Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jam Pintar Amazfit Bip U Bisa Deteksi 60 Jenis Olahraga

0 1.532

Sebagai produsen aksesori smartphone terutama wearable, Huami cukup rajin untuk rilis produk baru sepanjang tahun 2020 ini. Beberapa pekan lalu, Amazfit Neo dihadirkan dengan desain yang mirip seperti jam tangan retro pada umumnya, namun memiliki fitur-fitur smartwatch seperti sensor detak jantung dan sports tracker.

Sementara yang satu ini meneruskan DNA dari smartwatch Huami yang sudah sangat populer sebelumnya, kini punya layar lebih besar. Rilis di India, Amazfit Bip U hadir sebagai jam tangan pintar yang difokuskan untuk olahraga. Fiturnya lebih lengkap dari Bip S yang rilis pertengahan tahun kemarin, dengan harga perkenalan yang justru lebih murah.

Baca juga: Amazfit Neo Hadir di Indonesia, Smartwatch Retro Rp400 Ribuan

Amazfit Bip U Hadir dengan Layar Lebih Besar

Amazfit Bip U

Desainnya sendiri terlihat mirip dengan Amazfit Bip yang bisa Gizmo friends dapatkan di Mi Store resmi Indonesia. Namun kalau dilihat-lihat dari foto di atas, terlihat tampilan layar yang lebih penuh atau lebih besar. Ya, Amazfit Bip U memang hadir dengan layar ekspansif, berdimensi 1,43 inci dengan resolusi 320 x 320. Dari daftar spesifikasi, tak tertulis bila panelnya gunakan TFT transflektif.

Layar tersebut terlindung permukaan kaca 2.5D, sementara materialnya masih sama dengan dua generasi sebelumnya, gunakan bodi plastik polikarbonat ditambah dengan strap dari silikon lebar 20mm. Punya bobot 31 gram, Amazfit Bip U punya tingkat ketahanan air 5 ATM alias hingga 50 meter, sehingga aman dan cocok untuk digunakan saat berenang.

Ya, selain mampu catat progress olahraga saat berenang, Amazfit Bip U bisa mendeteksi sampai 60 jenis olahraga lainnya, termasuk lari, pilates, ballet, belly dance, muay thai dan lainnya. Banyak sekali jenis olahraga yang didaftarkan oleh Huami, maka tak heran bila smartwatch ini dipasarkan dengan fokus untuk kesehatan.

Dilengkapi sensor optik BioTracker 2 PPG dan akselerometer 6-axis, jam tangan pintar nan murah ini juga bisa deteksi detak jantung otomatis sepanjang hari, sampai kadar oksigen dalam darah atau SpO2. Saat berolahraga, layarnya akan menunjukkan bila pengguna sedang masuk dalam zona fat burn. Sementara fitur Stress Monitoring mampu berikan petunjuk untuk atur nafas bila diperlukan.

Dengan baterai berkapasitas 225 mAh, durasi penggunaan Amazfit Bip U memang tak seawet produk sebelumnya, alias ‘hanya 9 hari’. Setidaknya tidak perlu diisi daya tiap malam, bisa digunakan sembari tidur untuk monitor kualitas tidur seperti durasi deep, light sleep & REM.

Harga Amazfit Bip U di India

Varian warna Amazfit Bip U

Amazfit Bip U hadir dengan sistem operasi RTOS, kompatibel baik untuk smartphone Android dan iOS (masing-masing minimal versi 5 & 10), dipasangkan lewat aplikasi Zepp. Ada 50 opsi watch face yang bisa dipilih sejak awal unit dibeli, dengan harga resmi INR5,999 atau Rp1,2 jutaan.

Namun sama seperti kebanyakan produk Xiaomi yang dihadirkan di Indonesia, Huami bakal berikan harga perkenalan khusus saat perangkat ini dijual pertama kali di Amazon India, 16 Oktober mendatang. Jauh lebih murah, hanya INR3,499 atau Rp700 ribuan saja.