realme C25Y Usung Desain Lebih Segar & Tiga Kamera 50MP

India, Gizmologi – Setelah fokus hadirkan perangkat jenis baru seperti air purifier dan laptop pertamanya di Tanah Air, realme kini mencoba untuk hadirkan opsi terbarunya untuk lini smartphone terjangkau. Masuk dalam C series, realme C25Y diresmikan di India. Hadir membawa beberapa peningkatan dari dua seri sebelumnya.

Ya, yaitu realme C25 & realme C25s, di mana keduanya hadir membawa keunggulan pada sektor baterai. Sebelumnya, realme juga telah meresmikan seri realme C21Y dengan spesifikasi yang ‘menarik’. Pasalnya smartphone tersebut hadir gunakan tampilan antarmuka realme UI “R” edition. Tampil lebih mendekati stock Android alias lebih minim fitur.

Baca juga: Review realme C21Y: Lebih Kencang, Dirancang Khusus Belajar di Rumah

Hal yang sama juga dibawa ke realme C25Y. Smartphone ini tampil dengan sedikit penyegaran pada sektor desain, serta membawa sensor kamera utama beresolusi 50MP. Tren ini nampaknya bakal berlanjut, mengingat dua kompetitor lainnya sudah lebih dulu eksis. Sebut saja Redmi 10 dan vivo Y21s, yang juga bersaing dalam rentang harga mirip.

Gunakan Chipset Octa-core Milik Unisoc

realme C25Y

Bila sebelumnya hadir dengan desain geometri atau AG Split, kini realme C25Y memiliki back cover atau bodi belakang berpola garis vertikal. Smartphone realme terbaru ini memiliki bobot mencapai 200 gram, dengan ketebalan 9,1mm. Hadir dalam opsi warna Glacier Blue serta Metal Grey.

Dibuat sedikit unik dan modern, kini warna modul kamera realme C25Y dibuat sewarna bodi. Meski terlihat seperti ada empat sensor, salah satu di antaranya hanyalah lampu kilat. Setupnya sendiri tergolong standar; dua kamera 2MP untuk depth dan makro, sementara sensor utamanya beresolusi 50MP dengan diafragma f/1.8 dan dukungan PDAF.

Pengguna bisa ambil foto dalam resolusi penuh bila inginkan detail terbaik atau keperluan cropping pasca ambil foto. Sementara di situs resmi, disebutkan bila kamera depan realme C25Y punya resolusi 8MP dengan “premium sensor”. Selain desain dan kamera, masih ada dua perbedaan utama lainnya.

Tak gunakan chipset rilisan MediaTek maupun Qualcomm, realme C25Y ditenagai oleh cip T610 dari Unisoc. Jangan berburuk sangka dulu, karena arsitektur CPU-nya cukup oke, dengan 2 inti Cortex-A75 serta 6 inti Cortex-A55, di mana semuanya memiliki clock speed 1,8GHz.

Kapasitas Baterai realme C25Y Sedikit Mengecil

realme C25Y

Dengan fabrikasi 12nm, tentu daya dari kapasitas baterai yang mengecil bisa lebih dihemat. Ya, alih-alih tetap gunakan baterai 6,000 mAh, kapasitasnya justru sedikit menurun di 5,000 mAh. Dukungan fast charging 18W tetap tersedia di realme C25Y, meski port yang digunakan masih micro USB, alias belum ditingkatkan.

Spesifikasi lainnya masih sama seperti generasi-generasi sebelumnya. Dengan mode Super Power Saving, baterai yang tersisa 5% pada realme C25Y bisa digunakan untuk mendengarkan musik di Spotify sampai 6 jam, maupun telepon sampai 2,2 jam. Sementara layarnya punya dimensi 6,5 inci, beresolusi HD+ serta gunakan desain poni waterdrop notch.

Sensor sidik jari pada realme C25Y masih diletakkan pada bodi belakang, belum mengikuti jejak vendor lain yang mulai memindahkan peletakannya di samping kanan bodi. Dan untuk penyimpanan ekstra lega, diberikan slot kartu microSD dedicated yang mendukung kapasitas sampai 256GB.

Dalam penjualan perdananya, realme India membuka jalur pemesanan daring untuk realme C25Y pada tanggal 20 September mendatang, dengan pengiriman di tanggal 26. Dengan dua opsi varian memori (4/64GB & 4/128GB), smartphone ini dibanderol mulai INR10,999 (Rp2,1 jutaan).

Tinggalkan komen