Hasilnya Dijamin Ciamik, Ini Tips Memotret Tanaman Hias dengan OPPO A16

Bogor, Gizmologi – Sejak pandemi bergulir, banyak masyarakat yang menekuni kegemaran baru yakni hobi tanaman hias. Sehingga diperlukan tips memotret tanaman hias agar bisa menghasilkan foto berkualitas ketika dishare di media sosial.

Karena dari hobi, kalau ditekuni bisa menjadi peluang bisnis baru. Hal ini pula yang dirasakan oleh Audrey dan Keno, pendiri toko tanaman hias online Inn and Props. Dua pemuda ini masih berstatus mahasiswa, ketika pandemi membuat proses pengerjaan skripsinya tertunda. Akhirnya membuat kesibukan baru menekuni hobi tanaman hias.

Audrey dan Keno melihat peluang untuk menghasilkan uang dari hobi tersebut. Karena adanya fenomena tanaman hias yang kian digemari seperti Monstera oblique, Monstera Adansonii dan sejenisnya. Sebagai Gen Z yang sudah familiar dengan gawai, mereka memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis yang dirintisnya.

Ki-ka: Keno dan Audrey, pemilik Inn and Props
Ki-ka: Keno dan Audrey, pemilik Inn and Props

Mereka membuat akun @innandprops untuk memamerkan tanaman hiasnya di media sosial Instagram dan TikTok, kemudian menjualnya di Tokopedia dan Shopee. Keduanya berbagi tugas sesuai keahlian dan passion masing-masing. Audrey lebih fokus mengelola konten, sedangkan Keno di bisnis. Di Inn and Props, tanaman-tanaman yang dijual banyak banget jenis dengan hargan bervariasi. Ada yang di bawah 100 ribu, sampai jutaan. Mereka juga menjual vitamin, soil dan juga pot tanaman hias yang bagus-bagus.

Agar memiliki daya jual, Audrey mengemas tanaman hiasnya dengan foto yang menarik. Alih-alih kamera DSLR, ia justru lebih menyukai kamera smartphone seperti OPPO A16. Menurutnya, kamera DSLR meski hasilnya bagus tetapi agak merepotkan karena musti ditransfer ke komputer, edit dan seterusnya. Sedangkan smartphone lebih simple dari instant. “Nggak mau ribet-ribet mindahin foto dari kamera. Kalau pakai HP bisa langsung edit dan diposting. Jadi fotonya dari awal pure dari smartphone dan natural light,” ujar Audrey saat di ajang Re-Energize with Oppo A16 di Bogor (8/10).

Tips Memotret Tanaman Hias

Saat ini akun instagram @innandprops memiliki lebih dari 19 ribu follower dan menjadi salah satu akun yang direkomendasikan oleh para penggemar tanaman hias. Berikut ini tips memotret tanaman hias dari Audrey menggunakan kamera smartphone OPPO A16.

1. Pakai sistem ATM untuk pemula

Jika sama sekali belum berpengalaman, tips memotret tanaman hias yang disarankan Audrey adalah ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). “Awal-awal pakai sistem ATM, yakni amati, tiru dan modifikasi. Nanti lama-lama bisa terlatih mencari angle yang bagus,” ujarnya.

Ia memberikan contoh sering mencari referensi di media sosial seperti Instagram dan Pinterest, melihat postingan komunitas tanaman, kemudian dicoba-cobanya sendiri. Selain itu, sebelum tanaman dipotret, ia menyarakan untuk mengelap daun, agar terlihat lebih kinclong. Alternatifnya, bisa juga dibasahi. Bunga atau tanaman yang terlihat basah menambah estetika dari hasil foto.

2. Waktu pencahayaan terbaik (magic hour)

Dalam memotret tanaman, Audrey menggunakan waktu terbaik atau sering disebut dengan magic hour. Golden hours merupakan waktu pencahayaan terbaik dalam dunia fotografi. Umumnya terjadi pada sore sebelum matahari tenggelam (15.00 hingga 18.00) atau pagi setelah matahari terbit (05.00-07.00) di mana cahaya akan maksimal. Dengan pencahayaan yang bagus gambar yang dapat dihasilkan pun akan terlihat lebih maksimal. Mengapa tips memotret tanaman hias perlu memerhatikan golden hours? Karena biasanya pemotretan tanamana dilakukan di luar ruangan atau tempat terbuka.

3. Perhatikan sudut pandang

Tips memotret tanaman hias selanjutnya adalah memperhatikan sudut pandang atau angle. Cobalah bereksperimen dengan beragam sudut pemotretan. Misalnya cobalah membidik dari samping atau dari bawah.

“Angle juga harus diperhatikan jika ingin menununjukan bentuk daunnya bisa diambil dari atas,” imbuhnya.

4. Latar belakang

Pastikan obyek utama (bunga atau tanaman) tetap menonjol keindahannya dan tidak dicemari background yang terlalu ramai. Lakukan segala upaya agar anda memperoleh background yang oke. Tips memotret tanaman hias ini dilakukan Audrey dengan menghindari latar belakang yang ramai supaya bisa memfokuskan pada objek yang akan dijualnya. Kalaupun tidak bisa dihindari, bisa mengakali background yang terlalu ramai dengan foto bokeh. Ini cocok dengan OPPO A16 yang memiliki lensa bokeh 2MP.IG Innandprops

5. Memotret dari jarak dekat

Tips berikutnya adalah coba memotret bunga dari jarak dekat alias close-up. Untuk mendapat hasil optimal, kamu bisa menggunakan lensa makro yang ada di smartphone OPPO A16. Kamu bisa bereksperimen dengan mengambil jarak yang lebih dekat lagi atau mengambil sudut pandang lain

6. Ketahui fitur kamera di smartphone

Audrey mengaku tidak banyak memoles foto. Pengeditan hanya seperlunya saja dan itu biasanya dilakukan langsung di aplikasi Instagram. Karena memang ingin memberikan kesan yang natural, paling hanya menaikkan contrast dan saturasi saja. Sedangkan kalau untuk konten sharing seperti tips dan lainnya, bisa menggunakan Canva.

Mengapa Audrey tidak banyak memoles foto? Karena harus memaksimalkan fitur-fitur kamera yang ada di smartphone seperti Oppo A16 agar hasilnya maksimal. Terlebih smartphone ini ponsel ini bisa menyesuaikan level warna secara manual atau menerapkan satu dari tujuh filter yang tersedia, yaitu Warm, Mist, Country, Travel, Food, Film, dan Autumn yang bisa digunakan saat memotret tanaman. Adanya fitur Makro ini sangat pas untuk menangkap objek berjarak dekat seperti memotret bunga atau daun. Sementara itu, Dazzle Color membuat objek memiliki tampilan warna lebih hidup. Oppo A16 yang memiliki kamera utama 13MP, kamera bokeh 2MP, dan kamera makro 2MP yang sudah sangat cukup untuk memotret tanaman.

Tinggalkan komen