Xiaomi Redmi 10 Diresmikan dengan Kamera 50MP & Layar 90Hz AdaptiveSync

China, Gizmologi – Setelah rumornya mulai santer beredar sejak awal Agustus, akhirnya smartphone terjangkau paling baru dari Xiaomi resmi debut. Mengusung spesifikasi kamera yang menggiurkan, Xiaomi Redmi 10 tampil dengan desain sepenuhnya baru. Juga unggulkan performa dan layar terbaik di kelasnya.

Selalu dikenal dengan smartphone yang punya spesifikasi tinggi, generasi sebelumnya, Redmi 9 juga menjadi juara pada segmen entry-level. Untuk harga kurang dari Rp2 juta, Xiaomi bisa berikan sebuah smartphone dengan setup kamera lengkap termasuk sensor ultra-wide. Generasi terbarunya juga sama, hanya saja sensor utamanya dibuat jauh lebih berkualitas.

Baca juga: Xiaomi Mi Pad 5 Hadir dengan Layar 11 Inci & Chipset Flagship

Keunggulan tersebut nampaknya ingin sekali ditonjolkan oleh Xiaomi, termasuk secara literal. Terlihat dari desain bodi belakangnya yang didominasi oleh modul kamera menonjol, lengkap dengan aksen berwarna silver. Hadir dalam tiga warna, opsi Carbon Gray dan Pebble White tampil dengan permukaan matte menyerupai kaca, meski sejatinya terbuat dari plastik.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 10

Xiaomi Redmi 10

Khusus warna Sea Blue, finishing-nya dibuat glossy dan mampu pancarkan warna gradasi menarik. Redmi 10 tergolong ringan, memiliki bobot 181 gram saja, dengan ketebalan sekitar 8,92mm. Sensor sidik jarinya juga tentu sudah dipindahkan dari bodi belakang ke samping, menyatu bersama tombol power.

Jadi salah satu unggulan utamanya, Redmi 10 mengusung layar 6,5 inci full HD+ dengan refresh rate maksimum 90Hz. Spesifikasi ini mungkin terdengar biasa saja, namun ingat, segmen harganya lebih terjangkau. Dan tak hanya itu, layar berjenis punch-hole tersebut mendukung teknologi AdaptiveSync.

Dengan begitu, refresh rate dapat menyesuaikan konten, bisa turun hingga 45Hz untuk efisiensi baterai. Kapasitas baterai Redmi 10 mencapai 5,000 mAh, mendukung 18W fast charging & 9W reverse charging lewat port USB-C. Dan seperti biasa, Xiaomi justru berikan adapter 22,5W dalam paket penjualannya.

Xiaomi Redmi 10

Tetap gunakan chipset dari MediaTek, Xiaomi Redmi 10 dipersenjatai dengan varian yang relatif baru, yaitu Helio G88. Cip ini merupakan penyempurnaan dari seri G85, lebih kuat jalankan layar dengan refresh rate tinggi. Kapasitas RAM-nya sendiri tersedia hingga 6GB, plus penyimpanan internal 128GB.

Beralih ke keunggulan lainnya, yaitu kamera Redmi 10. Jauh meningkat dari Redmi 9, smartphone ini dibekali sensor utama beresolusi 50MP, paling tinggi di kelas Redmi (kecuali Redmi Note, tentunya). Tak disebutkan apakah sensor ini bakal memanfaatkan teknologi pixel-binning.

Sementara tiga sensor lainnya tergolong standar, yaitu 8MP ultra wide-angle, 2MP depth sensor & 2MP macro. Sementara kamera 8MP yang disematkan di depan dilengkapi fitur panorama selfie, agar pengguna bisa memuat lebih banyak orang atau pemandangan lebih luas dalam satu tangkapan foto. Plus berfungsi ganda sebagai fitur face unlock, tentunya.

Punya Speaker Stereo, Harga Redmi 10 Sedikit Lebih Mahal

Xiaomi Redmi 10

Dan tentunya, menjadi ciri khas smartphone Redmi, Xiaomi Redmi 10 datang membawa konektivitas lengkap. Mulai dari jack audio 3,5mm, sensor inframerah sampai setup speaker stereo. Juga sudah menjalankan tampilan antarmuka MIUI 12.5 terbaru berbasis Android 11.

Yang cukup unik, negara pertama yang kebagian penjualan perdana Redmi 10 bukanlah India atau pun Indonesia. Melainkan negara tetangga, Malaysia dengan penjualan kisaran pertengahan Agustus 2021 ini. Apakah harganya bakal tetap terjangkau?

Tersedia dalam varian memori 4/64GB & 6/128GB, masing-masing memiliki banderol harga RM649 (Rp2,2 jutaan) & RM749 (Rp2,5 jutaan). Ya, sangat wajar bila harganya sedikit naik. Mungkin untuk kelas sejutaan, sudah cukup dengan Redmi 9T yang justru mengusung baterai lebih besar di 6,000 mAh.

Tinggalkan komen