Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Plantronics Backbeat Go 410: Earphone Neckband yang Keren, Tapi …

Earphone neckband entry-level dengan performa mediocre.

Dibandingkan dengan earphone lainnya, earphone neckband memiliki beberapa kelebihan terutama bagi para profesional yang ingin tetap terhubung lewat jaringan telekomunikasi ketika bekerja atau aktivitas lainnya seperti berolahraga dan berkendara. Apakah Plantronics Backbeat Go 410 sudah memenuhi syarat ini meliputi kenyamanan yang hakiki di samping kualitas suara yang jadi poin utama?

Nama Plantronics memang sudah tidak asing lagi di industri produk earphone, karena reputasinya sebagai pembuat produk yang ergonomis, praktis, dan keren dari sisi desain sudah terbilang mentereng di pasaran. Ketika mencoba produk bertitel Backbeat Go 410, ada beberapa kesan yang bisa saya sebutkan pada poin-poin berikut ini:

Desain

Produk Plantronics Backbeat Go 410 yang saya terima kebetulan varian warna white bone. Sesuai namanya, warna putih pada produk ini yang meliputi kabel justru memberikan kesan gampang kotor. Material keseluruhan meliputi kabel dan in-line remote memadukan silikon dan plastik yang membuatnya ringan dan diklaim tahan keringat.

Plantronics Backbeat Go 410Sekalipun baru diambil dari kotak kemasannya, warna putih yang agak kekuningan membuatnya terlihat kurang putih atau kotor. Ini mungkin subjektif karena saya secara pribadi kurang suka dengan warna putih, tapi bagi yang suka tentu akan jatuh cinta dengan desainnya yang keren dan neckband yang lentur.

Dalam paketnya, Plantronics Backbeat Go 410 memberikan pouch untuk sebagai tempat untuk menyimpan ketika tidak digunakan dan tiga pasang ukuran earbud. Kedua earbud begitu pas masuk ke dalam telinga, hanya saja ketika digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan seperti berlari, earbud akan mudah lepas. Tapi jangan khawatir, ketika diganti dengan earbud ukuran yang lebih besar kendala ini sedikit terselesaikan.

Sedikit? Iya, dari sisi kenyamanan untuk digunakan ketika berolahraga, saya merasa kabel Plantronics Backbeat Go 410 terlalu panjang. Selain itu pada sisi kanan tergantung in-line remote untuk tombol kontrol dan mikrofon yang sangat mengganggu. Ketika dibawa berlari, eaphone terasa berat di sebelah kanan. Ini menurut saya adalah blunder terbesar dalam desain earphone yang mengusung konsep neckband. Sungguh disayangkan sekali!

Dari sisi penggunaan, in-line remote tersebut memiliki tombol kontrol multifungsi, seperti melakukan atau menerima panggilan baik dari jaringan seluler, aplikasi messenger, maupun Siri dan Google Assistant. Selain itu ada tombol untuk mengontrol volume plus dan minus yang mengapit di atas dan bawahnya.

Plantronics Backbeat Go 410

Seperti pada earphone bluetooth di pasaran, jika ditekan selama 3 detik tombol-tombol tersebut bisa berfungsi untuk memutar lagu selanjutnya atau memutar balik. Untuk mematikan dan menghidupkan, cukup tekan tombol tersebut selama 5 detik. Sedangkan ketika menekan tombol multifungsi dan tombol plus secara bersamaan hingga beberapa detik maka akan mengaktifkan fitur Active Noise Cancelling (ANC). Ini adalah salah satu fitur unggulan pada Plantronics Backbeat Go 410 yang memungkinkan saya mendengarkan musik tanpa terganggu suara di sekitar.

Sebaliknya, ketika tombol multifungsi ditekan bersamaan dengan tombol minus maka akan mengaktifkan fitur Smart Magnet. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini ketika produk tidak digunakan, karena kedua earpiece bisa saling menempel dan terkunci, serta akan mematikan koneksi Bluetooth. Lumayan untuk mengirit baterai.

Performa

Mengandalkan konektivitas Bluetooth 5.0, Plantronics Backbeat Go 410 begitu mudah terhubung dengan perangkat smartphone apa pun. Setidaknya, saya mengujinya di perangkat LG G5 dan LG G6 tidak ada kendala berarti. Begitu terhubung, akan ada notifikasi suara yang terdengar. Notifikasi ini juga akan terdengar ketika baterai dalam kondisi mau habis.

Plantronics Backbeat Go 410 terbilang memiliki fitur yang melimpah untuk meningkatkan pengalaman penggunaan. Misalnya saja pada fitur ANC diberikan dua mode yakni High dan Low. Sekedar catatan, fitur ANC bisa dibilang kemewahan tersendiri yang ada pada earphone entry-level ini.

Untuk menggunakan fitur ANC pada mode High mampu meredam suara-suara dari luar seperti deru mobil di jalanan, kereta, hingga mesin-mesin yang berisik. Memang sih masih ada sedikit kebocoran, tapi itu tidak terlalu menganggu musik atau pembicaraan yang didengarkan. Sedangkan mode Low memang sebaiknya digunakan untuk memblokir gangguan ringan, seperti suara obrolan pengunjung lain ketika nongkrong di kedai kopi.

Plantronics Backbeat Go 410

Selain itu, banyak lagi fitur yang ditawarkan pada aplikasi Backbeat yang terinstal di smartphone selain memilih mode High dan Low untuk ANC, di antaranya Find My Headset, berguna ketika kita lupa menaruh earphone ini. Ada pula fitur equalizer yang memungkinkan kita memilih mode keluaran suara yang diinginkan, dan melihat status baterai.

Bagaimana keluaran suaranya? Bisa dibilang, Plantronics Backbeat Go 410 hanya mampu mengeluarkan suara yang terbilang “adem” di telinga, tanpa bass yang “nendang”. Meskipun begitu, ketika digunakan dalam volume maksimal, keluaran suara tidak terlalu memekakkan telinga, masih nyaman digunakan. Dalam hal ini bisa dibilang kualitasnya mediocre.

Baterai

Memiliki slot micro USB untuk pengisian, Plantronics Backbeat Go 410 hanya membutuhkan sekitar 1 jam saja untuk terisi penuh. Namun ketika digunakan bisa bertahan sekitar 10 jam. Terbilang tahan lama, meskipun tidak terlalu istimewa.

Kesimpulan

Dibanderol seharga Rp 2 jutaan, Plantronics Backbeat Go 410 memang menawarkan desain yang keren dan simpel untuk sebuah produk earphone neckband. Namun, jika kamu mengejar kualitas suara yang bass-nya “nendang”, mungkin produk ini bukan pilihan terbaik.

Plantronics Backbeat Go 410

Begitupun dari sisi kenyamanan ketika digunakan untuk aktivitas gerak yang berat, inline remote di bagian kanan sangat menganggu. Tapi itu balik lagi ke soal kenyamanan pribadi. Bagi saya, ini adalah faktor terbesar yang membuat Plantronics Backbeat Go 410 kurang layak disebut terbaik.

Hanya saja, ketika jika baik saja sudah cukup, kenapa tidak?

Spesifikasi Plantronics Backbeat Go 410

Plantronics Backbeat Go 410

75%
Awesome

Di balik desainnya yang keren, Plantronics Backbeat Go 410 memang bukan produk earphone neckband yang sempurna, tapi bukan berarti tidak layak untuk dimiliki. Apalagi harganya juga sesuai dengan fitur yang dihadirkan.

  • Design
  • Fitur
  • Kualitas audio
  • Penggunaan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.