Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Smartwatch Amazfit Bip S Punya Daya Tahan Baterai 45 Hari

1 4.082

Sebelum hadirnya realme Watch, pasar jam tangan pintar atau smartwatch murah umumnya didominasi oleh Amazfit Bip, produk rilisan Huami yang didukung oleh Xiaomi. Smartwatch tersebut sudah hadir resmi di Indonesia dan tersedia di Mi Store, menawarkan daya tahan baterai hingga 45 hari (dengan penggunaan tertentu). Kini suksesornya baru saja diperkenalkan di India, diberi nama Amazfit Bip S dan bawa beberapa peningkatan krusial.

Smartwatch ini awalnya sudah diperkenalkan pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) Januari lalu. Luarannya memang terlihat sama, tapi Huami berikan ragam peningkatan baik pada hardware serta fitur di dalamnya, yang kini lebih pas bila digunakan untuk berolahraga. Bodinya masih terbuat dari plastik polikarbonat, namun kini hadir dalam sentuhan khusus.

Baca juga: Mi True Wireless Earphones 2, Perangkat TWS Terbaru Xiaomi Indonesia

Amazfit Bip S Bawa Sensor Yang Lebih Akurat

Amazfit Bip SDengan teknologi two-tone, bodi Amazfit Bip S akan terlihat seperti memiliki dua warna ketika terkena sinar matahari dari sudut tertentu. Strap atau band-nya juga dibuat melalui proses manufaktur khusus, “molecular lattice technology”, sehingga lebih tahan kotor dan bisa tetap lembut serta kering. Lebarnya masih sama, yaitu 20mm dan hadir dalam beberapa pilihan warna.

Sementara layarnya masih sama, menggunakan panel TFT transflektif berdimensi 1,28 inci dengan resolusi 176 x 176 dan color gamut 64 warna RGB. Di balik layar tersebut, Huami berikan sensor GPS yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Yaitu Sony 28nm, yang diklaim dapat hasilkan titik lokasi lebih akurat serta lebih hemat daya. Selain itu, Amazfit Bip S juga mendukung pendeteksi denyut jantung selama 24 jam.

Sensornya juga diperbarui, kini tiga kali lebih besar serta LED pencahayaan tujuh kali lebih cerah, meningkatkan akurasi hingga 98% dan menggunakan daya hanya 1/5 dari generasi sebelumnya. Dengan baterai 190 mAh, smartwatch ini diklaim dapat menyala hingga 40 hari sekali charge, atau 90 hari standby. Kalau digunakan untuk berolahraga menggunakan sensor GPS, masih bisa menyala sampai 22 jam non-stop. Proses pengecasannya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, alias belum mendukung teknologi fast charging.

Pada sisi fitur, Amazfit Bip S kini membawa mode olahraga dengan 10 pilihan kegiatan, jauh lebih banyak dari generasi sebelumya. Selain berlari dan bersepeda, kini ada opsi untuk mendeteksi olahraga seperti free training, yoga, sampai indoor & outdoor swimming. Huami juga berikan fitur bernama Personal Activity Intelligence Assesment System, membantu penggunanya mengukur aktivitas jantung.

Dan sama seperti versi lama, Amazfit Bip S juga dapat digunakan untuk membaca notifikasi dari smartphone (baik Android & iOS), mengendalikan musik, melihat cuaca, alarm, mengangkat dan menutup telepon serta lainnya melalui konektivitas Bluetooth 5.0. Sudah dapat digunakan untuk berenang, smartwatch ini punya sertifikasi ketahanan air hingga 5 atmosfir.

Harga Amazfit Bip S

Amazfit Bip S

Huami menjual Amazfit Bip S di India dengan harga INR4,999, atau sekitar Rp930 ribuan. Harga tersebut tak jauh jika dibandingkan dengan harga jual Amazfit Bip generasi pertama saat ini di Indonesia. Sementara jika dibandingkan dengan realme Watch, masih sedikit lebih mahal mengingat realme mematok harga Rp780 ribuan di negara yang sama.

Smartwatch dari realme tawarkan layar yang lebih besar di 1,4 inci, serta fitur yang kurang lebih sama lengkapnya. Hanya saja punya sertifikasi lebih sederhana di IP68, serta daya tahan baterai yang jauh lebih singkat yaitu 7-9 hari. Dengan hadirnya kedua smartwatch murah, konsumen kini punya lebih banyak pilihan untuk terjun ke dunia wearables.