Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme Watch Diresmikan, Smartwatch Kaya Fitur Harga Rp700 Ribuan

1 5.914

Selain rilis smartphone baru, realme X50 Pro Player di China, realme juga mengadakan sebuah event di India dimana mereka perkenalkan serangkaian perangkat Artificial Intelligence of Things (AIoT) serta aksesoris. Salah satu perangkat yang diperkenalkan dan sudah dinanti-nanti adalah realme Watch, jam tangan pintar atau smartwatch pertama dari realme.

Meski menjadi smartwatch pertama, ini adalah perangkat wearable kedua dari realme, setelah sebelumnya rilis realme Band beberapa bulan lalu. Berbeda dengan smartwatch dengan sistem operasi Wear OS yang hanya tahan kurang dari seminggu, realme Watch diklaim bisa digunakan hingga 20 hari pemakaian. Dan tentunya, dirilis dengan harga yang sangat terjangkau layaknya aksesori realme lainnya.

Desain smartwatch-nya sendiri mengingatkan kepada dua perangkat serupa yang dirilis lebih dulu. Bagian bodi kotaknya memiliki sudut sirkular menyerupai Pebble Time, sementara tali atau strap-nya sangat mirip seperti Apple Watch. Kombinasi desainnya membuat smartwatch ini terlihat fresh dan cocok untuk anak muda, pasar utama yang dituju realme sebagai Tech Trendsetter.

Fitur-fitur realme Watch

realme Watch

Layar yang dimiliki perangkat ini berukuran 1,4 inci dengan resolusi yang cukup tinggi di 320×320 piksel, hasilkan kerapatan hingga 323ppi. Kaca 2.5D yang digunakan sudah terlindung oleh Gorilla Glass 3, mendukung 10 tingkatan kecerahan hingga 380 nits. Ketika dirilis awal nanti, realme Watch bakal memiliki 12 pilihan watch face secara langsung, dapat tampilkan waktu, cuaca, jumlah langkah, detak jantung serta kalori yang terbakar secara langsung.

Watch face tersebut bisa dipilih dari aplikasi realme Link maupun dari realme Watch, dan realme menjanjikan bahwa mereka akan hadirkan lebih dari 100 watch face baru lewat pembaruan software nantinya. Smartwatch ini gunakan antarmuka buatan sendiri, dengan fitur menarik seperti music control & camera control. Dan tentunya, bisa tampilkan notifikasi dari smartphone.

Untuk fitur kesehatannya sendiri, realme Watch dilengkapi sensor detak jantung yang mampu deteksi otomatis sepanjang hari, SpO2 monitor untuk mengecek kadar gula darah, sleep tracking serta 14 mode olahraga. Ya, lebih banyak dari realme Band, perangkat jam tangan pintar ini mampu deteksi kegiatan olahraga seperti bandminton hingga tenis meja. Dengan sertifikasi IP68, pengguna tak perlu takut jika jam tangan terkena air atau debu.

Kapasitas baterainya memang terdengar sangat kecil di 160 mAh. Namun realme mengklaim jika realme Watch tahan hingga 7 hari penggunaan dengan fitur detak jantung menyala atau 9 hari jika tak gunakan fitur tersebut. Ada juga mode hemat baterai yang bisa menambah durasi jauh lebih lama, sampai 20 hari. Oh ya, karena gunakan aplikasi realme Link sebagai metode sambung utama, smartwatch ini baru bisa digunakan dengan smartphone Android.

Baca juga: realme X50 Pro Player, Smartphone Khusus Gaming dengan Fitur HyperBoost 3.0

Harga realme Watch

realme Watch

realme sediakan dua jenis pilihan strap diameter 20mm untuk realme Watch; seri Classic Strap hadir dengan warna hitam, sementara Fashion Strap tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu merah, hijau serta biru. Smartwatch ini akan mulai hadir di India mulai 5 Juni mendatang melalui metode flash sale pada web resmi dan e-commerce Flipkart.

Harga yang dipatok untuk satu unit realme Watch adalah INR3,999 atau sekitar Rp780 ribuan saja. Cukup murah, bahkan lebih murah dari smartwatch yang hasil kerjasama Xiaomi dan Huami yang sudah sangat populer yaitu Amazfit Bip. Perangkat ini sangat cocok bagi mereka yang pertama kali ingin memiliki smartwatch tapi tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam. Akankah hadir di Indonesia? Kita nantikan kehadirannya ya.


Beli perangkat realme di:

Shopee.co.id Lazada.co.id Bli bli.com ERASPACE JD.ID