Xiaomi Watch Color 2 Hadir dengan 200 Pilihan Watch Faces

China, Gizmologi – Lain di Indonesia, lain juga di negara asalnya. Perusahaan elektronik yang mulanya dikenal dengan smartphone Android murah, Xiaomi baru saja merilis perangkat wearable terbaru di China. Bukan TWS seperti yang baru saja diresmikan di Tanah Air, melainkan Xiaomi Watch Color 2, alias sebuah smartwatch.

Ya, jam tangan pintar Xiaomi ini hadir untuk perbarui seri Mi Watch Color pertama, diperkenalkan pada 2019 lalu. Mengikuti metode penamaan baru, Xiaomi Watch Color 2 menghapus kata “Mi” agar lebih simpel, serta diluncurkan pada acara yang sama dengan Xiaomi CIVI. Nampaknya keduanya pun hanya eksklusif untuk pasar lokal saja.

Baca juga: Xiaomi CIVI, Smartphone Stylish dengan Chipset Snapdragon 778G

Di Indonesia sendiri, ekosistem produk Xiaomi sudah sangat luas, mencakup wearables, komputer seperti RedmiBook 15 sampai alat rumah tangga seperti vacuum cleaner dan air purifier. Untuk smartwatch, diberikan dua opsi terjangkau yaitu Mi Watch & Mi Watch Lite, dengan harga mulai ratusan ribuan saja.

Xiaomi Watch Color 2 Bisa Diajak Berenang

Xiaomi Watch Color 2

Hampir sama seperti kedua opsi tersebut, Xiaomi Watch Color 2 juga jalankan sistem operasi sendiri, alih-alih WearOS seperti Galaxy Watch 4, misalnya. Namun hal tersebut berikan benefit tersendiri, seperti daya tahan baterai lebih awet dan harga lebih murah. Tampilannya sendiri cenderung sporty, dengan bezel berbahan metal yang punya desain melingkar.

Xiaomi berikan opsi enam pilihan warna strap berbeda. Dan untuk tingkatkan personalisasi, ada 200 watch faces atau tampilan jam yang bisa dipilih pengguna Xiaomi Watch Color 2. Layarnya sendiri dibuat sedikit lebih besar, dari 1,39 inci menjadi 1,43 inci. Gunakan panel AMOLED dengan kerapatan piksel 326 ppi.

Xiaomi Watch Color 2

Mengingat tampilannya yang dirancang untuk pengguna aktif, Xiaomi Watch Color 2 memiliki sertifikasi 5 ATM, yang dapat diartikan bila jam tangan Xiaomi satu ini dapat digunakan sembari berenang. Ada 116 jenis olahraga lain yang bisa dicatat—19 di antaranya disebut olahraga jenis profesional.

Tak sekadar olahraga indoor, olahraga luar ruangan seperti trekking pun bisa tercatat, berkat adanya sensor GPS dual-band secara built-in. Dan dengan baterai 470 mAh, penggunaan GPS secara kontinyu bisa bertahan sampai 30 jam. Sementara penggunaan regular bisa sampai 12 hari (atau 24 hari dengan mode hemat daya).

Bawa Sensor Lengkap, Kompatibel dengan iOS

Xiaomi Watch Color 2

Menjadi smartwatch kekinian, tentu sensor kesehatan lain untuk deteksi kadar oksigen dalam darah (SpO2) sampai denyut jantung 24 jam tersedia. Xiaomi Watch Color 2 juga bisa dipasangkan baik ke Android maupun iOS. Bahkan mendukung proses telepon langsung dari jam tangan lewat konektivitas Bluetooth.

Menariknya, meski jalankan proprietary OS, Xiaomi Watch Color 2 juga dapat dipasangkan aplikasi dari pengembang pihak ketiga seperti aplikasi pembayaran asal China. Dan dilengkapi sensor NFC untuk contactless payment, sebuah fitur yang masih belum populer untuk wearables di Indonesia.

Sudah dijual di negara asalnya, Xiaomi Watch Color 2 dibanderol dengan harga awal CNY899 atau Rp1,9 jutaan. Untuk sebuah perangkat yang tawarkan fitur lengkap mulai NFC sampai GPS, rasanya sangat layak disandingkan dengan kompetitor pada rentang harga sama.

Tinggalkan komen