Tips Ubah Tampilan Smartphone OPPO Lebih Personal di ColorOS 11

1 2.799

Menyambut awal tahun 2021, waktu yang pas buat Gizmo friends untuk mengganti smartphone-nya ke seri terbaru. Atau mungkin sudah ganti sebelumnya dan ingin mengubah tampilan antarmukanya jadi lebih segar dan personal? Kalau kamu pengguna smartphone OPPO terbaru, maka cara untuk lakukan personalisasi sangatlah mudah.

Terutama jika smartphone OPPO kamu mendukung UI terbaru, ColorOS 11. Diluncurkan tak hanya untuk flagship, seri mid-range seperti OPPO Reno series juga mendapatkan pembaruan yang bawa banyak perubahan ini. Dirancang untuk lebih mudah dipahami oleh konsumennya, ColorOS 11 sekarang sudah tersedia di OPPO Reno4 F dan bakalan menyusul di seri-seri lainnya sepanjang 2021.

ColorOS memang dikenal memiliki banyak fitur yang bisa diutak-atik, salah satunya dari segi kustomisasi tampilan. Mulai dari tema, pemilihan font hingga lainnya. Tapi mungkin Gizmo friends belum pernah melakukan itu sebelumnya, karena bingung harus mulai dari yang mana dulu. Nah, di ColorOS 11, semuanya dibuat lebih streamlined atau terstruktur nan ringkas.
Baca juga: Liburan Akhir Tahun 2020 Makin Seru dengan Jajaran Produk OPPO

ColorOS 11 Bawa Banyak Pilihan Tema & Wallpaper

Untuk memulai agar smartphone kamu tampak lebih personal sesuai selera pribadi, kamu cukup mengakses menu Settings, lalu masuk ke “Personalizations”. Dalam menu ini, OPPO meringkas seluruh opsi untuk ubah tampilan smartphone. Mulai dari tema, wallpaper, icon pack sampai always-on display (kalau smartphone-nya gunakan panel layar AMOLED).

Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi akses satu-satu ke bagian menu yang berbeda untuk ubah tampilan ini itu. Bisa diurutkan dari yang paling atas hingga bawah. Dimulai dari mengubah tema, di mana OPPO sediakan banyak banget tema custom yang bisa kita pasang. Sarannya pun sesuai dengan saat kita mengakses, seperti tema yang berkaitan dengan Natal.

Ada yang gratis, ada yang berbayar mulai dari Rp10 ribuan. Tinggal pilih sesuai selera, mood atau apa yang sedang tren saat itu. Masih kurang personal? Bisa lanjut ke pengaturan lainnya yaitu wallpaper. Nggak cuma yang statis berupa gambar aja, tapi OPPO juga kasih pilihan live wallpaper alias konten bergerak.

Lanjut ke Elemen-Elemen Kecil di ColorOS 11

Ganti tema, sudah. Wallpaper juga sudah. Namun terkadang tema yang kita gunakan punya icon style atau bentuk ikon aplikasi yang mungkin kurang sreg untuk selera pribadi. Jangan khawatir, karena OPPO berikan tingkat kustomisasi yang sangat mendalam di ColorOS 11.

Masuk ke “Icon Style” dan kamu bisa memilih set icon pack, termasuk mengganti ukuran ikon sampai teks yang ada di bawahnya. Itu aja? Tentu tidak. Kamu bisa tap bagian “custom”, lalu bisa ubah bentuk sudut ikon menjadi agak membulat, ubah ukuran konten yang ada di dalam ikon dan lainnya. Dijamin, nggak bakal kelihatan sama dengan smartphone OPPO temanmu nantinya.

(kiri – kanan) Ubah layout aplikasi, ikon aplikasi dan font di ColorOS 11.

Kalau “App Layout” sudah umum ya, di mana kamu bisa ubah jumlah kolom dan baris aplikasi sesuai selera. Selain itu, kamu bisa ubah color scheme atau tema warna ikon dan tombol-tombol yang ada di ColorOS 11. Termasuk bentuk pintasan yang ada di bar notifikasi. Bisa disesuaikan dengan wallpaper atau warna bodi smartphone OPPO yang kamu gunakan.

Dan yang nggak boleh ketinggalan, adalah mengubah font serta display size. OPPO sediakan banyak sekali pilihan font, tapi yang paling saya suka secara pribadi adalah font terbarunya, OPPO Sans. Font ini bersifat adaptif, jadi bisa tampil secara tebal atau lebih tipis menyesuaikan konten.  Sementara display size bisa kamu ubah ke lebih besar untuk bantu agar mata tidak bekerja keras.

Personalisasi Tampilan Always-on Display

Bagi pengguna smartphone OPPO dengan ColorOS 11 dan panel layar AMOLED seperti OPPO Reno4 F, kamu bisa ubah tampilan always-on display (AOD) dengan lebih personal. Pilihannya sekarang jauh lebih banyak, mulai dengan pola yang bisa kamu buat sendiri, teks, teks bergambar dan tentunya pilihan jam seperti seri ColorOS sebelumnya.

Untuk custom patterns, kamu bisa membuatnya dengan efek gerak sesuai kreasi gambar pribadi. Dengan pilihan warna yang sangat beragam, layar smartphone OPPO kamu bakal terlihat sangat mewah saat masuk ke dalam mode standby. Sementara untuk pilihan teks, kustomisasinya berlimpah mulai dari bentuk, ukuran sampai jarak spasi antar huruf.

Kalau sudah, jangan lupa juga untuk mengganti efek cahaya saat sensor sidik jari ditekan. Dan juga manfaatkan fitur “Edge lighting”, di mana layar smartphone akan tampilkan semburan warna tertentu saat ada notifikasi atau panggilan masuk. Efek ini bakal terlihat sangat cantik terutama di smartphone dengan layar lengkung seperti OPPO Reno4 Pro atau OPPO Find X2 Pro.

Itulah cara mudah untuk personalisasi tampilan smartphone OPPO kamu dengan ColorOS 11. OPPO sangat memperhatikan produk yang diluncurkannya, tak hanya secara spesifikasi, namun juga pengalaman pengguna atau user experience, hingga tampilan antarmuka yang sangat kaya akan elemen yang bisa diubah sesuai selera. Dari banyaknya opsi di atas, mana yang jadi favorit Gizmo friends?


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia