Cara Aktifkan Fitur WhatsApp Multi Device, Bisa 4 Perangkat Sekaligus

Aplikasi kirim pesan sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat, agar bisa tetap terhubung meski dalam situasi sulit seperti pandemi saat ini. Dari sekian banyak pilihan, WhatsApp bisa dibilang jadi yang paling banyak digunakan. Dan untuk permudah akses, fitur WhatsApp Multi Device baru saja diperkenalkan.

Paling popular tak berarti paling canggih. Selama ini, ‘masalah’ yang dialami penggunanya saat gunakan WhatsApp adalah bagaimana sistem untuk login di perangkat komputer. Meski hanya ingin aktif di komputer, WhatsApp di smartphone masih harus tetap menyala dan online, supaya pesan bisa tetap jalan.

Baca juga: Cara Gunakan Fitur Pesan Sementara WhatsApp, Bisa Otomatis Hapus Chat

Tidak seperti Telegram, yang bahkan selain bisa berjalan di perangkat lain tanpa bantuan smartphone utama, juga bisa login di smartphone lainnya, tidak sebatas komputer. Mencoba mengejar tersebut, Facebook mencoba hadirkan solusi terbaru bagi pengguna WhatsApp lewat fitur WhatsApp Multi Device, yang saat ini baru tersedia dalam versi beta saja.

WhatsApp Multi Device Gunakan Jalur Akses yang Diperbarui

WhatsApp Multi Device
Cara kerja WhatsApp Web lama, di mana komputer memerlukan smartphone yang harus selalu aktif untuk kirim/terima pesan.

Lewat sebuah artikel khusus pada situs Facebook Engineering, Facebook mencoba menjelaskan bagaimana fitur WhatsApp Multi Device ini bekerja. Seperti yang kita ketahui, selama ini WhatsApp Web hanya bisa bekerja ketika smartphone utama tetap berstatus online. Hal tersebut karena secara sistem, komputer hanya lakukan mirroring data dari smartphone.

Alhasil, bila smartphone sedang memiliki koneksi tidak stabil, memori RAM penuh yang membuat aplikasi tertutup atau bahkan baterai habis, WhatsApp di perangkat PC juga bakal terganggu hingga terhenti. Untuk itu, Facebook memikirkan ulang bagaimana WhatsApp Multi Device bekerja, sembari tetap mempertahankan konektivitas yang terenkripsi secara end-to-end.

WhatsApp Multi Device
Dengan metode akses baru, komputer bisa langsung akses server tanpa memerlukan smartphone.

Mudahnya, lewat arsitektur konektivitas yang terbaru, masing-masing perangkat yang terdaftar pada akun yang sama telah memiliki akses ke server WhatsApp masing-masing. Sehingga ketika kamu mengirimkan pesan dari laptop, pesan tersebut tak lagi perlu melalui smartphone sebagai penjembatan akses. Tetapi bisa langsung ke server dan diteruskan secara aman ke penerima.

Dengan begitu, komputer yang tercatat menggunakan fitur WhatsApp Multi Device bisa bekerja secara individu. Pihak Facebook janjikan konektivitas yang tetap aman secara keamanan dan privasi. Gunakan proses verifikasi otomatis dan beragam lapisan keamanan lainnya supaya fitur ini bisa hadir dan digunakan untuk para penggunanya.

Cara Menjajal Fitur WhatsApp Multi Device

WhatsApp Multi Device

Ingin menjajal fitur baru ini? Belum bisa dijajal untuk semua pengguna, WhatsApp Multi Device baru digelontorkan ke sebagian pengguna yang sudah bergabung dalam program beta tester. Sembari terus mengoptimalkan performa dan menambahkan beberapa fitur tambahan sembari diluncurkan ke lebih banyak orang.

Bagi pengguna WhatsApp Beta, kamu cukup mengakses aplikasi versi terbaru baik di smartphone Android maupun iOS. Di halaman depan, akses ke opsi WhatsApp Web seperti sebelumnya—hanya saja, kini namanya berubah menjadi “Linked Devices”. Di bawah tombol “Link a Device”, kini terdapat tombol baru yaitu “Multi-device beta”.

Klik tombol tersebut, join beta, dan langsung sambungkan perangkat PC seperti sebelum-sebelumnya. Yang perlu dicatat, WhatsApp Multi Device bisa digunakan hingga empat perangkat non-smartphone. Plus, setidaknya WhatsApp pada smartphone tetap terhubung setidaknya dalam waktu 14 hari, sebelum sambungan otomatis terputus. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen