonesia dengan fokus menyediakan smartphone yang memiliki kinerja cepat dan desain stylish untuk anak muda dengan harga yang terjangkau.

Smartphone Realme memiliki konsep ‘power meets style’ atau integrasi dari kinerja yang cepat dan desain yang trendi telah berhasil menginspirasi dan menarik jutaan pengguna. Apakah itu hanya sekadar jargon saja atau memang begitu adanya? Mari kita buktikan saja melalui review Realme 2 Pro berikut ini.

Kedua produk ini, baik Realme 2 maupun Realme 2 Pro bisa dibilang adalah kembaran. Ada banyak kemiripan di antara keduanya. Namun embel-embel ‘Pro” pada Realme 2 Pro menegaskan bahwa perangkat ini memiliki kemampuan yang lebih dibanding saudaranya.

DESAIN

Realme 2 Pro vs Realme 2
Realme 2 Pro (kiri) dan Realme 2 (kanan). Kamu suka yang mana?

Dari segi desain, smartphone Realme 2 Pro memiliki  casing belakang yang unik, memberikan kepuasan saat digenggam dan juga dari segi visual. Realme 2 memiliki desain Dewdrop back cover ini membawa kesan transparan, trendi, dengan kualitas yang tinggi. Pada ujungnya, kombinasi R-corner dan C-corner yang sangat presisi memberikan kenyamanan untuk digenggam.

Pihak Realme mengungkapkan bahwa untuk menghasilkan crystal like dewdrop cover ini, injection molding dilakukan berulang kali, dan 13-15 lapis laminasi dibuat dengan proses yang tidak sederhana. Setiap lapis dipanaskan selama 20-60 menit untuk menyatukannya secara atomik.

Dibandingkan dengan Realme 2 yang memiliki desain unik dengan diamond-section look , konsep desain dari Realme 2 Pro ini agak berbeda. Jika Realme 2 lebih berkilau dan menonjol, Realme 2 Pro tampil lebih kalem dan elegan. Tentu saja ini adalah soal selera.

Oke, sebelum lanjut ke bagian bawah, tonton dulu yuk video hands-on Realme 2 Pro berikut ini dan sekalian subscribe ya 😉

LAYAR

[publitio]https://publit.io/publitio-wordpress/Wv9kZcvJ//player_html[/publitio]

Realme 2 Pro merupakan yang pertama di kelasnya yang hadir dengan layar 6.3-inci FHD dewdrop full screen dengan rasio 90.8%. Dirancang untuk kenyamanan pengguna, ponsel ini terasa seperti ponsel dengan layar ukuran 5.5-inci saat digenggam.

Secara umum, kualitas layarnya cukup baik. Mereproduksi gambar yang kaya warna dengan detail dan tajam. Layar sentuhnya pun enak digunakan untuk mengetik. Antarmukanya yang memakai Color OS 5.1 sangat familiar bagi yang sebelumnya pernah menggunakan OPPO. Tak hanya itu, layar ini juga dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 menjadi lebih tahan terhadap abrasi dan goresan dibandingkan dengan ponsel lain.

KAMERA

Realme2ProCamPonsel pintar ini memiliki dual rear camera, dengan kamera utama 16 megapiksel serta sensor 1/2.8 inci Sony IMX 398 dengan 1.12μm unit pixel area. Kamera ini mendukung dual piksel yang sangat cepat untuk menangkap momen istimewa; bukaan F1.7 memiliki 60% lebih banyak umpan cahaya daripada F2.2, solusi yang efektif untuk gambar yang gelap, buram, dengan performa bokeh yang lebih kuat. Kamera sekunder bekerja untuk mengukur jarak spasial pada objek dalam mode portrait.

Untuk memastikan jarak lensa kamera jatuh dalam kisaran yang ditentukan, lensa Realme 2 Pro dirancang dengan sedikit tonjolan. Berbeda dengan dewdrop back cover, sekeliling lensa pada ponsel terbuat dari logam dengan permukaan ditutupi oleh high transparency sapphire, tahan lama, anti-gores, dan memastikan lebih banyak umpan cahaya.

Performa Snapdragon 660AIE yang sangat bertenaga mampu mendukung AI Album Realme 2 Pro untuk mengedit gambar dan video dengan lebih banyak pilihan. Album ini akan merekam dan memperhatikan kebiasaan edit gambar yang dilakukan oleh pengguna dan mengenali wajah untuk membuat album foto individual dengan nama, yang dapat diatur kembali secara manual. Judul dan musik yang menjadi latar video dapat di edit, ditambahkan secara manual, dapat membuat quick/slow motion, pengambilan gambar jarak jauh atau dekat, special effect, edit tema, serta memperbarui filter dan musik.

 AI Beauty 2.0, beauty upgrade, dan smart group photographing recognition mampu membedakan pria dan wanita melalui kamera. Dengan 296 titik identifikasi, fitur ini dapat menghasilkan kecantikan (beautification) yang lebih dipersonalisasi. Fitur ini juga mampu mempercantik wajah dan anggota tubuh secara bersamaan sehingga menghasilkan efek yang sempurna dan konsisten. Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil gambar hingga empat orang dalam satu frame, dengan hasil beautification yang disesuaikan dengan jenis kelamin masing-masing.

Hasil foto
Bersantai

Lampu

Bunga hiasan di meja

Di dalam bus
Malam hari

Hasil foto Selfie dengan Realme 2 Pro

FITUR

[publitio]https://publit.io/publitio-wordpress/pR7Bv5w0//player_html[/publitio]

Realme 2 Pro hadir dengan basis Android 8.1 dengan Color OS 5.2 AI System yang memiliki beragam fungsi  dan fitur melimpah untuk memudahkan pengguna.

Di antaranya adalah screenshot dengan tiga jari dan long screenshot, mendukung fitur edit and share.  Juga fitur yang menampilkan waktu dan ukuran perekaman video layar (screen recording) sehingga pengguna dapat mengetahui secara real time. Kualitas screen recording dapat diatur pada tingkat 720p atau 480p.

Kemudian Clone phone yang memindahkan data dari perangkat yang lama ke perangkat baru cukup melalui Scan QR code. Tanpa perlu kabel data, mampu memproses transmisi data dengan cepat, dan menampilkan real-time display dari proses cloning.

Ponsel ini juga memungkinkan penggunaan dua akun media sosial secara bersamaan, misalnya WhatsApp jika memiliki dua nomor berbeda. Kemudian smart play video yang dapat tetap mengeluarkan suara ketika layar menampilkan posisi background atau padam.Juga kalkulator fungsional yang tidak hanya sekadar menghitung sederhana, tetapi juga menghitung  scientific, konversi mata uang, dan konversi pengukuran (panjang, area, volume, kecepatan, berat, suhu, daya, dan tekanan).

File sampah atau Junk dan fragmentasi pada file terbentuk dengan sendirinya saat ponsel digunakan sehari-hari. Realme 2 Pro memiliki fitur super cleaning yang dapat menghapus junk pada penggunaan WhatsApp, Facebook, messenger, dan aplikasi lain yang sering digunakan.

Bagi gamers, ponsel ini memiliki Game Space yang akan diaktivasi secara otomatis. FItur ini mengumpulkan dan mengoptimalisasi lebih dari 40 game yang populer. Optimalisasi untuk permainan yang sedang hits seperti PUBG dan AOV. Mode high frame rate dapat dibuka pada AOV, HD image quality dan high frame rate juga dapat dirasakan pada PUBG.

Selanjutnya dalam hal keamanan, pada keadaan darurat, operating system pada ponsel dapat secara otomatis mengunduh patches, memperbaiki loopholes, memberhentikan malicious attempt tanpa me-restart perangkat.

Juga ada Facial Unlock yang mampu mengidentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan presisi yang tinggi. Pengguna cukup mengarahkan perangkat menghadap ke wajah, maka smartphone akan ter-unlock secara instan. Ketika pencahayaan kurang baik seperti pada malam hari, unlocking dapat tetap dilakukan berkat layar yang terang. Facial unlock dapat bekerja dalam 0.1 detik.

Sistem juga akan mengetahui secara otomatis ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit. Ketika Smart Driving dinyalakan, perangkat akan mendukung mode Do Not Disturb saat ada telepon atau aplikasi messenger untuk keamanan saat berkendara.

Dalam hal konektivitas, Realme 2 Pro mendukung dual SIM, dual 4G dan dual VoLTE. Kedua SIM dapat digunakaan bersamaan pada koneksi jaringan 4G dan VoLTE. Pada koneksi WLAN, Realme 2 Pro menawarkan koneksi 5GHz yang lebih baik dan lancar daripada 2.4GHz.

KAPASITAS

Untuk kapasitas penyimpanan, Realme 2 Pro hadir dengan RAM 8GB LPDDR4X dan 128GB ROM, mendukung tambahan microSD hingga 256GB. LPDDR4X four-channel memory meningkatkan frekuensi pemrosesan, menghemat hingga 40% konsumsi daya, membuka aplikasi lebih cepat, dan menjalankan banyak aplikasi dengan mulus. Teknik flash memory UFS 2.1 mentransmisikan data dengan lebih efisien, menyimpan dengan lebih cepat dan aman. Realme 2 Pro menawarkan pilihan 4+64 dan 6+64 dengan harga yang lebih terjangkau.

KINERJA

Realme 2 Pro ditenagai oleh octa-core Qualcomm Snapdragon 660AIE, Adreno 512 GPU, sensor hub Qualcomm All-Ways Aware™ dan HVX. Dengan performa yang tinggi, ponsel ini dapat bekerja dengan sangat efisien.  Pemrosesan sinyal digital, pencarian WiFi, Bluetooth, koneksi komunikasi – semua dapat dilakukan dalam mode hemat daya (low power mode).

Kapasitas baterai 3500mAh, dikombinasikan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang dapat mengontrol konsumsi daya dan fitur AI, membuat baterai Realme 2 Pro dapat bertahan tanpa pengisian ulang saat digunakan sepanjang hari. AI sleeping mode dapat mengatur strategi penghematan daya dengan mengurangi konsumsi daya yang tidak penting, tanpa mengurangi fungsi ponsel.

SPESIFIKASI REALME 2 PRO

Realme 2 Pro
Klik pada gambar di atas untuk spesifikasi lebih lengkap

General

Device Type Smartphone
Model / Series Realme 2 Pro
Released 10 Oktober, 2018
Status Available

Platform

Chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm) AIE
CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260)
GPU Adreno 512
RAM (Memory) 4/6 atau 8 GB (LPPDDR4X)
Storage 64GB/128GB
Operating System Android 8.1 (Oreo)
User Interface Color OS 5.1

Design

Dimensions 156.7 × 74.0 × 8.5mm
Weight 174 gram
Design Features Desain dewdrop kristal
Battery Non-removable Li-Ion 3500 mAh battery

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed GPRS, EDGE, HSPA+, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.3 inches, resolusi 1080×2340 pixel, 19.5:9 ratio
Touch Screen Yes
Features Corning Gorilla Glass 3
Color OS 5.1

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 16 MP, f/1.7, 1/2.8", 1.12µm, PDAF 2 MP, depth sensor
Front 16 MP, f/2.0
Flash Yes
Video [email protected]
Camera Features Rear 6P lens, IMX398, HDR, Panorama, Time-Lapse, Beauty Face

Connectivity

Wi-fi WLAN 2.4G, WLAN 5G
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - MP4/H.264/FLAC player
- MP3/eAAC+/WAV player
- Document viewer
- Photo viewer/editor
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Light & distance sensor, acceleration sensor, gyroscope, geomagnetic sensor
Tunjukkan Komen (8)