Facebook Hadirkan Filter AR, Bikin Video Call Jadi Makin Asyik!

California (USA), Gizmologi – Facebook merilis fitur baru untuk pengguna Messenger, bernama Group Effects. Lewat fitur ini pengguna Messenger bisa melakukan panggilan video sembari menggunakan filter augmented reality (AR).

“Dengan Group Effects, kami (Facebook) ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih menarik dan berkesan,” tulis Facebook dalam sebuah posting blog.

Aneka filter wajah untuk video call ini bisa dibilang mirip dengan filter wajah AR yang ada di aplikasi Line, Snapchat, dan lain sebagainya. Untuk meramaikan fitur Group Effects, Facebook mempersilakan kreator dan pengembang untuk berpartisipasi mengembangkan filter ini.

“Dengan Spark Multipeer API, para kreator dan pengembang bisa menciptakan efek atau filter yang dinamis untuk bisa dipakai oleh pengguna dan mengubah pengalaman mereka saat video call berlangsung,” tulis Facebook.

Filter AR Facebook Messenger

Dengan meluncurkan pembaruan besar ini, Facebook memberikan semua orang di ruang Messenger atau panggilan video Messenger pengalaman menggunakan filter AR secara bersamaan. Setidaknya ada lebih dari 70 Group Effects yang sudah bisa dipilih oleh pengguna.

Fitur Group Effects bisa dijumpai saat pengguna mulai melakukan video call. Pengguna cukup meng-klik ikon wajah tersenyum untuk membuka opsi “Effect”. Selanjutnya, pilih opsi “Group Effects” untuk mencoba aneka filter yang tersedia.

Beberapa filter Group Effects juga menampilkan sebuah permainan yang bisa diikuti oleh semua partisipan secara bersamaan. Misalnya permainan menyusun burger dengan menggerakkan kepala. Lalu, ada juga game yang menampilkan ekor kucing di masing-masing layar.

Tinggalkan komen