Apple Perkenalkan AirPods 3, Bawa Desain Baru & Fitur Spatial Audio

Jakarta, Gizmologi – Apple akhirnya kembali mengadakan acara peluncuran virtualnya, tak lama setelah resmikan iPhone 13 series secara global. dalam gelaran tersebut, perangkat hardware yang pertama kali diperkenalkan adalah wearable berjenis earphone TWS, yaitu AirPods 3 (atau AirPods 3rd Generation). Tampil dengan desain baru.

Dari semua jenis perangkat yang dirilis, konsumen memang telah menanti regenerasi alias seri terbaru dari AirPods. Menjadi salah satu pelopor earphone yang benar-benar tanpa kabel, rumornya sendiri sudah beredar sejak awal tahun. Namun Apple pada akhirnya baru perkenalkan seri terbarunya menjelang akhir tahun 2021. Dan juga bukan sebagai penerus AirPods Pro.

Ya, sesuai dengan namanya, AirPods 3 adalah pembaruan dari AirPods 2—yang kemudian diturunkan harganya. Greg Joswiak, Senior Vice President untuk Worldwide Marketing, Apple mengatakan bila AirPods terbaru ini turut membawa fitur-fitur unggulan, seperti Adaptive EQ hingga audio spasial. Diklaim bakal menjadi earphone nirkabel terlaris di dunia berikutnya.

Baca juga: Fitur Find My Kini Bisa Digunakan Untuk Cari AirPods Pro yang Hilang

AirPods 3 Bawa Fitur Audio Milik AirPods Max

AirPods 3

Perubahan langsung terlihat dari segi desainnya, di mana AirPods 3 nampak gabungkan desain dua seri AirPods lainnya. Bagian earbud lebih mirip versi Pro meski tanpa eartip, sementara bagian stem dirancang lebih pendek dari AirPods 2, sehingga lebih terlihat “tersembunyi” saat digunakan, dengan metode pengendalian selengkap varian Pro.

Baik earbud dan case-nya sama-sama dirancang tahan cipratan air berkat sertifikasi IPX4. Untuk kualitas audio, driver kustom pada AirPods 3 dipasangkan bersama amplifier yang punya rentang dinamis tinggi, untuk berikan kualitas bass yang menggigit serta frekuensi tinggi yang bersih. Mikrofonnya terlapisi oleh mesh tambahan untuk meminimalisir hembusan angin, agar panggilan suara lebih jelas.

Dan untuk kualitas panggilan lebih jernis, diberikan dukungan codec AAC-ELD, untuk suara yang lebih jernih dan natural ketika menggunakan AirPods 3 dalam panggilan FaceTime. Plus, teknologi audio komputasi seperti audio spasial dan Adaptive EQ juga diturunkan dari Pro dan AirPods Max.

Dibanderol Kurang dari Rp2 Juta

AirPods 3

Sensor khusus hadir selayaknya wear detection seperti pada TWS lain, berfungsi untuk menghentikan atau melanjutkan musik secara otomatis ketika perangkat dipasang atau dicopot. Belum dilengkapi dengan ANC, namun mikrofonnya sudah dirancang untuk lebih fokus ke suara pengguna, termasuk perintah suara “Hey Siri” tanpa perlu menekan tombol apa pun.

Peningkatan terakhir yang juga penting untuk dihadirkan ke AirPods 3 adalah daya tahan baterainya. Kalau generasi sebelumnya dikeluhkan berkat baterai yang hanya berkisar 3 – 4 jam saja, AirPods 3 diklaim bisa sampai 6 jam untuk mendengarkan musik, atau empat jam menelepon. Digabungkan dengan case, bisa diisi daya sampai 4 kali, dengan total 30 jam.

Dalam halaman produknya, diinformasikan bila AirPods 3 mendukung MagSafe charging, yang berarti varian standarnya pun sudah bisa diisi daya secara nirkabel. Untuk harganya sendiri, dibanderol di USD179 atau Rp2,5 jutaan. Sementara AirPods 2 turun harga menjadi USD129 (Rp1,8 jutaan).

Tinggalkan komen