Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Realme, Kekuatan Sang Kuda Hitam di Industri Smartphone Indonesia

Terlahir Sebagai Kuda Hitam & Merek Baru di Industri Smartphone, Realme Berhasil Membuat Keajaiban di Indonesia Hanya Dalam Waktu Sebulan

Bagi produsen smartphone global, siapa yang tidak ingin memperluas bisnis mereka ke Indonesia? Begitupun bagi Realme, sang pendatang baru smartphone yang  ingin lebih dikenal luas di Indonesia yang merupakan pasar gurih.

Menurut laporan triwulan Internasional Data Corporation (IDC), pengapalan smartphone di Indonesia mampu mencapai 9,4 juta unit pada kuartal kedua 2018. Pertumbuhan 22 persen dari kuartal sebelumnya, dan 18 persen jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu. Sebuah angka yang cukup besar untuk membuat produsen manapun ingin memperluas bisnis mereka ke Indonesia, termasuk pendatang baru smartphone seperti Realme.

Berbekal penelitian mendalam mengenai calon konsumen, yakni anak muda di seluruh dunia, Realme secara resmi memperluas bisnis mereka ke Indonesia. Saat ini, pengguna smartphone di Indonesia didominasi oleh generasi millennial (15 – 35 tahun). Meski anak-anak muda di seluruh dunia memiliki keinginan yang berbeda untuk sebuah smartphone, mereka memiliki tuntutan yang sama: mereka menginginkan smartphone dengan kinerja yang cepat dan desain yang stylish namun hadir dengan harga terjangkau.

Dengan pengalaman yang kaya di industri smartphone, cerdas dalam membaca kebiasaan dan implementasi merek yang dekat dengan calon konsumen di Asia, Realme telah berhasil membuat momentum bisnis barunya di Indonesia

Bagaimana Realme Sebagai Pendatang Baru Smartphone Bisa dengan Mudah Diterima di Pasar Indonesia?

Pada kuartal pertama 2018, Samsung dan OPPO adalah merek smartphone yang paling laris di Indonesia, menurut riset terbaru dari Smartphone Model Tracker (SMT) dari Strategy Analytics. Meski OPPO telah menjadi pemain utama di pasar Indonesia selama beberapa tahun, smartphone pendatang baru dari Tiongkok seperti Xiaomi mulai memberikan pengaruh ke pasar di Indonesia.

Dengan bantuan model populer seperti Redmi Note 4X dan Redmi 4A, Xiaomi telah berhasil menggeser vendor lokal seperti Advan dari 3 besar daftar smartphone terlaris. Dengan volume yang tinggi dan potensi pertumbuhan yang signifikan, pasar Indonesia layak untuk diperhatikan oleh vendor smartphone manapun.

Tidak mudah untuk merayu konsumen Indonesia. Khususnya generasi muda di Indonesia untuk mempercayai smartphone pendatang baru. Terlebih ketika merek smartphone lainnya sudah menguasai pasar anak muda di Indonesia.

Tetapi dengan strategi produk yang kuat, Realme berhasil menciptakan perhatian di seluruh produk mereka.  Realme fokus dalam menyediakan smartphone yang menawarkan kinerja yang kuat dan desain yang stylish untuk anak muda dengan harga terjangkau. Karena menargetkan pasar global, ekspansi bisnis ke Indonesia ini dijadikan Realme sebagai momentum baru untuk masuk ke dalam industri smartphone global.

Bagaimana Strategi Penjualan Realme di Indonesia?

Pendekatan Realme untuk menjual produknya di Indonesia cukup efektif dalam melambungkan merek smartphone ini di tengah-tengah merek smartphone lainnya: flash sale.

Related Posts
1 daripada 6

Realme menggunakan jalur online untuk menjual produknya, memfasilitasi anak muda di seluruh Indonesia untuk membeli produk Realme. Dengan berjualan secara online, semua anak muda di Indonesia dapat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan produk Realme.

Membangun kemitraan yang solid dengan partner lokal adalah salah satu strategi paling penting untuk “menjual” merek baru yang baru saja masuk ke Indonesia. Lazada adalah tonggak dalam pengembangan platform e-commerce di Indonesia dengan jaringan konsumen terluas dan jaringan distribusi yang komprehensif di Indonesia. Bersama Lazada, Realme membangun mitra strategis dan eksklusif untuk menghadirkan produk terbaik bagi generasi muda, tidak hanya dalam hal skema harga tetapi juga menentukan strategi penjualan terbaik.

Antusiasme meningkat ketika Realme mengumumkan tanggal penjualan online pertama mereka. Hal ini diakui oleh CEO Lazada Indonesia yang berkata bahwa sejak Realme diluncurkan pada 9 Oktober, Lazada telah melihat peningkatan trafik kunjungan di toko resmi Realme di platform mereka. Sekarang produk Realme telah diterima oleh semua kalangan di pasar Indonesia. Terbukti dengan penjualan online perdana mereka yang terjual habis ribuan unit smartphone dalam waktu singkat.

Terjual habis pada seluruh penjualan online perdananya selama sebulan dan terjual lebih dari 40.000 unit dalam 21 menit pada Hari Belanja Online Nasional di Lazada 11.11, ini telah membuktikan bahwa Realme telah menjelma menjadi Triple Champion Smartphone untuk ketiga varian produknya dengan pertumbuhan penjualan tercepat, total unit penjualan dan penjualan produk tunggal dari merek smartphone baru yang dilakukan di Lazada selama 1 Oktober hingga 11 November 2018.

Melalui rangkaian produknya, Realme sukses menjadi game changer di industri smartphone nasional. Saat ini, Realme juga telah menjadi barang hot list di kategori smartphone di Lazada setelah memecahkan rekor penjualan online perdananya.

Realme 2 sebagai smartphone pilihan terbaik untuk anak muda di bawah Rp2 Jutaan terjual 15.000 unit hanya dalam 10 menit. Kemudian Realme 2 Pro sebagai smartphone flagship unggulan untuk anak muda terjual habis dengan angka penjualan mencapai Rp 33 Miliar dalam waktu kurang dari 3 menit. Dan Realme C1 terjual 10.000 unit hanya dalam 40 detik pertama, menjadikannya sebagai raja baru smartphone entry-level di Indonesia.

Setelah penjualan pertama Realme 2 pada 16 Oktober, Realme dengan senang hati mengumumkan bahwa Realme 2 adalah produk smartphone paling memuaskan di Lazada dengan rating bintang 4,8.

Mengapa Realme Bisa Mendapatkan Kesuksesan Dalam Waktu Singkat?

Menurut pihak Realme, dengan membawa semangat ‘Proud to be young’, mereka siap untuk menjelajahi wilayah baru, mendobrak batasan dan menetapkan standar kualitas baru di industri smartphone.

‘Designing for young people’ juga terbukti dalam semua produk Realme yang memungkinkan setiap pengguna dari generasi muda di seluruh dunia untuk menjelajahi kemungkinan tak terbatas. Mereka siap untuk menghilangkan batasan dan menetapkan standar kualitas baru di industri smartphone Indonesia.

Realme mendefinisikannya sebagai ‘Power meets style’ yang secara efektif berarti integrasi dari kinerja yang kuat dan desain trendi yang berhasil menginspirasi dan menarik jutaan pengguna. Produsen smartphone pendatang baru ini akan selalu berfokus dalam menyediakan smartphone dengan inovasi terbaru yang mengkombinasikan kinerja yang kuat dan desain yang stylish untuk anak-anak muda di Indonesia.