Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Belajar Agama Secara Menyenangkan Sejak Dini Melalui Aplikasi AaBaTa Kids

Sebagai digital natives, anak-anak sekarang sudah banyak yang tak lepas dari gadget. Mereka sudah terbiasa mengakses YouTube untuk menonton berbagai video, bermain game dan sebagainya dari smartphone. Untuk itu, orang tua punya andil besar untuk mengarahkan ke hal yang positif. Terlebih di bulan suci Ramadhan, waktu yang tepat untuk mengajarkan anak belajar agama. Salah satu tools yang bisa dipakai dan familiar dengan dunia anak kecil modern adalah dengan menginstall aplikasi pembelajaran agama, salah satunya seperti aplikasi AaBaTa Kids.

Aplikasi AaBaTa Kids menyuguhkan beragam video animasi untuk anak-anak yang memperkaya pengetahuan dan wawasan Islami dari hal-hal ringan. Aplikasi ini dikembangkan oleh startup Whale Studio yang dimotori oleh sejumlah anak muda yaitu Bramanti Gumilar, Arief Gozali, Irfandi Prasetya, Arif Yaenudin dan Haryadi .

Menurut pihak Whale Studio, AaBata Kids merupakan sebuah portal video yang bekerjasama dengan beberapa studio animasi untuk anak yang bergerak dalam dunia Belajar Islam secara Fun.

Konten yang tersedia di dalamnya seperti cerita teladan yang dapat meningkatkan iman dan taqwa, Kisah-kisah nabi, kumpulan kumpulan doa hingga Belajar Islam dari mulai Belajar Hijaiyah sampai Bahasa Arab. Semua dikemas dalam bentuk animasi yang lucu dan menginspirasi sebagai‎ teman disaat luang dan dapat menjadi hal yang dapat dilakukan ketika menunggu waktu berbuka dibulan puasa.

Aplikasi AaBaTa Kids diluncurkan bertepatan dengan bulan Ramadhan yang diharapkan pada bulan penuh berkah ini, dapat menjadi langkah nyata awal untuk membawa seluruh umat Muslim khususnya anak-anak agar dapat menjaga kualitas ibadah, kebajikan dan kegiatan positif setelah Ramadhan.

Screenshot aplikasi AaBaTa Kids
Related Posts
1 daripada 298

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis untuk smartphone Android di Google Play Store. Menurut pendapat kami, desain antarmuka aplikasi ini cukup bagus, bersih, dan sederhana dengan tampilan yang atraktif agar lebih disukai anak kecil. Tak hanya tampilan, fitur-fitur di aplikasi AaBaTa Kids pun masih sangat sederhana.

Hanya ada tiga menu utama yaitu Category, Popular, dan Favorits. Category adalah pengklasifikasian video berdasarkan kategori tertentu untuk mempermudah pengguna mencari konten sesuai kebutuhan. Kemudian Popular untuk melihat video yang paling sering dilihat, dan terakhir Favorite di mana pengguna bisa menandai video yang disukai.

Semua konten video ternyata berasal dari YouTube. Sehingga tanpa aplikasi inipun, sebenarnya Anda bisa mengaksesnya. Namun tentu saja aplikasi AaBaTa Kids ini mempermudah untuk menemukan video pembelajaran agama untuk anak-anak karena telah dikurasi  oleh pengembang.

Dalam waktu dekat, AaBaTa Kids mengungkapkan akan mengembangkan beberapa fitur seperti offline mode, suggestion video, subscription, comment rating, dan user video upload untuk memberikan kesempatan para animator konten Islami untuk mempublikasi karyanya di AaBaTa Kids.

Dan untuk memperkaya konten, pihak developer juga menyatakan setiap hari akan selalu ada minimal 5 video-video menarik dan terpilih yang di unggah agar anak-anak dapat nikmati untuk menambah wawasan. Tentu saja, inisiatif seperti ini patut diapresiasi. Arah pengembangannya pun masih terbuka luas. Bisa saja tidak hanya fokus di video, namun merambah ke game Islami, belajar bahasa Arab secara interaktif, Al-Quran digital, dan sebagainya.

This post is also available in: enEnglish (English)