Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Realme 3 Pro: Smartphone Flagship Terjangkau untuk Anak Muda

Desain keren, kamera powerful dan masa pakai baterai yang panjang dengan isi ulang cepat adalah tiga keunggulan utama ponsel flagship anak muda ini.

Sebagai merek baru, pencapaian realme di pasar Indonesia cukup mengagetkan. Betapa tidak, sejak rilis produk perdana seri realme 2 hingga realme 3 laris manis di pasar. Bahkan untuk yang realme 3 berhasil memecahkan rekor penjualan sebanyak 21 ribu unit hanya dalam waktu 3 menit flash sale di Lazada. Kini, produsen smartphone tersebut merilis varian baru yang lebih powerful yaitu realme 3 Pro.

Realme menyebut, produk terbarunya ini sebagai smartphone flagship untuk anak muda dengan #KecepatanNgebut. Bukan tanpa alasan, karena realme 3 Pro merupakan smartphone pilihan terbaik dalam rentang harga Rp 3 juta dengan pengalaman performa layaknya produk flagship yang membidik pasar anak muda di Indonesia.

Nah, daripada penasaran seperti apa, yuk simak review realme 3 pro berikut ini.

DESAIN

“Kecepatan” menjadi key message dari hadirnya realme 3 Pro. Ternyata ini tak hanya terkait dalam hal performa saja, tapi juga dimulai sejak perancangan desain. Berbicara mengenai kecepatan, perhatian biasanya tertuju ke mobil balap. Itulah yang kemudian menjadi dasar para desainer realme yang merancang produk ini dengan elemen campuran trek sirkuit Le Mans di Prancis.

Konsep tersebut diterapkan pada casing bagian belakang yang menghasilkan Efek Light Grating berbentuk S yang unik dengan memanfaatkan pantulan cahaya dan pembiasan. Pola berbentuk S ini menyerupai chicane paling menantang dan menarik dalam balap.  Selanjutnya menggunakan pendekatan dualitas pola pengerjaan cahaya yang lebih maju yang menampilkan pola kisi-kisi dengan efek visual berlipat ganda.

Di Indonesia, realme 3 Pro tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Lightning Purple dan Nitro Blue yang secara kreatif mengadopsi colorway gradient miring. Menghasilkan kombinasi pola, efek cahaya kisi, efek warna gradien dan efek visual yang konsisten.

Dalam hal material, realme 3 Pro memakai bahan pelat komposit plastik optik 3D yang membuatnya bisa lebih tipis dengan sentuhan yang lebih baik, bobot yang lebih ringan, dan ketahanan yang lebih baik. Keseluruhan desain ini membuat penampilan realme 3 tidak hanya keren, tetapi juga unik.

Tapi sebelum berlanjut ke pembahasan selanjutnya, ada baiknya kamu menonton video unboxing berikut ini

LAYAR

Pada bagian layar ini, tidak ada perbedaan signifikan dibanding varian realme 3. Ponsel ini masih menganut desain layar dewdrop atau waterdrop dengan poni yang mungil di atas layar. Poni tersebut tempat untuk menaruh kamera depan, sensor cahaya, dan sensor jarak.

Receiver ponsel dengan desain transmisi kanal suara baru juga diintegrasikan ke dalam “dewdrop” kecil yang tertanam di bagian atas layar. Upaya- upaya ini berhasil menemukan keseimbangan antara produksi massal, rasio screen-to-body yang tinggi, serta fungsionalitas. Selain itu, layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang lebih tahan.

Dengan layar berukuran 6,3 inci dan bezel lebar 1,55mm, realme 3 Pro menawarkan rasio screen-to-body 90,8%. Hal ini membuat tampilan lebih lebar dan mampu menampilkan informasi yang lebih efisien. Serta pengalaman visual yang imersif saat melihat gambar dan menonton video.  Respon layar sentuhnya pun bagus, nyaman dipakai untuk mengetik pada keyboard virtual.

KAMERA

Bagi saya, kamera adalah fitur yang paling menarik perhatian di realme 3 Pro. Betapa tidak, dengan banderol harga Rp3 jutaan, ponsel ini dibekali dengan fitur dan kemampuan kamera yang mumpuni. Bahkan jika dibandingkan dengan ponsel yang harganya lebih mahal.

Realme 3 Pro secara signifikan meningkatkan konfigurasi perangkat keras pada pendahulunya. Dual camera di bagian belakang kini merupakan kombinasi  sensor 16MP (Sony IMX519 1/2,6 inci) + kamera sekunder 5MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama adalah 1.22um dan dengan aperture besar f/1.7.

Bagaimana dengan kemampuan kameranya? Tak hanya hardware yang solid, software kameranya pun cukup baik dalam membantu mengolah gambar. Realme 3 Pro dibekali AI scene yang dapat mengenali 16 jenis obyek independen dan 100 kombinasi scene yang secara otomatis memilih strategi pencahayaan terbaik untuk dynamic range dan rasio kontras yang lebih baik. Mode pemotretan yang tepat kemudian dicocokkan dan disesuaikan untuk menghadirkan persepsi keseluruhan gambar yang lebih baik.

Ponsel ini juga mendukung pengambilan gambar ultra HD yang menghasilkan resolusi 64MP berkat teknologi sintesis multi-frame. Dan sebagaimana di seri realme 3, kameranya telah dibekali fitur unggulan Nightscape dan Chroma Boost.

Kualitas gambar Nightscape diperbaru di sini. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame, dan algoritma anti-shake, mode Nightscape secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Mode Nightscape meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup ekstrem, sehingga meningkatkan kegunaan ponsel dalam kondisi kurang cahaya.

Begitupun dengan  mode Chrome Boost yang ditingkatkan. Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan dynamic range yang lebih besar, dengan detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, serta eksposur yang lebih seimbang. Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik.

Nah, ada satu yang berbeda yakni tambahan fitur gerak lambat. Buka hanya gerak lambat biasa, melainkan super slow motion dengan pengambilan gambar video 960fps/720P. Fitur ini sebelumnya hanya ada di smartphone flagship seperti Galaxy Note9, Galaxy S10, Huawei Mate 20, dan sebagainya yang memperlambat momen indah dalam hidup agar lebih menyenangkan. Bahkan di OPPO sekalipun, yang merupakan orang tua dari realme – fitur tersebut belum diadopsi.

Semua itu tak lepas dari penggunaan sensor flagship Sony IMX519 yang dikenal tangguh. Sensor ini juga telah dipakai sejumlah smartphone papan atas seperti OnePlus 6T, Oppo Find X, Oppo 15 Pro, dan sebagainya.

Kamera Selfie

Sementara itu untuk kamera depan kualitasnya juga ditingkatkan ke resolusi 25M. Sensor kamera selfie ini memiliki aperture besarf/2.0, ukuran sensor 1/2,8 inci, dan mendukung sintesis 4-in-1 piksel dengan ukuran piksel 1,8um. Selfie yang diambil dengan realme 3 Pro dapat menghasilkan kualitas foto lebih baik dalam hal eksposur, restorasi detail, dan presentasi warna.

Untuk kamera depan, telah dibekali dengan sejumlah fitur seperti AI Beauty, Beautify, dan Portrait 2.0. Untuk AI Beauty ini, realme 3 Pro mengadopsi menggunakan algoritma SelfiePro realme U1 yang secara tepat dapat mengembalikan detail kualitas kulit, mata, dan rambut melalui 296 titik identifikasi wajah.

Kemudian untuk mode Beautify yang bisa mendukung rup selfie bisa membedakan gender sehingga yang cowok tidak terlihat cantik, tapi ganteng. Realme 3 Pro menawarkan mode kecantikan selfie grup yang menampilkan algoritma yang secara otomatis mengidentifikasi jenis kelamin dalam foto yang sama untuk menerapkan

Selanjutnya pada mode Portrait 2.0 meningkatkan efek pencahayaan dan filter mode potret didasarkan pada analisis intensif data tentang tren pandangan estetika orang dan mempelajari banyak hal foto yang diambil dengan kamera selfie. Secara fungsional, kamera depan realme 3 Pro menyediakan 5 mode potret canggih khusus yang paling banyak diterapkan dan paling berkelanjutan, selain fitur kecantikan dan bokeh yang cerdas.

Hasil foto realme 3 Pro

Foto di siang hari
Foto malam hari dengan mode Auto
Foto malam hari dengan mode Nightscape
Related Posts
1 daripada 234
Kamera belakang dengan mode portrait
Hasil foto kamera depan dengan mengaktifkan fitur Beautify
Hasil foto kamera depan dengan mode portrait

Timelapse

Untuk hasil foto realme 3 Pro, silakan kunjungi galeri Google Photos berikut ini.

FITUR

Didukung oleh sistem ColorOS 6.0 besutan OPPO, realme 3 Pro mengadopsi filosofi desain tanpa batas dan menggunakan area kosong untuk mengganti garis pemisah guna mengurangi rasa pemisahan visual dan menghadirkan antarmuka yang lebih murni. Pengguna dapat memperoleh informasi lebih efisien saat menggunakan ponsel. Jumlah penetrasi warna yang tepat meningkatkan kualitas visual keseluruhan ke tingkat yang lebih menarik.

Terdapat penambahan mode pengendaraan motor. Di mana selama perjalanan, semua notifikasi dibisukan dan penelepon yang diizinkan masuk dapat diatur dengan panggilan lain ditolak dan secara otomatis menjawab dengan SMS. Panggilan masuk ditampilkan dalam font besar/tombol besar. Hanya pickup/hang-up yang disediakan.

Fitur lainnya adalah kartu pencocokan layar negatif: Asisten cerdas telah mengalami perubahan versi baru. Antarmuka utama dan antarmuka kartu langganan sepenuhnya dioptimalkan untuk menghadirkan antarmuka yang lebih jelas dan lebih indah.

Nah, bagi para gamers, terdapat fitur Game Space yang secara kolektif mengelola aplikasi game dan menyediakan optimisasi pengalaman bermain yang bermanfaat untuk memberikan pengguna pengalaman bermain game bebas gangguan dan lebih dalam.

Game yang diunduh dapat ditemukan di Game Space kapan pun ingin bermain, dan momen spektakuler Anda dalam game dapat direkam dan dibagikan kepada teman secara real time. Semua disediakan untuk pengalaman permainan yang lebih mendalam dan lebih nyaman. Anda dapat menyesuaikan mode permainan di Game Space sehingga ponsel berfungsi dalam performa terbaik saat Anda bermain game.

KINERJA

Apa makna dari #KecepatanNgebut yang ditahbiskan realme pada produk ini? Ini karena realme 3 Pro mengusung prosesor Snapdragon 710 AIE yang dibangun dengan proses 10nm dan GPU Adreno 616. Dengan bekal tersebut, realme 3 Pro menawarkan performa pemrosesan gambar dan pengalaman gaming terbaik di antara kompetitor dalam kisaran harga yang sama

Sebagia informasi, Snapdragon 710 yang diproduksi dalam fabrikasi 10nm dan arsitektur delapan inti Kryo, realme 3 Pro dapat mencapai kecepatan clock hingga 2.2GHz. GPU Adreno 616 menjamin rasa visual yang nyata dan rendering gambar 3D yang lebih efisien dan canggih, dan kompatibel dengan API grafik terbaru, dengan kapasitas pemrosesan grafik paling kuat dalam kisaran harga yang sama.

Dari pengujian dalam penggunaan selama beberapa hari-hari, realme 3 Pro memang gahar. Dipakai untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan, tidak ditemui lag. Begitupun ketika digunakan untuk bermain PUBG Mobile, lancar jaya.

Langkah realme 3 Pro yang membawa prosesor Snapdragon 710 di level harga Rp3 jutaan adalah langkah yang berani. Karena ini adalah prosesor high-end yang jika di kompetitor harganya bisa di atas Rp 5 jutaan. Komitmen untuk menghadirkan perangkat berkualitas dengan harga terjangkau bisa terlihat di sini.

BATERAI

realme 3 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4045mAh, lebih unggul dari model pesaing dalam kisaran harga yang sama. Masa pakai baterai yang panjang memungkinkan

pengguna untuk menggunakan ponsel lebih lama dibandingkan pesaing. Dan melalui CABC (Content Adaptive Backlight Control), realme 3 Pro dapat secara dinamis menyesuaikan rasio kontras konten, memastikan gambar dikenali dengan tetap mempertahankan kecerahan rendah, mengurangi arus di layar dan menghemat daya. Perbedaan antara Screen Battery Optimization Mode hidup dan mati hampir tidak terlihat dalam penggunaan sehari-hari. Screen Battery Optimization Mode menyediakan Mode Seimbang dan Mode Efisiensi Energi Tinggi untuk dipilih, memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

realme 3 Pro mengusung teknologi pengisian daya VOOC 3.0 baru (pendekatan pengisian daya arus rendah bertegangan rendah*), dengan daya pengisian 20W (5V4A) dapat menghidupkan kembali baterai yang kosong dengan cepat.

Dibandingkan dengan pendekatan pengisian cepat bertegangan tinggi, VOOC 3.0 hanya membutuhkan satu transformasi tegangan pada adaptor. Ini memberi VOOC 3.0 efisiensi transformasi daya yang lebih tinggi dan kecepatan pengisian yang lebih cepat. Ini juga mengurangi panas yang dihasilkan di adaptor dan di ponsel. VOOC 3.0 realme 3 Pro dua kali lebih kuat dalam pengisian daya daripada yang digunakan pada realme 2 Pro, pendahulunya. Baterai 4.045mAh dapat diisi hingga 50% dalam 30 menit, dan 100% dalam 80 menit.

Pemanasan yang lebih rendah dan efisiensi pengisian yang lebih tinggi memastikan bahwa realme 3 Pro mengisi daya secara efisien sambil menangani tugas-tugas berat.

Harga Realme 3 Pro

Realme memasarkan seri 3 Pro ini dalam dua varian. Pertama, kapasitas dengan 4GB RAM + 64 GB ROM yang dibanderol dengan harga Rp2.999.000. Kedua, kapasitas 6 GB RAM + 128 GB ROM yang dipasarkan dengan harga Rp 3.699.000.

Realme 3 Pro mulai dipasarkan secara presale pada tanggal 9 Mei 2019 jam 11.00 WIB di situs belanja Lazada. Pelanggan yang melakukan pemesanan hingga tanggal 10 Mei di seluruh toko ritel realme akan memperoleh cashback Rp100 ribu. Selanjutnya penjualan perdana tanggal 11 Mei 2019 di seluruh Indonesia.

Kesimpulan

Tak salah jika realme menyebut ponsel ini sebagai flagship untuk anak muda Indonesia. Tampilan desainnya drancang memikat dengan memperhatikan aspek detail. Kualitas layarnya mumpuni. Terlebih kemampuan kameranya yang sangat handal, termasuk di kondisi gelap yang bisa diadu. Belum lagi dapur pacunya yang termasuk kelas atas. Dengan harga Rp3 jutaan, tak pelak lagi realme 3 Pro adalah pilihan terbaik saat ini.

Spesifikasi realme 3 Pro

Realme 3 Pro Blue Spesifikasi
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lengkap

General

  • Device Type
    Smartphone
  • Model / Series
    Realme 3 Pro
  • Released
    08 Mei, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    RAM 6GB + ROM 128GB = Rp 3,699 juta; RAM 4GB + ROM 64GB= Rp2,999 juta.

Platform

  • Qualcomm Snapdragon 710 AIE
  • CPU
    10nm CPU technology CPU up to 2.2Ghz frequency
  • GPU
    Adreno 616
  • RAM (Memory)
    4GB / 6GB
  • Storage
    64GB/ 126GB, Storage expandable hingga 256GB
  • Operating System
    Android 9 (Pie)
  • User Interface
    Color OS 6

Design

  • Dimensions
    75.6mm*156.1mm*8.3mm
  • Weight
    175 gram
  • Design Features
    Warna: Lightning Purple, Nitro Blue
  • Battery
    4045mAh

    Support 5V4A charger

Network

  • Network Frequency
    GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
    GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Data Speed
    4G LTE

Display

  • Screen Type
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size and Resolution
    16cm (6.3 inches), resolusFHD+ 2340 by 1080 pixels, Aspect Ratio: 19.5 : 9
  • Touch Screen
    Yes
  • Features
    Dewdrop Full Screen
    Night display: Color temperature adjustment
    Corning Gorilla Glass 5

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear)
  • Rear
    16MP+5MP, 1.22μm Large pixel, 1/2.6‘’ sensor size, Aperture: f/1.7 +f/2.4
  • Front
    25MP, f/2.0 Aperture, 1/2.8 Sensor Size 4 in 1 Pixels 1.8μm Large pixel
  • Flash
    Yes
  • Video
    4K 30FPS 1080P, 30fps 720P, 30fps 720p slow motion, 960fps 1080p slow motion, 120fps
  • Camera Features
    Dual Pixel Fast Focusing
    Flash/Soft Light: Back LED Flash
    Nightscape
    Ultra HD
    Chroma Boost
    Portrait Mode
    Expert Mode
    HDR

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    802.11b/g/n, 2.4GHz
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    v4.2
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    - MP4/H.264/FLAC player
    - MP3/eAAC+/WAV player
    - Document viewer
    - Photo viewer/editor
  • FM Radio
    Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5
  • Messaging
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    E-Compass Light Sensor
    Proximity Sensor Gravity Sensor Accelerometer Sensor Fingerprint Sensor OTG
83%
Awesome

Review realme 3 Pro

Tak diragukan lagi, realme 3 pro adalah smartphone terbaik di rentang harga Rp3 jutaan. Bisa dibilang, realme 3 pro adalah flagship-nya anak muda

Beli realme 3 Pro
Promo realme 3 Pro di Lazada
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Features
  • Battery
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.