3 Tips Jitu Bikin Foto Produk Pakai Smartphone, Bikin Jualan Online UMKM Makin Cuan!

Bogor, Gizmologi – Pentingnya tips foto produk dengan HP. Karena foto adalah salah satu faktor penting penunjang dalam bisnis online. Hal ini ditegaskan oleh Meyani Kristina Ningrum, Pengajar workshop fotografi produk UMKM saat Re-Energize with Oppo A16.

“Pentingnya peran foto saat ini khususnya pelaku usaha UKM adalah bisa memberikan informasi secara visual
produk yang mereka tawarkan melalui promosi social media. Dengan sosial media produk mereka akan lebih luas jangkauan promosinya dan menghemat waktu, sehingga bisa meningkatkan omzet penjualan” ujar Meyani saat memberi workshop fotografi secara virtual (8/10/2021).

Bagi yang masih belum kenal, Meyani adalah pengajar workshop (offline dan online) dengan spesialisasi Basic Food & Product Photography untuk UMKM, Instansi dan Komunitas. Sudah sejak lama dia menyukai fotografi, dimulai dengan mendokumentasikan apa saja yang dilihat.

Ia memang suka berbagai ilmu yang didapat, khususnya di bidang photography, dan telah dipercaya mengajar para UMKM hingga komunitas di Batam dan sekitarnya. Sayangnya banyak pelaku UMKM masih minder membuat foto produk. Salah satu alasannya karena tidak memiliki perangkat pendukung, seperti kamera DSLR hingga skill foto produk. Padahal membuat foto produk bisa mengandalkan kamera ponsel.

Bahkan tidak perlu menggunakan ponsel flagship yang harganya mahal, karena smartphone terjangkau seperti OPPO A16 saja sudah mencukupi. “Kalau mau cetak besar memang butuh kamera DSLR. Tapi kalau untuk dipajang di toko online atau media sosial, pakai kamera ponsel sudah lebih dari cukup,” imbuhnya.

Tips Foto Produk dengan Hp

tips foto produk dengan hp

Meyani pun membagikan tips foto produk dengan hp. Ia mengingatkan jangan membuat foto produk yang asal-asalan. Sebisa mungkin dibuat semenarik mungkin supaya banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli setelah melihat foto tersebut. 

1. Pencahayaan

Tips foto produk dengan HP yang perlu diperhatikan pertama adalah pencahayaan karena ini menjadi salah satu aspek penting untuk menghasilkan gambar yang bagus dalam fotografi. Namun untuk memulai tidak perlu menggunakan alat lighting profesional, cukup memanfaatkan pencahayaan natural.

“Kita bisa memotret di teras atau di dekat jendela. Tapi harus tahu waktu yang tepat atau sering disebut golden hour untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat sehingga hasil jepretan akan maksimal,” jelas Meyani.

Terkadang di situasi tertentu agar mendapat pencahayaan lebih baik,  bisa diakali dengan menggunakan aluminium foil untuk memantulkan cahaya ke produk yang difoto.

2. Angle yang Tepat

Selanjutnya, tips foto produk dengan HP adalah memperhatikan angle atau arah yang tepat agar produk dapat tampil lebih menarik di foto. Meyani menyarankan untuk melihat foto-foto produk yang ada di media sosial untuk mendapatkan inspirasi. “Amati, tiru dan modifikasi,” ujarnya.

3. Edit Foto

Agar lebih menarik, Ia menyarankan untuk memoles foto hasil jepretan. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan di ponsel secara gratis. Bisa pakai Lightroom mobile, situs Canva, dan situs remove.bg. Ia sengaja menggunakan lebih banyak aplikasi web agar tidak membebani kapasitas penyimpanan handphone. Karena hp murah yang digunakan oleh masyarakat umum biasanya memiliki kapasitas yang rendah.

hasil foto produk OPPO A16
kiri: behind the scene pengambilan foto, kanan: hasilnya
Tinggalkan komen