Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tips Membuat Password Unik dan Mudah Diingat

Password adalah metode autentikasi untuk melindungi akses, baik ke file atau aplikasi tertentu maupun ke akun online. Kaspersky Lab menganjurkan pengguna bahwa kata sandi (password) yang kuat dan efektif adalah password yang unik dan mudah diingat. Tetapi tentu tak gampang untuk membuat password unik yang aman dan mudah diingat. Sementara jika password sederhana, bisa mudah ditebak dan berisiko.

Berikut ini akan diungkap beberapa langkah mudah untuk membuat serangkaian password unik. Tersedia juga aplikasi untuk mengelola password yang akan mengingat kata sandi secara proaktif bagi penggunanya.

Password Unik
Password Unik

Langkah Membuat Password Unik

  1. Buat bagian password yang tak berubah
    Bagian password tersebut bisa berupa kutipan film, sajak anak-anak, frase, lirik lagu atau hal lain serupa yang berkesan bagi kamu. Cukup gunakan huruf pertama dari tiga sampai lima kata pertama dan tambahkan karakter khusus di antara setiap huruf. Karakter khusus tersebut bisa berupa @ atau # atau lainnya.
  2. Tambahkan kekuatan asosiasi
    Ketika membuat akun online seperti Facebook, Twitter, e-commerce dan lain-lain gunakan kata pertama password sebagai kata yang berhubungan dengan situs tersebut. Misalnya ketika membuat kata sandi untuk Twitter, hal yang terpikir adalah logo burung, maka tambahkan kata “burung”. Kata tersebut boleh diketik dalam huruf besar atau huruf kecil dan diletakkan di akhir deretan statis sebelumnya.

Ketika terpikir lirik lagu “Kuakui kau memang manis, tapi kau iblis, kau pikir kaulah segalanya” dan karakter khusus yang digunakan adalah #. Maka password untuk Twitter tersebut adalah K#K#M#M#T#K#I#K#P#K#Sburung. Password tersebut sepertinya memang tak masuk akal, tetapi karena bersifat pribadi dan paham mengenai sistem yang dipakai untuk menghasilkan password, maka akan mudah mengingatnya.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi pengelola password seperti Kaspersky Password Manager. Bila masih khawatir lupa akan password yang sudah dibuat, maka cara terbaik dalam menyimpan, mengingat dan mengisi ulang password yang aman adalah dengan memakai aplikasi.

Perangkat lunak tersebut merupakan solusi aman untuk menyimpan dan melindungi password. Tersedia fitur enkripsi yang kuat untuk meminimalkan ancaman pelanggaran data oleh pihak ketiga.
Nah setelah memahami tips-tips membuat password yang aman dan mudah diingat, yuk mulai coba mempraktikkannya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.