Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Dell Inspiron 13 5368, Laptop 2in1 Hybrid yang Ramping dan Handal

0 3.661

Laptop 2 in 1 yang bisa berfungsi sekaligus sebagai tablet bukan lagi hal baru. Karena hampir semua produsen laptop berbasis Windows telah mengadopsinya. Namun segmen ini tetap menarik perhatian karena desain fungsionalnya. Dell, produsen asal Amerika Serikat inipun sudah pasti masuk ke segmen ini. Salah satu produk relatif baru yang kami review adalah Dell Inspiron 13 5368.

Dell Inspiron 13 5368 memiliki layar sentuh sebesar 13.3 Inch yang terbilang sangat ideal untuk laptop yang bisa digunakan dalam berbagai mode.  Dengan harga di kisaran IDR 8,5 jutaan, notebook hybrid ini menyasar kelas menengah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan lengkap Dell Inspiron.

Desain

Dell memiliki sejarah panjang dalam menciptakan laptop berkualitas, baik dari kelas premium hingga low-end. Produk besutannya dikenal kokoh dan awet. Dell Inspiron 13 5368 tentu bukan pengecualian. Kualitas pengerjaan atau build quality-nya terlihat sangat baik. Produk ini terasa kokoh terutama pada engselnya yang punya peran sentral, tidak terlihat ringkih.

Dell Inspiron 13 5368 adalah  salah satu laptop hybrid yang memiliki ukuran ringkas dan layar dengan bezel tipis. Sehingga memiliki visual lebih luas pada layar yang berukuran 13 inchi. Laptop ini dibalut warna abu-abu gelap dan warna hitam matte membuatnya terlihat elegan.

Dengan ukuran ketebalan hanya 12.87mm, Dell Inspiron 13 5368  memang sangat ringkas. Ukurannya yang ringkas, memudahkan kita untuk menaruhnya di dalam tas dan tetap nyaman digunakan mengetik. Saat dipakai mengetik, keyboard-nya pun terasa nyaman dan presisi. Kendati untuk touchpad-nya saya kurang begitu suka karena rasanya masih kurang responsif. Masih jauh lebih enak memakai mouse atau menyentuh menu ke layar saja karena mendukung layar sentuh.

Ukurannya yang ramping membuat sangat mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa bepergian. Namun di sisi lain, dengan bobotnya yang 1,61 kg, bagaimanapun laptop ini terasa agak berat ketika dibawa bepergian dimasukkan ke dalam tas ransel.

Sebagai perangkat hibrida, Dell Inspiron 13 5368 bisa bekerja secara multi fungsi sesuai kebutuhan. Terdapat engsel 360 derajat yang kokoh yang memungkinkannya diubah-ubah bentuknya. Ada empat mode penggunaan  yaitu Laptop mode, Tablet mode, Stand mode, dan Tint mode.

4 Mode Penggunaan

Layar FHD 13.3 Inch milik Dell Inspiron 13 5368 bisa diputar hingga 360 derajat memungkinkan Anda dapat mengubah Laptop biasa menjadi Tablet multifungsi. Agar pengguna bisa selalu berada dalam posisi terbaik untuk bekerja, menonton, bermain dan mobilitas. Notebook ini telah dilengkapi dengan engsel kokoh yang dapat mengubah posisi layar menjadi empat mode penggunaan dengan mudah.

Mode pertama adalah Laptop untuk bekerja. Performanya bertenaga dipakai untuk mengerjakan semua proyek, email, dan spreadshet. Kedua, Mode Tablet yang cocok untuk membaca dan browsing internet. Anda bisa melakukannya sambil bersantai di sofa ataupun di kafe. Ketiga, mode Tent untuk berbagi, yang cocok untuk presentasi dengan klien atau berbagi foto dengan teman-teman. Mode ini juga cocok untuk penggunaan di ruang yang sempit seperti meja kafe atau meja pesawat. Terakhir, mode Stand yang cocok untuk menonton film atau konferensi video.

Layar

Dell Inspiron 13 5368 memiliki layar berukuran 13,3 Inch yang menyajikan resolusi Full HD ((1920 X 1080). Ukuran layarnya terasa pas bagi yang menyukai mobilitas dengan sudut pandang yang luas sehingga enak untuk menonton atau melihat konten menarik bersama teman.

Layarnya terbilang cukup tajam, tapi tidak membuat mata cepat lelah. Begitupun dengan layar sentuhnya yang cukup responsif. Sangat membantu ketika tidak memakai mouse dalam mode Laptop, terlebih jika memakai mode Tablet.

Secara umum, jika dilihat secara lurus, warna tampak akurat, ada banyak piksel yang cukup berkat resolusi 1920 x 1080 dan tingkat kontras yang layak. Walaupun ketika posisi layar diubah, tampilannya kurang nyaman dilihat di mana warna cenderung terlihat lebih kasar (grainy) dan kurang cerah.

Performa

Pada awalnya, saya tidak mengharapkan ekspektasi berlebihan dalam hal performa ketika mencoba laptop ini. Karena dapur pacunya hanya memakai Intel Core i3 dan bukan generasi terbaru. Di dalam Dell Inspiron 13 5368 terdapat Processor Intel Core i3-6100U.

Tapi dugaan saya salah. Rupanya laptop ini bekerja dengan cepat, stabil dan responsif. Proses booting atau start-up nya pun cepat. Digunakan untuk pekerjaan sehari-hari secara multi-tasking, tidak sekalipun saya mengalami kendala. Bahkan laptop saya yang memakai prosesor Intel Core i5 generasi ketujuh masih kalah. Dell telah mengkonfigurasi hardwarenya dengan sangat baik.

Secara teknis, processor ini memiliki dua buah Core yang masing-masingnya memiliki kecepatan 2.3 GHz. Berkat teknologi Intel Hyper-Threading kedua buah Core tersebut dapat bekerja dua kali lipat lebih banyak dibanding Processor Dual-Core standar. Intel Hyper-Threading juga membuat PC dapat menjalankan lebih banyak aplikasi dalam waktu bersamaan dengan lebih sedikit daya listrik.

Kinerja prosesor tersebut juga ditunjang dengan memori RAM 4 GB yang bertenaga, membuat pekerjaan sehari-hari berjalan lancar dan lebih efektif tanpa hambatan. Notebook dengan desain kompak ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Kemudian mengenai daya tahan baterai, laptop ini tidak terlalu istimewa. Anda tidak bisa berharap perangkat ini mampu dipakai untuk bekerja seharian. Dengan kondisi full dan dipakai untuk beraktivitas secara normal, rata-rata Dell Inspiron 13 5368 mampu bertahan selama setengah hari atau 6 jam. Sehingga Anda harus selalu membawa kabel charger ketika bepergian.

Kesimpulan

Jika Anda menginginkan laptop convertible yang handal dengan harga yang masih terjangkau kantong, Dell Inspiron 13 5368 mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Sebagai perangkat hibrida, Dell Inspiron 13 5368 bisa bekerja secara multi fungsi sesuai kebutuhan. Terdapat engsel 360 derajat yang kokoh yang memungkinkannya diubah-ubah bentuknya yaitu Laptop mode, Tablet mode, Stand mode, dan Tint mode.

 

Spesifikasi Dell Inspiron 13 5368

Klik pada foto di atas untuk melihat spesifikasi lebih detail. (Foto: Dell)

General

Device Type Smartphone
Model / Series Lenovo K53a48 K6 Note
Released 29 Mei, 2017
Status Available
Price IDR 2.799.000

Platform

Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 505
RAM (Memory) 4 GB
Storage 32 GB; support MicroSD(TF)card up to 128 GB
Operating System Android 6.0.1 Marshmallow

Design

Dimensions 151 x 76 x 8.4 mm
Weight 169 g
Design Features Color: Silver, Gold, Dark Grey
Battery Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Stand-by up to Up to 600 h (2G) / Up to 600 h (3G)
Talk time Up to 46 h (2G) / Up to 31 h (3G)

Network

Network Frequency GSM: 850/900/1800/1900 MHz
WCDMA: 850/900/1800/1900 MHz
FDD LTE B1/B3/B5/B7/B8/B20/B28
TD LTE B38/B40
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 5.5", 1280x720 pixel, 401 ppi
Touch Screen Capacitive touchscreen

Camera

Rear 16 MP, phase detection autofocus,
Front 8 MP fixed focus
Flash Yes, dual-LED (dual tone) flash
Video [email protected]
Camera Features geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, professional mode, smart composition, Art NIghtscape, Fast Motion, Slow Motion

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
USB microUSB v2.0
GPS Yes, with A-GPS
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Supported audio formats: MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Supported video formats: MP4/H.264

FM Radio FM radio; recording
Web Browser HTML5 (Android Browser)
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Other - Dolby Atmos audio enhancement
- Active noise cancellation with dedicated mic
73%
Bagus

Review Laptop Dell Inspiron 13 5368

Notebook dengan desain kompak ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menemani aktivitas sehari-hari. Built-quality bagus dengan form factor yang kokoh khas Dell. Ditunjang dengan kinerja prosesor yang terbilang cepat.

  • Design
  • Display
  • Multimedia
  • Features
  • Performance
  • Battery