Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Menguak Teknologi di Balik Startup Fintech Kredivo

Banyak generasi milenial yang layak mendapat kredit namun ditolak oleh bank karena kurangnya sistem verifikasi identitas dan data kredit. Peluang ini memicu munculnya beberapa startup financial technology  (fintech) di Indonesia yang menawarkan opsi kredit online seperti Kredivo yang memungkinkan orang meminjam atau berbelanja tanpa harus mendaftar atau memiliki kartu kredit.

Sejak didirikan pada tahun 2016, Kredivo telah menjadi salah satu penyedia kredit online terkemuka di Indonesia. Dalam waktu kurang dari dua tahun, perusahaan ini telah bermitra dengan lebih dari 200 merchant e-commerce, termasuk lima besar e-commerce di Indonesia.

Kredivo memberikan akses kredit instan melalui proses serba digital dan otomatis dengan suku bunga seperti bank. Apa yang membuat startup fintech ini berkibar? Tentu saja banyak faktor, tetapi salah satu yang terpenting adalah pemanfaatan teknologi yang tepat.

Startup besutan FinAccell ini memanfaatkan analitik data mendalam di seluruh jejak digital pengguna. Hal itu dilakukan untuk mengotomatisasi penilaian risiko kredit dan penyederhanaan checkout e-commerce dengan menawarkan solusi pembayaran 2 kali klik kepada para merchant e-commerce.

Agar bisa melakukan penilaian kredit dengan efektif dan akurat, Kredivo memerlukan solusi teknologi yang dapat sepenuhnya mengakomodasi semua proses aplikasi dan transaksi, termasuk memastikan keamanan data pengguna.
Baca juga:Ilham Habibie: Financial Technology Akan Jadi Tren Digital Masa Depan

Tantangan Utama Kredivo

Akshay Garg,CEO FinAccell (Kredivo)
Related Posts
1 daripada 3

Menurut , ada dua tantangan utama yang dihadapi oleh penyedia kredit ritel online. “Pertama adalah bagaimana merancang layanan yang mampu memproses ratusan Gigabytes data mentah yang tidak terstruktur per hari secara real-time untuk menghasilkan skor kredit berkualitas tinggi. Kedua adalah bagaimana mengaktifkan mesin transaksi yang dengan mudah dapat menangani ratusan ribu permintaan transaksi per hari dengan waktu respons kurang dari 50 milidetik,” ujar Akshay saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Berdasarkan tantangan tersebut, Kredivo memilih untuk menggunakan layanan Cloud dari Amazon Web Service (AWS) untuk memastikan bahwa layanan Kredivo berjalan lancar dengan andal dan aman.

Kredivo menggunakan beberapa layanan seperti AWS Glue, Amazon Redshift, Amazon Elastic MapReduce (EMR), dan AWS Elastic Load Balancing. “Hasilnya, dengan menggunakan layanan AWS, kami telah mencapai pertumbuhan CAGR hingga 30 persen transaksi per bulan dan 35 persen CAGR aplikasi per bulan,” jelas Akhsay.

Kredivo mulai mengeksplorasi penggunaan AWS dengan AWS free-tier, kemudian ganti dengan program startup dan terus berkembang karena adanya kebutuhan skalabilitas, performa tinggi, fleksibilitas, efektivitas biaya, implementasi yang aman dan andal.

Sementara itu Alie Tan, CTO Kredivo mengatakan pihaknya menggunakan AWS Lambda dan Kinesis untuk memproses data streaming real-time, yang disimpan dalam S3 dan RDS untuk persetujuan pendaftaran konsumen. Selain itu juga dimanfaatkan untuk pemrosesan transaksi, pembersihan dan pengumpulan data, serta layanan AWS lain seperti EC2, ECS, ELB, ALB, Elastic Beanstalk, Elasticache, AWS MQ, SQS, SES, GuardDuty, Glue, Athens, Cloudfront, Route 53, Amazon Redshift and Recognition.

Bagaimana dengan keamanan datanya? Akshay mengungkapkan, untuk memastikan keamanan data, sistem Kredivo dilindungi dengan keamanan tingkat yang sama dengan bank melalui enkripsi 256-bit SSL, dan di atas itu, melalui UAR (user access rights) yang diatur secara ketat.

“Selain memiliki penilaian aplikasi kredit (A-SCORE), kami juga memiliki penilaian perilaku (B-SCORE) dan collection scoring (C-score), yang semuanya sepenuhnya otomatis dan real-time, sehingga memungkinkan kami untuk memblokir transaksi yang mencurigakan, menangguhkan sementara atau membuat daftar hitam pengguna dan mengevaluasi ulang mereka,“ kata Akshay.

Ia menambahkan, dengan menggunakan AWS, Kredivo mampu membuat generasi millennial merasakan pengalaman kelas dunia. Dari mulai menginstal aplikasi hingga persetujuan transaksi, keseluruhan prosesnya memakan waktu kurang dari lima menit.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More