Sebelum Pinjam Uang, Kenali 5 Modus Pinjol Ilegal Jerat Korban

Jakarta, Gizmologi – Satuan Tugas Waspada Investasi membagikan ciri-ciri utama layanan pinjaman online ilegal yang kian meresahkan.  Salah satu cara mengenali modus pinjol ilegal adalah mewaspadai penawaran pinjaman lewat pesan singkat.

“Kita selalu kenal dua ‘L’, legalitas dan logis,” kata Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing, Kamis (11/11/2021).

Kedua hal tersebut, menurut Tongam, harus selalu diingat terutama ketika mendapatkan penawaran layanan pinjaman online. Untuk itu, ketika mendapat tawaran pinjaman online, kembali pada prinsip dua “L”, pertama, pengguna harus mengecek legalitas pemberi pinjaman di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan.

Baca juga: Harlbolnas 11.11 Jangan Kebablasan, Inilah 11 Tips Penting Perencanaan Keuangan

Sebaiknya, setiap mendapatkan informasi tentang pinjaman online, masyarakat selalu mengecek daftar tersebut karena OJK secara berkala memperbaruinya. Beberapa waktu lalu, OJK menutup perusahaan tekfin di bidang pinjaman atau lending karena praktik mereka tidak sesuai aturan.

“Selain situs resmi OJK, asosiasi perusahaan teknologi finansial juga meluncurkan situs cekfintech.id untuk mengecek penyedia pinjaman online yang legal,” imbuh Tongam.

Selain itu, kata Tongam masyarakat harus berpikir logis apakah tawaran yang diberikan masuk akal. Jika sampai menggunakan layanan pinjaman online ilegal, masyarakat akan merugi secara materiel maupun imateriel.

Korban akan mendapatkan bunga dan denda tinggi, namun, jangka waktu pinjaman sangat singkat. Sementara secara imateriel, korban mendapatkan teror dan intimidasi ketika penagihan.

Tips Mengetahui Modus Pinjol Ilegal

Ilustrasi fintech ilegal (Foto: 123rf/zerbor) pinjaman online
Ilustrasi fintech ilegal (Foto: 123rf/zerbor)

Setelah memahami 2 L, yaitu legalitas dan logis, maka kita akan menjadi lebih mudah untuk mengetahi modus pinjol ilegal. Berikut ini adalah sejumlah modus pinjol ilegal yang biasanya dipakai untuk menjerat korbannya:

1. Penawaran melalui pesan singkat

Modus pinjol ilegal, menurut Tongam, menawarkan layanan melalui pesan singkat, baik dalam bentuk SMS maupun pada aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

“Kami pastikan SMS dan WhatsApp yang menawarkan pinjaman online itu (adalah) ilegal. Masyarakat harus hati-hati,” kata Tongam.

2. Pesan penagihan intimidatif

Pinjol ilegal akan mengirim pesan yang intimidatif kepada kontak tersebut agar kreditur membayar pinjaman mereka. Bahkan salah satu korbannya yang belum lama ini mengemuka adalah sebuah pinjol ilegal bermodus  Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang meneror warga Wonogiri hingga gantung diri.

Pelaku berinisial WJS, seorang warga negara Tiongkok membangun sistem pembayaran bernama FLINPAY dan mendirikan Koperasi Simpan Pinjam Inovasi Milik Bersama (KSP-IMB).

3. Aplikasi pinjol ilegal minta akses banyak pada smartphone

Selain penawaran melalui pesan singkat, aplikasi buatan pinjaman online ilegal biasanya meminta akses yang begitu banyak, terutama untuk penyimpanan perangkat dan daftar kontak. Akses terhadap kontak yang inilah menyebabkan teror bagi kreditur.

4. Mereplikasi nama yang mirip dengan fintech lending legal

Modus pinjol ilegal terkadang mengiklankan produknya dengan menggunakan nama yang mirip seperti fintech lending legal untuk mengelabui korbannya. Misalnya hanya berbeda spasi, satu huruf, huruf besar/kecil mirip seperti fintech lending legal untuk mengelabui korbannya.

Bahkan, banyak modus pinjol ilegal yang memasang logo OJK dalam iklannya untuk menipu calon korban. Jadi memang harus lebih berhati-hati lagi mengeceknya.

5. Modus pinjol ilegal langsung transfer ke rekening korban

Modus pinjol ilegal berikutnya adalah langsung melakukan transfer sejumlah uang ke rekening korban, padahal korban tersebut tidak pernah meminjam dana pada pinjol ilegal yang melakukan transfer.

Niat dibalik tindakan ini adalah agar pinjol ilegal dapat meneror korban dan menagih denda apabila telah melebihi tempo.

Nah, itulah berbagai macam modus pinjol ilegal yang wajib kamu ketahui sebelum melakukan pinjaman.

Tinggalkan komen