Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Langkah Mudah Mereset Apple AirPods

Apple Airpods populer karena kemudahannya dalam hal konektivitas yang cepat dan mudah untuk digunakan. Tetapi bukan berarti perangkat ini bebas dari masalah. Nah, jika ada masalah dan susah untuk diatasi, biasanya cara praktis menanganinya adalah dengan melakukan reset ke pengaturan awal pabrik. Masalah yang biasa timbul antara lain adalah AirPods yang tidak mau terhubung, tidak bisa mengisi daya dan lain-lain. Lalu bagaimana cara meresetnya?

Berikut ini adalah tips mengenai langkah-langkah panduan untuk mereset perangkat tersebut. Langkah ini bisa digunakan untuk AirPods 2 yang asli, kotak pengisian daya standar atau kotak pengisian daya nirkabel. Setelah berhasil reset, AirPods pun bisa kembali digunakan mendengarkan musik dan tentunya siap memulai hal baru.
Baca juga: Jay Subiakto Berbagi Tips Bikin Konten Video Kreatif dari Smartphone

Related Posts
1 daripada 35

Langkah-Langkah Mereset Apple AirPods

  1. Gunakan iPhone atau iPad untuk membuka menu Settings.
    Pada perangkat iOS mana pun yang pernah terhubung dengan AirPods, masuk ke menu Settings, lalu pilih Bluetoooth. Kemudian tekan ikon ‘i’, yang terletak di sebelah tab ‘Connected/Not Connected’ pada bagian kanan. Kemudian pada layar berikutnya, tekan ‘Forget This Device’ dan lakukan konfirmasi.
  2. Letakkan AirPods Pada Kotak Pengisian Daya.
    Riwayat AirPods dengan iOS sebelumnya kini telah terputus, maka tempatkan AirPods pada kotak pengisian daya, dan tutup dengan penutupnya. Hitung sampai 30 detik, lalu buka kembali penutupnya.
  3. Reset AirPods
    AirPods bisa direset dengan menekan dan menahan tombol di bagian belakang kotak. Ketika status menyala berwarna jingga sekilas beberapa kali, lalu menyala putih, maka AirPods siap untuk dipasang kembali.
  4. Hubungkan ulang AirPods dengan perangkat.
    Cara menghubungkan kembali AirPods ke perangkat tergantung dari jenis perangkat yang akan dihubungkan, masing-masing caranya berbeda. Jika perangkat yang akan dihubungkan merupakan perangkat iOS, pastikan AirPods berada pada jarak sesuai jangkauan. Lalu tinggal ikuti instruksi pengaturan yang muncul.
    AirPods dan perangkat iOS
    AirPods dan perangkat iOS

    Sementara itu untuk menghubungkan dengan perangkat Android, caranya berbeda-beda, tergantung dari jenis perangkat dan versi. Secara umum, kamu bisa masuk ke menu Settings atau pengaturan, lalu masuk ke bagian connection dan pastikan Bluetooth menyala. Tekan dan tahan tombol setup di bagian belakang sampai terlihat lampu berwarna putih. Pada daftar perangkat Bluetooth di menu perangkat Android, AirPods tersebut akan muncul, pilih untuk memasangnya.

Demikianlah tips untuk mereset AirPods dan menghubungkannya kembali ke perangkat yang akan digunakan Bersama.