Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

GoToko, Platform B2B Gojek untuk Digitalisasi Warung Kelontong

1 474

GoJek telah menjelma dari sekadar aplikasi ride sharing atau lebih dikenal dengan sebutan ojek online menjadi platform “palugada”. Apa yang elu mau gue ada. Satu lagi layanan baru yang mereka kembangkan yaitu GoToko. Ini adalah platform yang meyediakan solusi inklusif dan komprehensif bagi pelaku UMKM untuk go digital.

GoToko adalah platform digital B2B dengan layanan hulu ke hilir yang akan menghubungkan para pelaku usaha warung kelontong. Di mana mereka selama ini kurang terjangkau dalam distribusi penjualan dengan produsen barang kemasan ternama.

Gurnoor Singh Dhillon, pria berkebangsaan India yang menjabat sebagai Vice President Head of Business Development, Brand Partnerships and Innovation Gojek didapuk sebagai CEO dan Direktur Utama GoToko. Menurutnya, peluncuran GoToko memperkuat misi Gojek untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pengguna dan di saat yang sama menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi lebih banyak pemangku kepentingan.

“Sebagai penggerak perekonomian, 3 juta warung kelontong telah mengkontribusikan hampir 80% dari pasar ritel Indonesia. Namun lebih dari 80% atau sekitar 2,5 juta dari warung tersebut masih masuk dalam kategori underserved atau kurang terlayani. Agar dapat berkembang, para pelaku UMKM ini perlu mendapat dukungan layanan yang memadai, meskipun lokasi warung sulit dijangkau dan cakupan usaha kecil,” kata Gurnoor  (9/9).

Baca juga: Gojek, Halodoc, dan East Ventures Ungkap Strategi Startup Bertahan di Masa Pandemi

Aplikasi GoToko untuk Warung

GoToko (2)Pelaku usaha warung kelontong selama ini menghadapi sejumlah tantangan. Di antaranya adalah terbatasnya ragam produk yang ditawarkan, harga produk kulakan yang tidak kompetitif, minimnya dukungan promosi dari produsen, kurangnya layanan pengiriman barang yang andal dan hemat biaya. Juga penyetokan secara manual, mengunjungi berbagai agen distributor, melunasi pembayaran dan sebagainya.

Nah, aplikasi GoToko menyediakan berbagai manfaat bagi pelaku usaha warung untuk berbelanja stok barang secara online dan mudah diakses. Dengan layanan hulu ke hilir, pelaku UMKM dapat menghemat biaya dan waktu. Karena kemudahan mencari dan memesan berbagai macam produk konsumsi kemasan dari sejumlah merek ternama dengan harga yang kompetitif dan transparan.

Sementara itu Junaidi, Head of Logistics Gojek Group mengatakan dukungan penuh ekosistem Gojek dengan kemampuan teknologi untuk membangun sistem andal menjadi nilai tambah tersendiri bagi GoToko. Layanan logistik Gojek yang andal hadir untuk memastikan pengiriman secara tepat waktu. Melalui solusi middle mile, pergudangan, dan last mile, produk akan sampai di warung kelontong maksimal satu (1) hari berikutnya dengan layanan pengiriman next day dan same-day.

“Didukung oleh sistem pembayaran cash on delivery dari Gojek, pelaku usaha warung akan mengoptimalkan biaya operasional karena kini dapat menghemat biaya, waktu, dan kerumitan yang sebelumnya dihadapi saat berbelanja secara manual,” ujar Junaidi.

Selain memudahkan dalam pemesanan barang, GoToko mendorong produktivitas pengusaha warung melalui fitur-fitur pemantauan riwayat pesanan, pelacakan pengiriman barang pesanan, inventory management, akses data penjualan dan keuangan, serta rekomendasi produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Akses ke program promosi dan loyalty dari merek produk pun semakin terbuka melalui platform GoToko.

GoToko Kolaborasi dengan Produsen Barang

Selain mendukung pertumbuhan pelaku UMKM, GoToko juga mengundang kolaborasi para produsen barang konsumsi. Pihaknya bersama-sama memperluas jangkauan produk agar visibilitas produk yang relevan bagi konsumen warung kelontong dapat semakin meningkat.

Menurut Gurnoor, produsen akan memperoleh akses analis pasar (market intelligence) secara real time hingga ke tingkat warung yang mencakup seluruh merek produk. Layanan GoToko akan mendukung para produsen dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penjualan dan pemasaran produk yang baru diluncurkan. Kemudian membuka peluang dalam memanfaatkan saluran pemasaran dan kampanye digital, menjadi saluran riset pasar baru; promosi dan pemasaran yang sesuai dengan sasaran, dan mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian saluran general trade.

Ke depannya, GoToko akan terus menyempurnakan inovasi teknologi untuk dapat membuka pintu bagi pengusaha warung untuk meningkatkan peluang pendapatan tambahan dengan memanfaatkan produk, layanan, dan anggota Gojek lainnya.

GoToko menawarkan berbagai macam kategori produk, dari makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, perlengkapan mandi, kecantikan dan kesehatan, serta kebutuhan bayi dari berbagai produsen. Hanya menggunakan ponsel dengan spesifikasi minimum seperti Android 6, pelaku usaha warung kelontong dapat mengakses aplikasi GoToko secara mudah, yang saat ini dapat diunduh melalui Google Play Store.