Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Cara Mengatur Shutter Speed pada Kamera DSLR Bagi Pemula

Bagi kamu yang memiliki hobi baru di dunia fotografi pasti selalu mencari-cari cara foto yang bagus, tak terkecuali pasti kamu juga mencari cara mengatur shutter speed pada kamera yang kamu miliki saat ini. Selain menjadi hobi jika kamu menekuni dunia fotografi ini bisa saja dapat menghasilkan uang. Namun tidak ada yang instan, kamu harus banyak belajar teknik-teknik memotret yang baik dan benar.

Kamera jaman sekarang biasanya sudah tersedia mode auto sehingga kamu tidak perlu repot-repot men-setting kamera untuk menghasilkan foto-foto yang ciamik. Namun kamera kita sebenarnya dibekali banyak tools yang jika kamu paham cara penggunaannya pastinya hasil foto kamu menjadi luar biasa.

Kamu dapat mengatur sendiri akan bagaimana foto yang akan dihasilkan. Selain itu, sangat sayang sekali jika kamera mahal yang sudah dibekali tools canggih ini tidak bisa kamu manfaatkan dengan baik dan benar. Kamera DSLR biasanya dibekali dengan pengaturan shutter speed yang bisa kamu atur sendiri untuk mendapatkan gambar sesuai imajinasimu.

Baca juga: 9 Tips Memotret yang Bagus Hanya Bermodalkan HP Android

Apa itu Shutter Speed?

shutter speed kamera
Foto: snapshot.canon-asia.com

Sebelum membahas cara mengatur shutter speed ada baiknya jika kita mengetahui apa itu shutter speed. Nah, Shutter Speed adalah ukuran jarak waktu pada saat shutter kamera dalam keadaan terbuka sehingga cahaya bisa masuk ke  sensor gambar. Shutter speed dihitung dalam waktu sepersekian detik.

Shutter speed bisa diatur untuk pengambilan gambar yang memiliki gerakan cepat, sehingga kamu bisa mendapatkan momen yang pas dari gambar bergerak tadi. Shutter speed yang sudah otomatis biasanya akan melambat jika cahaya yang masuk sangat kurang, seperti saat malam hari atau disaat gelap, dan akan lebih cepat saat cahaya terang.

Pengaruh Shutter Speed pada Gambar Yang Dihasilkan

Gambar akan fokus jika shutter speed kamu atur lebih cepat, tergantung seberapa cepat gerakan objek yang akan kamu tangkap. Jika kamu menggunakan shutter speed yang terlalu lambat pada objek yang bergerak cepat maka akan menghasilkan foto blur atau tidak jelas. Shutter speed juga ada pengaruhnya untuk gambar yang dihasilkan berdasarkan cahaya ruangnya, jika shutter speed cepat di ruang yang gelap maka gambar juga tidak akan terlihat.

Tips Mengatur Shutter Speed

Tips cara mengatur shutter speed ini sangat mudah jika kamu memahami objek yang akan kamu tangkap. Sebelum mengatur shutter speed sebaiknya kamu memperhatikan juga objek yang akan kamu ambil gambar apakah dia bergerak cepat, bergerak lambat, atau tidak bergerak.

Atur shutter speed lebih cepat jika objek bergerak cepat, atur shutter speed lebih lambat jika gambar bergerak lambat, dan begitu juga dengan gambar yang tidak bergerak, kamu bisa mengatur shutter speed lambat agar cahay yang masuk juga lebih bagus.