Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Qualcomm Snapdragon 710 Melesat dengan 5 Fitur Andalan Ini

Menindaklanjuti kehadiran lini baru seri Snapdragon 700 yang diperkenalkan di ajang MWC 2018 bulan Februari lalu, Qualcomm pekan ini mengumumkan produk pertama dari seri ini telah hadir secara komersil yaitu, Qualcomm Snapdragon 710 Mobile Platform.

Selama ini chipset Snapdragon bikinan Qualcomm Technologies, Inc, anak usaha dari Qualcomm Incorporated, menjadi chipset pada banyak ponsel pintar dengan sistem operasional menggunakan Android. Qualcomm Snapdragon 710 merupakan platform terbaru yang dibuat dengan teknologi proses 10nm.

Platform mobile ini dirancang dengan arsitektur efisiensi tinggi untuk mengakomodir penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan AI Engine multi-core dan kemampuan untuk memproses jaringan neural.

 

“Snapdragon 710 Mobile Platform merupakan produk pertama dalam lini terbaru dari seri 700 yang menawarkan teknologi dan fitur yang sebelumnya hanya tersedia di lini produk premium kami,” papar Kedar Kondap, Wakil Presiden untuk Manajemen Produk di Qualcomm Technologies, Inc.

Seperti apa kemampuan Qualcomm Snapdragon 710 ini? berikut lima fitur kuncinya:

1. Artificial Intelligence/AI

Fitur AI dalam Qualcomm Snapdragon 710 membekali diri dengan kemampuan contextual awareness yang artinya bisa memprediksi keinginan pengguna dengan memanfaatkan detil informasi dari data berupa lokasi pengambilan foto, obyek foto, plus kebiasaan pengguna. Tenaga AI Engine muli-core pada Qualcomm Snapdragon 710 ini memungkinkan performa yang bisa dua kali lipat lebih gahar dibandingkan dengan Snapdragon 660.

2. Capture

Adanya Spectra 250 ISP yang baru pada Qualcomm Snapdragon 710 bakal membuat konsumen bisa menjepret foto dan video bermutu professional secara lebih oke lagi pada cahaya redup. Fitur ini turut memungkinkan berkurangnya suara, autofocus yang cepat serta efek bokeh yang real-time.

3. Display

Snapdragon 710 mempunyai fitur playback 4K HDR untuk melihat video dan aplikasi HDR. Adanya fitur ini membuat smartphone nantinya bisa menawarkan hasil video dengan tingkat kecerahan lebih baik, spektrum dan kedalaman warna yang lebih luas yang pastinya berujung pada pengalaman menyaksikan visual apa pun lebih baik lagi.

4. Konektivitas

Snapdragon 710 mengusung model Snapdragon X15 LTE yang baru dengan kemampuan Cat 15 dimana pengguna nanti bisa mengunduh dengan kecepatan hingga 800 Mbps. Pada Snapdragon 710 ini terdapat pula dukungan teknologi nirkabel canggih, seperti Wi-Fi terdepan, Bluetooth 5, Qualcomm Broadcast Audio dan Qualcomm TrueWireless Stereo Plus. Dengan seabreg fitur ini, pemakai nantinya dapat mendengarkan audio tanpa kabel antara earbud yang satu dengan yang lainnya dan pada saat bersamaan bisa merasakan panggilan yang lebih baik pada suara berlatensi rendah.

Sisi belakang

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Qualcomm Snapdragon 700 yang Memakai Kecerdasan Buatan

5. Kinerja dan Baterai

Meningkatnya performa pada arsitektur Adreno 616 Visual Processing System membuat perangkat yang menggunakan Snapdragon 710 menikmati daya konsumsi baterai yang 40% lebih hemat saat digunakan untuk ber-gaming ria dan memutar video 4K HDR, serta pengurangan 20% saat streaming video, bila dibandingkan dengan Snapdragon 660.

Dengan arsitektur Kryo 360 yang baru, yang dibangun di atas teknologi ARM Cortex™, perangkat berbasis Snapdragon 710 bisa dioptimalkan untuk mendukung peningkatan kinerja keseluruhan hingga 20%, penelusuran web hingga 25% lebih cepat, dan waktu loading aplikasi hingga 15% lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 660.

Tambahan lagi, teknologi Qualcomm Quick Charge  4+ terbaru bisa membuat pengguna bisa mengisi 50% baterai hanya dalam waktu 15 menit.

Snapdragon 710 Mobile Platform tersedia mulai hari ini dan diperkirakan akan mulai digunakan dalam perangkat konsumen mulai dari kuartal kedua 2018.

perangkat. Kira-kira smartphone mana ya yang akan pertama kali menggunakan Snapdragon 710 ini, Gizmolovers?

 

%d blogger menyukai ini: