Jakarta, Gizmologi – Lazada Indonesia berikan tips live streaming jadi menarik di platform e-commerce. Tips ini diberikan karena insight bahwa fitur live streaming mereka, LazLive menjadi fitur yang penting untuk membantu UMKM. Namun, tidak banyak orang tahu dan menguasai skill untuk live streaming yang baik.
Live streaming menjadi hal yang sangat membantu penjual meningkatkan penjualan, maka dari itu para e-commerce termasuk Lazada berusaha mengedukasi seller agar bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik. Dalam berjualan online, live streaming harus dilakukan semaksimal mungkin agar nilai produk sampai ke calon konsumen. Lazada pun memberikan tips live streaming yang mudah dan perlahan dilakukan.
Tips live streaming yang diberikan oleh Lazada terbagi menjadi dua bagian yaitu dari sisi konten dan skill set. Tips ini juga diterapkan oleh para LazTalent yang dimiliki oleh Lazada dalam membantu UMKM di platformnya bila tidak memiliki host untuk melakukan live streaming. Kedua tips dijabarkan oleh Ogie Baringbing, Head of Livestreaming Lazada Indonesia di Kantor Lazada, Jakarta. (9/11/2023)
Baca Juga: Pentingnya Fitur Live Streaming LazLive untuk UMKM di Lazada
Tips Live Streaming ala Lazada

Ogie mengatakan bila dari sisi konten terdapat sebutan FAME yang merupakan singkatan. F atau Fun, memiliki arti dimana host live atau streamer harus membuat konten live yang menarik. Host live harus memikirkan cara membuat calon konsumen bisa berlama-lama di dalam livenya, Ogie menyebutkan beberapa caranya.
“Konten yang kita bikin tuh harus menarik, harus bikin orang mau betah berlama-lama nonton dari awal sampai dengan akhir, bisa dengan giveaway, bisa dengan challange, bisa dengan nyanyi-nyanyi, atau macem-macem, yang penting kontennya harus fun,” ujar Ogie.
Singkatan A atau Atraktif, ditujukan untuk host atau presenter agar bisa memperhatikan penampilannya. Tak hanya soal tampilan, tetapi lokasi juga harus diperhatikan agar secara visual livenya menjadi menarik. Ada beberapa alat untuk studio mini di dalam rumah dengan harga terjangkau di e-commerce jika kalian baru ingin memulai.
Berlanjut ke M atau Meaningful, artinya adalah harus ada message yang disampaikan kepada penonton live. Sehingga host atau presenter tak hanya sekadar mengobrol namun tetap harus ada yang dipromosikan. Ogie memberikan contoh, karena live di LazLive berguna untuk mempromosikan deals atau diskon yang berlangsung.
“Yang terakhir e singkatan dari engage, jadi ini sangat penting untuk live streaming karena kalau misalkan seandainya hanya ada satu atau one side conversation itu bukan live streaming,” ungkapnya.
Live streaming bisa menjadi sangat menarik karena adanya interaksi langsung, bisa bertanya jawab. Engaging ini berkaitan dengan misalnya memberikan pertanyaan kepada penonton, kemudian memberikan kuis, atau saying hi sudah termasuk engagement untuk audience.
Adapun tips live streaming selanjutnya ialah skill set, host live harus memiliki rasa percaya diri. Tak semua orang memiliki sikap ini dan memang membutuhkan jam terbang. Ogie mengingatkan platform LazLive bisa digunakan 24 jam, sehingga host bisa belajar untuk bisa lebih percaya diri saat live di platform tanpa batas.
Host live streaming juga dituntut mempunyai wawasan atas produk yang mau dipromosikan. Dengan adanya wawasan mengenai produk membuat para penonton akan mengerti akan keunggulan dari produk yang sedang dipromosikan. Terakhir, komunikasi ialah aspek yang teramat penting, dan ternyata hal ini masih menjadi suatu kendala bagi beberapa seller, atau beberapa brand dalam mengkomunikasikan penjualan atau promosi produk mereka kepada penonton.
“Gak masalah, kalau ada kesulitan dalam mengkomunikasikan, Lazada punya LazTalent yang bisa diajak kolaborasi, dari para seller dan brands dengan LazTalent kami untuk bisa menjadi live streamer dari konten live streaming mereka,” jelas Ogie.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




