Xiaomi Mi Pad 5 Hadir dengan Layar 11 Inci & Chipset Flagship

China, Gizmologi – Ketika pasar perangkat tablet mulai mendominasi akibat adanya pandemi, berbagai vendor jadi lebih banyak merilis varian terbarunya di 2021. Sebagai perusahaan elektronik yang punya ekosistem lengkap, tentu saja Xiaomi tak mau melewatkan kesempatan dengan merilis Mi Pad 5 series.

Ya, selama ini Xiaomi memang sudah pernah merilis perangkat layar besar kompak satu ini. Hanya saja, ketersediaannya selalu terbatas, dan situasi tersebut dapat berubah dengan peluncuran Mi Pad 5 & Pad 5 Pro, diperkenalkan bersamaan dengan Xiaomi Mix 4. Meski harganya tergolong terjangkau, spesifikasi dari tablet Android Xiaomi ini cukup menarik.

Baca juga: Xiaomi Mix 4 Jadi Smartphone Pertama di Dunia dengan Chipset Snapdragon 888 Plus

Perbedaan utama Mi Pad 5 & Pad 5 Pro 5G cukup beragam tiap variannya, sementara sisanya kurang lebih sama. Dirancang sangat tipis dengan ketebalan hanya 6,86mm saja, bobotnya juga ringan di 610 gram. Tampilannya sendiri bisa dibilang mirip iPad Pro, kecuali desain modul kamera belakangnya (dan opsi warna lebih ngejreng).

Varian 5G Punya Sensor Kamera 50MP

Xiaomi Mi Pad 5

Xiaomi memutuskan untuk gunakan layar 11 inci pada Mi Pad 5 series. Punya bezel tipis dan seimbang di keempat sisinya, resolusinya mencapai 2560 x 1600 piksel, lengkap dengan refresh rate 120Hz. Menggunakan standar warna 10-bit, Dolby Vision plus dukungan konten HDR10. Kecerahannya bisa mencapai nilai maksimum 500 nits.

Untuk mengakomodir layarnya yang superior, disematkan 4 speaker (atau total 8 speaker pada varian Pro) yang mendukung efek Dolby Atmos. Sementara untuk chipset-nya, Snapdragon 860 pada Mi Pad 5 & Snapdragon 870 untuk versi 5G dan Pro. Semuanya hadir dengan opsi penyimpanan internal sampai 256GB.

Xiaomi Mi Pad 5

Kamera depannya sendiri beresolusi 8MP, mendukung face unlock. Sementara varian kamera belakang pada Mi Pad 5 series dibuat berbeda-beda; satu sensor 13MP untuk varian dasar, 13+5MP ultra-wide untuk versi Pro, dan 50+5MP depth sensor untuk versi 5G-nya. Kapasitas baterai keduanya pun dirancang berbeda.

Bila Mi Pad 5 punya baterai besar 8,720 mAh yang mendukung 33W fast charging, Pad 5 Pro sedikit lebih kecil di 8,600 mAh, namun dilengkapi 67W ultra fast charging. Selain hardware yang capable, Xiaomi juga untuk pertama kalinya perkenalkan tampilan antarmuka khusus tablet, MIUI for Pad.

Hadir Lengkap dengan Aksesori Pendukung Produktivitas

Xiaomi Mi Pad 5

Dilihat dari tampilan utama atau homescreen, memang serupa dengan iPadOS atau HarmonyOS milik Huawei. Dirancang agar mampu tingkatkan produktivitas, Xiaomi sebutkan bila saat ini sudah ada kurang lebih 300 aplikasi mainstream yang telah dioptimalkan untuk Mi Pad 5 series.

Mulai dari split screen, membuka aplikasi dalam jendela kecil, hingga beragam jenis input. Xiaomi juga lengkapi Mi Pad 5 dengan aksesori seperti stylus yang dilengkapi dua tombol untuk presentasi, serta keyboard cover yang punya tombol Esc dengan fungsi selayaknya komputer desktop.

Xiaomi Mi Pad 5 series sudah tersedia secara pre-order di negara asalnya. Varian termurah dengan jaringan Wi-Fi dan memori 6/128GB dibanderol CNY1,999 saja, atau sekitar Rp4 jutaan. Sementara versi termewah dengan dukungan 5G dan memori 8/256GB bisa didapatkan dengan harga CNY3,499 (Rp7,7 jutaan).

Tinggalkan komen