Jakarta, Gizmologiย โย Tokopedia dan TikTok berikan tips agar UMKM tingkatkan penjualan selama Ramadan di tahun 2024 ini. Kedua platform tersebut memiliki sejumlah UMKM yang mencari keuntungan dengan menjual produknya.
Momen Ramadan ini merupakan momen yang tepat untuk dimanfaatkan UMKM tingkatkan penjualan. Apalagi menurut Tokopedia terdapat kenaikan transaksi pada sejumlah produk.
โKenaikan transaksi pada sejumlah produk tersebut menandakan bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM untuk makin meningkatkan penjualan. Tokopedia bersama TikTok pun membagikan lima tips meningkatkan penjualan di bulan puasa untuk para pelaku UMKM lokal,โ kata Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
Baca Juga:ย Tokopedia Beri Rekomendasi Furnitur Lokal Harganya Rp1 Jutaan
Tips UMKM Tingkatkan Penjualan di Ramadan 2024

Pada minggu pertama puasa (11-17 Maret 2024), terdapat sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan di aplikasi maupun website Tokopedia dan platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.
Pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, produk Baju Muslim Wanita, Skincare dan Atasan Wanita mengalami peningkatan transaksi sebesar 1,4 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
Sedangkan di Tokopedia, produk Hadiah, Fashion Muslim serta Daging dan Seafood mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 5 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
Untuk tips UMKM tingkatkan penjualan bisa dimulai dengan bundling produk.ย Strategi bundling produk bisa meningkatkan penjualan dan dapat diterapkan UMKM khususnya yang berjualan produk kebutuhan sehari-hari atau Fast Moving Consumer Good (FMCG). Pelaku usaha disarankan menggabungkan maksimal 3 produk dan menambahkan diskon khusus agar menarik minat calon pembeli.
Pelaku UMKM bisa memanfaatkan fitur Paket Bundling di Tokopedia maupun Shop | Tokopedia. Agar makin dilirik calon pembeli, gunakan nama unik yang identik dengan Ramadan. Misalnya, โPaket Bedukโ yang berisi produk yang berkaitan dengan buka puasa, seperti teh celup, gula pasir dan kurma.
Agar pembeli makin loyal, pelaku UMKM bisa menggunakan fitur Produk untuk Hadiah di Tokopedia atau Gift with Purchase di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok. Lewat fitur ini pelaku UMKM bisa memberikan hadiah kepada pembeli pada setiap transaksi.
Menghadirkan hampers edisi spesial Ramadan juga termasuk upaya UMKM tingkatkan penjualan. Menjelang Idulfitri, masyarakat biasanya saling berkirim hampers untuk kerabat atau teman. UMKM bisa melakukan penamaan produk secara tepat dengan memakai kata kunci yang paling banyak dicari pembeli. Rekomendasi kata kunci untuk berjualan hampers, antara lain: hampers, hadiah, gift, kado, parsel.
Di sisi lain, pelaku usaha juga bisa memberikan kesempatan bagi pembeli untuk mengkustom hampers sesuai preferensi dengan mengaktifkan fitur Pelengkap Produk di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pembeli menambah kartu ucapan dan kemasan (bungkus kado, goodie bag, kemasan ramah lingkungan dsb) pada produk apa pun. Jadi, pembeli bisa mengirim produk itu sebagai hadiah.
Upaya UMKM tingkatkan penjualan dengan cara berkolaborasi dengan KOL atau influencer yang relevan. Pemilihan KOL untuk mendukung strategi marketing atau sales sebaiknya disesuaikan dengan anggaran dan objektif penjual.
Jika penjual punya anggaran besar dan ingin meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat luas, maka penjual bisa berkolaborasi bersama KOL dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut (Macro/Mega KOL) yang relevan dengan produk penjual. Namun jika penjual
ingin menyasar calon pembeli yang lebih niche, Nano KOL dengan pengikut 1.000-10.000 bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau.
Salah satu fitur Tokopedia yang dapat membantu penjual berkolaborasi dengan Nano KOL atau Tokopedia Affiliate adalah Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Di sisi lain, penjual di Shop | Tokopedia juga dapat bekerja sama dengan affiliate creator yang sudah terdaftar di TikTok.

Mencoba live streaming juga bisa UMKM lakukan agar menjangkau target audiens yang tepat. Beberapa tips UMKM tingkatkan penjualan melalui live ialah memastikan untuk selalu menyambut audiens baru, menjaga konten tetap menarik, dan meningkatkan waktu tayang LIVE dan mendorong pembeli. Pelaku usaha juga dapat menyerukan promosi terus-menerus karena selalu ada penonton baru di ruang LIVE.
Di sisi lain, penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan kanal streaming video Tokopedia Play untuk melakukan live streaming dan memasarkan produknya dengan menambahkan beragam promo menarik. Pelaku UMKM bisa menyiapkan alat live streaming seperti tripod, membuat konten secara konsisten, dan berinteraksi dengan penonton dan promosikan live streaming sebelum mulai lewat media sosial.
Tips UMKM tingkatkan penjualan yang terakhir ialah memasang iklan di platform. Penjual bisa memanfaatkan solusi pemasaran komprehensif Tokopedia Marketing Solutions, salah satunya fitur beriklan TopAds. Agar produk tampil di hasil pencarian teratas, penjual bisa mengaktifkan Biaya Iklan Otomatis agar anggaran dan kata kunci diatur secara otomatis oleh sistem TopAds dengan tingkat relevansi terbaik.
Sedangkan penjual di Shop | Tokopedia dapat menggunakan fitur Iklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi serta mempromosikan toko serta produk yang dijual. Penjual dapat mengakses materi online di tautan berikut untuk mempelajari bagaimana menggunakan fitur Iklan dengan tepat di Shop | Tokopedia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



