Jakarta, Gizmologi โ Hadirnya AI generatif memang untuk dimanfaatkan atau mempermudah penggunanya, berikut Gizmologi akan memberikan cara gunakan Gemini AI di Gmail (Google Mail). Gemini AI merupakan AI generatif Google yang hadir di tahun ini.
Teknologi ini bisa digunakan di dalam semua ekosistem Google. Sehingga cara gunakan Gemini AI di Gmail hanya sebagian kecil saja dan belum keseluruhannya.
Adapun cara gunakan Gemini AI di Gmail ini bisa digunakan hanya untuk kamu yang lebih banyak beraktivitas lewat email. Tentunya seorang karyawan seperti saya, juga bisa memanfaatkan kemudahan ini. Lalu bagaimana langkah atau cara gunakan Gemini AI di Gmail?
Baca Juga: Apple Coba Gandeng Google, Hadirkan Gemini AI di iPhone
Cara Gunakan Gemini AI di Gmail, Buat Kamu Lebih Produktif

Banyak hal yang membuat pengguna jadi malas bekerja, salah satu karena alat atau fitur yang kurang mendukung. Sehingga pengguna perlu melakukan beberapa hal terdahulu sebelum ke tugas intinya.
Gmail sudah hadir dengan banyak fitur yang membantu pengguna, apalagi ketika banyaknya email yang masuk. Kamu bisa membersihkan Inbox dengan berhenti berlangganan dari email yang tidak perlu juga hapus pesan lama yang tidak lagi diperlukan.
Selanjutnya, kamu juga bisa mengurutkan email yang ada ke dalam kategori menggunakan berbagai label default, seperti tanda โbintangโ, โpentingโ, dan โterkirimโ. Bahkan kamu juga dapat membuat label kustom jika ingin lebih spesifik menandakan jenis email yang masuk.
Gemini AI di Gmail ini disebut sebagai Gemini for Google Workspace yang bisa membantu pengguna agar cepat menemukan informasi dan menulis pesan yang relevan secara kontekstual. Misalnya, ketika diminta mengirimkan email berisi angka penjualan terbaru.

Cara pertama ialah kamu dapat membuka Gmail, klik โComposeโ, dan pilih โ Help me write โ di bawah badan email. Contohnya, minta Gemini untuk โmembuat draft pesan ke manajer yang mencakup angka penjualan Q1โ. Gemini akan menarik data dari Docs, Sheets, atau Slides dalam hitungan detik dan memasukkannya ke dalam pesan.
Selain dari Gmail terlebih dahulu, kamu juga bisa membuat laporan pekerjaan dari Docs terlebih dahulu. Caranya juga kurang lebih sama, sehingga kamu mudah untuk mengikutinya.
Bila ingin mencari referensi, Gemini AI juga bisa membantunya dan bila hasilnya kurang memuaskan kamu bisa melakukan pengeditan kembali. Sebagai informasi, cara ini hanya bisa digunakan jika kamu sudah berlangganan Gemini for Google Workspace.
Google belum lama juga memperbarui fitur di aplikasi Google Calender. Terdapat fitur Focus Time, yang dapat membantu mengidentifikasi waktu paling produktif dalam sehari dan menjadwalkan rapat dengan lebih efisien. Memblokir waktu-waktu produktif ini bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan secara fokus, kita juga dapat meminimalkan gangguan.
Selain itu, juga ada fitur Time Insights yang memberikan data berharga tentang bagaimana pengguna menghabiskan waktu. Fitur-fitur baru bisa membuat perusahaan bisa mengontrol pekerjanya yang bekerja secara hybrid atau remote.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



