Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tim South China University of Technology Sabet Juara I Kompetisi RoboMaster 2018

Tim dari South China University of Technology menjuarai kompetisi RoboMaster 2018 usai menyingkirkan 31 tim lainnya di babak final. Pertandingan tahunan RoboMaster edisi ke-4 digelar mulai 25 hingga 29 Juli 2018 di Shenzen, sebuah kota di sebelah selatan provinsi Guangdong, Tiongkok.

Dengan memenangkan kompetisi RoboMaster 2018 ini, tim dari South China University of Technology berhak memboyong piala emas dan uang hadiah senilai RMB 500.000 atau sekitar Rp947 juta. Posisi kedua diraih oleh tim dari Northeastern University, Amerika Serikat, yang berhasil mendapatkan hadiah sebesar RMB 300.000 (sekitar Rp 584 juta), dan diikuti oleh China University of Mining and Technology, Tiongkok, di posisi ketiga dengan hadiah sebesar RMB 100.000 (sekitar Rp 194 juta).

Suasana adu tempur RoboMaster 2018. Foto oleh gbtimes.com

Kompetisi RoboMaster 2018 ini diikuti oleh hampir 200 tim dan 10.000 insinyur muda dari seluruh dunia dimana 32 tim berhasil maju ke babak final. Robomaster, yang disponsori dan didukung oleh DJI sebagai pemimpin global industri drone sipil dan teknologi pencitraan udara (aerial imaging), merupakan kompetisi robotik tahunan bagi para mahasiswa teknik yang bercita-cita menjadi insinyur. Dalam kompetisi ini, para peserta ditantang untuk membangun dan merancang robot masa depan dan bersaing di arena pertarungan.

Babak final kompetisi RoboMaster 2018 ditayangkan di Twitch.tv yang menjangkau lebih dari 990 ribu pemirsa di 30 negara secara online.

Dalam babak puncak kompetisi RoboMaster 2018, para finalis harus mengembangkan dan mengoperasikan enam robot, termasuk robot standar, robot penjaga, robot pahlawan, robot udara, robot mesin dan robot pemasok, yang meluncurkan proyektil untuk mengurangi poin.

Related Posts
1 daripada 2

Mereka juga harus berkoordinasi lintas medan tempur yang penuh dengan rintangan guna menghancurkan basis musuh, tulis gbtimes.com.

“Kami sangat bangga akan dedikasi dan kerja keras dari semua tim yang berpatisipasi dalam kompetisi ini, dan kami mengucapkan selamat kepada pemenang atas penampilannya yang luar biasa,” kata Shuo Yang, RoboMaster Project Manager, dalam rilis DJI.

“Dengan menggabungkan teknik, permainan, dan hiburan yang inovatif, RoboMaster telah menjadi kompetisi robotika tahunan yang ditunggu-tunggu bagi para insinyur muda dan ahli robotik di seluruh dunia. Kompetisi ini menjadi wadah (platform) bagi para insinyur muda yang bercita-cita tinggi untuk mengasah bakat dan pencapaian mereka,” tambah Shuo Yang.

“Bisa mengikuti kompetisi ini merupakan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi seluruh anggota tim selama 9 bulan terakhir ini. Kompetisi RoboMaster memberikan kami kesempatan untuk menerapkan ilmu kami, sekaligus berkreasi dengan teknologi canggih, dan menciptakan sesuatu yang nyata,” ungkap Wenhui Chen, ketua tim South China University of Technology.

Baca juga: Dicari! Robot Ukuran Serangga untuk Ikut Olimpiade SHRIMP Badan Riset AS

Beberapa tim lain yang ikut serta dalam kompetisi RoboMaster di antaranya adalah University of Washington, Carnegie Mellon University, dan Virginia Tech dari Amerika Serikat, Fukuoka University dari Jepang, Nanyang Technological University dari Singapura, dan Hong Kong University of Science and Technology dari Hong Kong.