Fitur Find My Kini Bisa Digunakan Untuk Cari AirPods Pro yang Hilang

Jakarta, Gizmologi – Sudah sejak lama, smartphone kita dilengkapi dengan fitur khusus yang dapat dilacak ketika sekejap hilang. Hal yang sama tentu bakal sangat bermanfaat bila juga diterapkan ke perangkat aksesori wearables seperti smartwatch maupun earphone TWS. Mengingat dimensinya kecil dan lebih rawan terselip.

Pada beberapa earphone TWS, vendor berikan opsi untuk mencari perangkat dengan membuat perangkat tersebut mengeluarkan bunyi. Tentunya, fitur ini bakal terasa sia-sia bila lokasinya terlalu jauh, atau berada dalam ruangan ramai sehingga tak terdengar. Untuk itu, Apple berikan fitur yang lebih canggih, dengan mengintegrasikan jaringan Find My ke aksesori yang mendukung.

Baca juga: Apple Dipaksa Uni Eropa untuk Ganti Adapter USB Type-C

Selain untuk mencari perangkat Apple seperti iPhone hingga AirTag, mulai saat ini, pengguna earphone nirkabel premium rancangan perusahaan yang berlokasi di Cupertino tersebut dapat melakukan proses pencarian dengan mudah lewat aplikasi Find My. Sebelumnya, fitur ini diperkirakan hadir bersamaan dengan iOS 15, namun ternyata harus sedikit mundur dari jadwal.

Mampu Lakukan Pencarian Saat Perangkat Hilang

Find My AirPods

Ya, kurang lebih tiga pekan sejak iOS 15 dirilis, akhirnya muncul pembaruan perangkat lunak untuk dua seri perangkat audio nirkabel tercanggih dari Apple, yaitu AirPods Pro dan AirPods Max. Fungsi aplikasi Find My pun sudah diperbarui pada situs halaman dukungan resminya, memperlihatkan opsi yang berbeda bila dibandingkan dengan AirPods biasa.

Kalau seri biasa hanya bisa melihat lokasi terakhir dan menyalakan suara, khusus di AirPods Pro dan AirPods Max, pengguna bisa pilih opsi find nearby, memunculkan notifikasi bila perangkat tertinggal, sampai mengaktifkan Lost Mode (plus notifikasi bila berhasil ditemukan). Alias kurang lebih sama canggihnya seperti AirTag.

Dikutip dari The Verge, baik AirPods Pro dan AirPods Max sama-sama tak dilengkapi cip “U1” alias ultrawide-band seperti pada AirTag. Sehingga saat mengaktifkan mode pencarian “Find Nearby”, tampilan aplikasi Find My tak bisa benar-benar berikan petunjuk spesifik. Hanya informasi apabila masih jauh atau sudah dekat saja.

Bila tanpa U1, bagaimana pengguna dapat menemukan AirPods Pro maupun AirPods Max mereka yang hilang? Ketika fitur “Lost Mode” diaktifkan, perangkat akan secara otomatis dapat ditemukan oleh jutaan perangkat Apple yang ada, selama masuk ke dalam jarak pencarian dari konektivitas Bluetooth. Ketika ditemukan, Find My bakal berikan petunjuk langsung ke penggunanya. Sebuah manfaat yang menarik untuk perangkat satu ekosistem.

Pembaruan Fitur Bakal Hadir Otomatis

Find My AirPods

Lalu bagaimana cara mendapatkan pembaruan perangkat lunak yang hadirkan fitur pencarian AirPods Pro/Max yang hilang ini? Sayangnya, kamu tak bisa melakukan proses update secara manual, alias hanya akan bisa berjalan otomatis. Selama selalu tersambung ke smartphone, harusnya akan naik versi sendiri.

Namun bila Gizmo friends ingin melakukan pengecekan, bisa masuk ke menu Settings – General – About, lalu pilih AirPods. Pada bagian “firmware version”, lihat apakah versinya sudah naik ke 4A400. Kalau sudah, maka fitur pencarian sudah bisa ditemukan lewat aplikasi Find My. Khusus AirPods Pro, pemilik bahkan dapat lakukan pencarian untuk masing-masing earbud kiri dan kanan, bila memang terlepas dari case.

Meski umurnya sudah memasuki hampir dua tahun, bisa dibilang AirPods Pro masih dapat berikan standar active noise cancellation terbaik untuk perangkat TWS. Begitu pula dengan kualitas panggilan suaranya, lewat jumlah mikrofon yang ada. Sementara untuk AirPods Max, sudah terjual resmi dengan harga Rp8,999 juta.

Tinggalkan komen