Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Perbandingan Spesifikasi realme 6 dan Samsung Galaxy A51

0 12.665

Smartphone kelas menengah kian diminati. Produk baru terus dirilis oleh vendor untuk bersaing di pasar yang kian ketat. Salah satu yang tenar di kelas ini adalah Galaxy A51 besutan Samsung. Sebagai pemain kelas wahid, cukup mudah bagi Samsung Galaxy A51 untuk meraih popularitas di kalangan pengguna.

Di sisi lain, ada merek baru yang juga cukup membetot perhatian publik. Dialah realme, merek smartphone yang pada mulanya adalah sub-brand dari OPPO ini sekarang cukup dikenal di pasar dalam waktu singkat. Produk barunya di kelas midrange adalah realme 6.

Tentu saja menarik untuk membadingkan spesifikasi kedua perangkat ini dari berbagai sektor. Agar pengguna memiliki pemahaman dan lebih mudah menentukan pilihan sebelum membeli sebuah perangkat. Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Samsung Galaxy A51 desainDesain Samsung Galaxy A51 sekilas mirip dengan seri sebelumnya Galaxy A50s. Ponsel ini memiliki tampilan casing yang berbahan polikarbonat dengan tarikan grafis holografis. Dengan garis-garis diagonal yang bertabrakan dipadu warna berbeda. Di bawah pantulan cahaya terang, membuat casing ponsel ini jadi lebih cantik dengan warna yang berbeda tergantung arah cahaya.

Desain dari smartphone Samsung Galaxy A51 ini sangat tipis dan memiliki ukuran dengan panjang 158.4 mm dan memiliki lebar 73.7 mm hingga ketebalan 7.9 mm. Untuk melengkapi fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Samsung Galaxy A51 dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang terdapat di dalam layar.

Sementara itu realme 6 desain belakang yang memakai bahan polikarbonat terinspirasi komet yang membelah langit malam, cerah dan cepat. Untuk menghadirkan ini realme, mengan teknologi pelapisan optik baru, kecerahan dan saturasi warna meningkat sebesar 60% dan 50%, sehingga efek visualnya cerah dan menarik. Ada dua pilihan warna yakni Comet White (Putih Komet) dan Comet Blue (Biru Komet).

Bodi realme 6 memiliki ukuran panjang 162.1mm dengan lebar 74.8mm dan ketebalan 8.9mm serta bobot 191g. Cukup nyaman digenggam maupun dimasukkan ke dalam kantong celana. Tak kalah penting, Semua port ponsel kedap air dengan penyegelan silikon, efektif mencegah percikan air.

Layar

realme 6

Layar realme 6 disebut sebagai 90Hz Ultra Smooth Display karena memiliki refresh rate 90Hz dan laju pengambilan sampel 120Hz. Dengan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki refresh rate 50% lebih tinggi bila dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional. Sehingga menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan halus dengan setiap gesekan layar. Dengan layar besar 6,5 inci, FHD+ 2400x1080P, rasio screen-to-body 90,6%, dan kecerahan 480nits, realme 6 menghadirkan pengalaman visual yang memikat.

Sementara itu Samsung Galaxy A51 dibekali  panel Super AMOLED yang menyajikan kualitas gambar lebih bersih, jernih dan juga tajam. Ponsel ini memiliki layar seluas 6.5 inci dan memiliki resolusi yang mencapai 1080 x 2340 pixels. Galaxy A51 memiliki kerapatan dengan sebesar 396 ppi dan rasio 19.5:9. Tak hanya itu, ponsel Samsung ini juga dibekali pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Kamera belakang

kamera realme 6
realme 6

Kamera belakang realme 6 menawarkan setup empat sensor lensa. Terdiri dari kamera utama 64MP, ultra wide-angle 8MP 119°, 2MP lensa makro serta 2MP lensa potret B&W. Kamera utama memakai sensor Samsung ISOCELL GW1 resolusi 64MP berukuran 1/1,72 inci dengan aperture besar f/1,8, dan lensa 6P. Kamera ini ditanamkan mekanisme 4-in-1 pixel binning cerdas Quad Bayer yang meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan cahaya rendah dan menampilkan berbagai detail dengan kaya.

Selanjutnya lensa ultra wide-angle 119° dengan aperture f/2.3 dan resolusi 8MP. Kemudian lensa makro untuk jarak pemotretan 4cm. Terakhir, lensa Potret B&W dengan sistem filter warna yang baru untuk mendeteksi beragam cahaya lebih luas.

Bagi yang suka merekam video, kamera realme 6 mendukung banyak fitur seperti stabilisasi Video UIS, Video Ultra Wide-angle, Video Efek Bokeh Real-time, Perekaman video 4K/30fps, Perekaman video slo-mo 1080P/120fps 720p/240fps.

Sementara itu Samsung Galaxy A51 dibekali empat lensa kamera yang terletak pada bagian sisi belakang smartphone. Untuk kamera utama yang ditawarkan oleh smartphone Samsung ini dibekali dengan 48 MP dan didukung penuh dengan sensor 1/2”, 0.8 µm dan aperture f/1.8 serta dilengkapi pula dengan PDFA.

Berikutnya ada juga sensor kamera kedua yang merupakan lensa telephoto yang memiliki resolusi 5 MP, lalu ada juga lensa ultra wide dengan resolusi 12 MP hingga depth sensor yang beresolusi 5 MP. Nah, agar bisa memaksimalkan langsung kemampuan dari kamera tersebut, maka Samsung menyediakan pula beragam fitur fotografi yaitu seperti HDR, Panorama, Live Focus hingga sampai merekam video 4K.

Kamera Depan

Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51 menawarkan kamera depan yang menarik dengan resolusi 32 MP. Untuk kemampuan dari kamera depan ini tentunya mumpuni sehingga pada saat mengambil foto selfie ataupun video akan terlihat sangat jelas dan bagus. Kamera depan juga telah dilengkapi dengan fitur Live Focus.

Konsep kamera depannya dibuat menarik yaitu dengan sebuah lubang depan seperti punch hole yang sengaja dibuat simetris pada bagian tengah atas smartphone. Hal sama diterapkan pada realme 6, namun posisinya berada di pojok atas sebelah kiri.

Kamera depan realme 6 memiliki resolusi 16MP yang jernihuntuk  memenuhi kebutuhan selfie. Kamera memiliki aperture F2.0 yang mendukung mode smart beauty, Efek Bokeh, dan sebagainya. Secara khusus, algoritma kecantikan baru yang dikembangkan untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit yang berbeda, dan bentuk dan fitur wajah yang berbeda memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengambil foto selfie yang menunjukkan kulit alami dan lembut.

Antarmuka & Fitur

Samsung Galaxy A51

Samsung memakai bahasa antarmuka yang sama untuk semua perangkat ponselnya yaitu One UI. Antarmuka ini menawarkan pengalaman interaksi pengguna dengan perangkat Samsung jadi lebih mulus. Khususnya bagi penggunaan dengan satu tangan, lewat antarmuka simpel dan efektif.

Detailnya dibuat untuk tampilan yang konsisten dan ramah. Melihat konten dengan mudah dalam sekali pandang. Bagi yang sudah pernah memakai smartphone Samsung keluaran setahun terakhir, tentu sudah sudah familiar dengan antarmuka ini.

Untuk melengkapi fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Samsung Galaxy A51 dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang terdapat di dalam layar. Selain itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan NFC yang pastinya berguna bagi kaum urban untuk mengisi kartu emoney.

Sedangkan realme 6 memakai nama antarmuka yang tergolong baru yakni realme UI. Sebenarnya ini adalah antarmuka ColorOS besutan OPPO yang berbasis pada Android 10, namun dikustomisasi lagi sesuai dengan ciri khas merek tersebut.

realme menyebut antarmuka ini dibangun untuk pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat dengan native. UI dirancang dengan mengingat preferensi dan estetika konsumen muda. realme UI akan berjalan mulus dan menyenangkan untuk digunakan. Di realme 6 lebih banyak fitur terbaru yang dibawa ke smartphone mainstream ini.

Fitur menarik di realme 6 ini adalah fingerprint. Sebagian besar smartphone kelas menengah memang sudah dibekali fitur fingerprint, baik di body bagian belakang atau depan bawah dengan sensor maupun pada layar (in-display fingerprint). Namun ada yang berbeda dengan realme 6 ini. Karena untuk pertama kalinya secara cerdas menggabungkan tombol daya di bodi bagian samping kanan dengan modul pengenalan sidik jari.

Lebar pemindai sidik jari menurun 25% (dari 3.0mm menjadi 2.4mm) mengikuti bodi ponsel. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya satu tekan membuka ponsel secara instan dan juga memberikan keamanan lebih baik.

Baterai dan Pengisian daya

realme 6 dibekali baterai berkapasitas besar 4300mAh yang awet untuk penggunaan seharian. Dengan 30W Flash Charge, baterai terisi penuh dalam waktu 60 menit. Dan hanya dalam 30 menit, dapat mengisi hampir 70%. Bahkan saat bermain game yang berat, 30W Flash Charge dapat mengisi daya hingga 62% hanya dalam 60 menit. realme 6 juga mendukung pengisian daya 15W PD, menjadikannya lebih fleksibel.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A51 dibekali berkapasitas 4.000 mAh. Berkat dukungan teknologi AI sehingga membuat Samsung Galaxy A51 ini bisa menghasilkan performa yang jauh lebih baik dan efisien. Ponsel ini telah dilengkapi pula dengan fast charging 15W sehingga pengisian baterai bisa terisi dengan cepat.

Kinerja

Untuk menunjang kinerjanya, Samsung Galaxy A51 mengandalkan chipset Exynos 9611 dengan fabrikasi 10mm. Chipset Octa core tersebut memiliki kecepatan Quad core 1.7 Ghz Cortex-A53 dan juga Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73. Untuk pengolahan grafis memakai Mali-G72 MP3.

Nah, untuk memori yang tersedia di smartphone ini ada dua varian yakni RAM 6GB/128GB dan 8GB/128GB. Apabila para pengguna merasa memori internalnya kurang dan ingin lebih besar lagi makabisa menambahkan pula MicroSD hingga 512GB.

Di sisi lain, realme 6 diperkuat dengan chipset Helio G90T dari Mediatek. Chipset ini dirancang khusus untuk pengalaman gaming smartphone yang dibuat menggunakan proses 12nm. Prosesornya dua core Cortex-A76 berkecepatan hingga 2.05GHz serta enam core Cortex-A55 hingga 2GHz. Sementara grafisnya memakai GPU 800MHz Mali-G76. 

Untuk memori, realme 6 juga punya dua varian yaitu 4GB+128GB dan 8GB+128GB. Bagi yang merasa kurang, masih bisa pula ditambah dengan micro SD berkapasitas hingga 256GB.

Harga

Smartphone Samsung Galaxy A51 ditawarkan dengan harga Rp 4.399.000 untuk kapasitas RAM 6GB/128GB. Saat ini ada varian baru dengan kapasitas RAM 8 GB dan ROM 128 GB yang dipasarkan dengan harga Rp4.699.000.

Sang pesaing, yakni realme 6 yang baru diluncurkan pekan ini juga mmeiliki dua varian. Pertama, RAM4GB+128GB dengan harga Rp3.299.000. Kedua, varian dengan RAM 8GB+128GB yang dipasarkan dengan harga Rp3.699.000. Kedua perangkat ini akan mulai dijual melalui program flash sale pada tanggal 27 Maret di realme.com, Lazada, dan Akulaku.

Nah, setelah membaca perbandingan spesifikasi realme 6 dan Samsung Galaxy A51 di atas, kamu pilih yang mana? Bagaimanapun juga, keduanya adalah perangkat yang sama-sama bagus. Pilihan kembali ke tangan pembaca.