Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Facebook Luncurkan Messenger Rooms, Alternatif Zoom Video Call Gratis

0 8.464

Dalam masa pandemi Covid-19, dimana kita tidak bisa bertatapan muka atau kontak secara langsung, alternatif yang banyak digunakan untuk tetap terhubung adalah melalui pesan teks dan video call. Penyedia layanan komunikasi digital berlomba-lomba menambahkan fitur demi memperlancar komunikasi serta menambahkan jumlah pengguna tiap harinya, termasuk Facebook yang menambahkan “Messenger Rooms”.

Mulai dari berkirim pesan lewat WhatsApp, melalukan sesi live Instagram maupun ngobrol di grup Facebook. Ketiga platform yang dimiliki oleh Facebook Inc. ini banyak sekali digunakan oleh warganet selama berada #DiRumahAja. Melihat situasi tersebut, Facebook menambahkan sebuah fitur baru yang bisa digunakan secara mudah untuk video conference.

Pihak Facebook sendiri menyebutkan, untuk beberapa saat belakangan, total penggunaan telepon menggunakan WhatsApp dan Facebook Messenger dilakukan lebih dari 700 juta akun tiap harinya. Jumlah penggunaan video call meningkat dua kali lipat di beberapa negara, serta peningkatan jumlah views pada fitur Facebook Live dan Instagram Live sejak bulan Maret lalu.

Baca juga: Cara Membuat Facebook Avatar yang Sedang Viral

Keunggulan Messenger Rooms

Dengan fokus untuk menghubungkan orang (connecting people), Facebook menambahkan sebuah fitur baru dimana penggunanya bisa saling terhubung dengan jumlah partisipan yang jauh lebih banyak daripada Facebook Messenger saat ini. Facebook menyebutnya dengan “Messenger Rooms”, dengan limit 50 orang dalam satu sesi tanpa batasan waktu. Fitur ini mulai diluncurkan minggu ini di negara tertentu, menyusul negara lain pada minggu-minggu berikutnya.

Messenger Rooms

Messenger Rooms dirilis oleh Facebook dengan berbagai tujuan. Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengadakan acara selebrasi, book club ataupun hanya bersantai ramai-ramai bersama teman. Cara untuk menggunakan fitur ini cukup mudah, bisa lewat aplikasi Facebook maupun Messenger, melalui News Feed maupun tampilan grup. Nantinya, Messenger Rooms bisa dinisiasi lewat Instagram Direct, WhatsApp dan Portal, keuntungan besar yang dimiliki Facebook.

Ketika room sudah dibuat, siapapun dapat bergabung dari berbagai perangkat, baik ponsel dan komputer, tanpa perlu install aplikasi Facebook bahkan login akun. Tapi jika sudah menginstall aplikasi Messenger, pengguna dapat memanfaatkan efek augmented reality selama sesi telepon berlangsung, plus efek lain seperti latar yang imersif serta pencahayaan tertentu.

Sebagai pembuat room pada Messenger Rooms, kamu bisa melihat siapa saja peserta yang join dalam sebuah sesi. Pembuat juga dapat menghapus anggota dalam sesi, serta mengunci room supaya tidak ada lagi yang bergabung—Facebook memberikan halaman khusus yang menjelaskan lebih detil mengenai privasi dan keamanan saat menggunakan layanan Messenger Rooms, yang dapat kamu akses di sini.

Selain Messenger Rooms, Ada Yang Baru Pada WhatsApp & Instagram

WhatsApp Group Video Call

Facebook juga akan menambahkan limit pengguna video call pada WhatsApp, aplikasi messenger yang sangat populer di pengguna smartphone. Jika saat ini group video call hanya terbatas sejumlah 4 orang, nantinya WhatsApp Group Call dapat digunakan hingga 8 orang sekaligus. Fitur ini tentu akan sangat membantu, terutama bagi pengguna smartphone dengan memori terbatas yang tidak bisa memasang aplikasi tambahan selain WhatsApp untuk berkomunikasi. Dengan begitu, mereka bisa melakukan panggilan video beramai-ramai hanya menggunakan aplikasi yang ada.

Bagi para kreator konten yang lebih sering menggunakan platform Instagram, nantinya sesi Instagram Live bakal bisa disimpan langsung ke IGTV, sehingga pengikut akan tetap dapat mengakses konten video meski sudah lebih dari 24 jam. Saat ini, Instagram Live juga sudah bisa diakses dari peramban desktop, tak lagi hanya dari aplikasi di smartphone.